Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif? Ini Alasan & Sumber Energi Alternatif Itu

Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif?  – Dengan bertambahnya populasi dunia dan negara Indonesia, membuat kebutuhan semakin meningkat dan hal itu juga memberi beban yang besar dengan kemajuan teknologi, bagi energi.

Bertambahnya faktor-faktor diatas, menjadi alasan mengapa kita membutuhkan atau perlu energi alternatif atau energi lain.

Apalagi waktu yang terus berjalan dengan kebutuhan begitu pesar, maka untuk menunjang kemajuan Indonesia, energi yang diperlukan juga perlu sangat banyak.

Saat ini, Indonesia kebanyakan dan yang paling utama hanya mengandalkan sumber energi fosil. Namun, ada masanya dimana sumber-sumber energi fosil tersebut yang terus digunakan untuk kebutuhan sehari-hari akan habis dan membuat krisis melanda bagi seluruh rakyat Indonesia.

Diketahui saat ini, kita atau negara kita, Indonesia masih mengandalkan sumber daya energi yang berasal dari minyak bumi, gas, dan batu bara sebagai pemenuhan dalam kebutuhan energi nasional.

Hal itu tidaklah sebanding dengan kebutuhan energi rakyat Indonesia yang menjadikan alasan mengapa perlunya segera energi alternatif bagi Indonesia.

Melihat data yang ada dimana pertumbuhan kebutuhan energi mencapai 8,5% pertahun sedangkan pertumbuhan beban energi listrik 7% per tahun apalagi jika menghitung energi yang dibutuhkan untuk daerah Jawa, Madura, dan Bali yang perlu pembangkit tambahan 31 GW tahun 2017 dan perlu 6l Gw listrik pada 2026.

Urgensi utama yang dihadapi Indonesia sehingga pertanyaan yang mengalir akan mengapa kita memerlukan energi alternatif, titik tekannya adalah mampukah Indonesia menjawab bagaimana menjamin adanya ketersediaan pasokan energi secara terus menerus dan berkesinambungan dalam jangka panjang. Misalnya saja untuk sumber daya minyak bumi.

Diketahui cadangan minya bumi Indonesia hanya sekitar 9,1 miliar barel. Sehingga ketika tidak ditemukan cadangan minyak secara terus menerus dan berproduksi saat ini, maka apakah mungkin energi berupa minyak dapat bertahan hingga 23 tahun hingga kedepannya.

Baca Juga  Bunyi Hukum Newton (1, 2, 3 ), Rumus & Contoh di Kehidupan Sehari-hari

Hal itu membuat pertanyaan tentang mengapa kita memerlukan energi alternatif semakin menjuat ke publik.

Olehnya itu, dengan terbatasnya cadangan fosil saat ini, maka diperlukan segera pengambilan sikap secara maksimal melalui kebijakan nasional untuk memanfaatkan sumber-sumber energi alternatif.

Sebab ada banyak contoh-contoh sumber alternatif yang telah dilakukan uji coba dan penelitian yang berkelanjutan dan sangat panjang.

Pemanfaatan energi alternatif dapat dilakukan secara bertahap dan berorientasi pasar dengan menuju pola bauran energi (energy mix) yang terpadu, optimal, dan juga bijaksana.

Apalagi dengan energi yang kini semakin susah dan harganya pun semakin tinggi yaitu BBM untuk kendaraan semakin mahal dan menitips. Bahkan terkadang pasokan energi untuk BBM biasa tidak tersedia di berbagai SPBU di Indonesia.

Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif? Ini Alasan & Sumber Energi Alternatif Itu
Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif? Ini Alasan & Sumber Energi Alternatif Itu (Foto: Artikelsiana.com)

Tidak mengherankan ada banyak para ahli dan otomotif berupada dalam memaksimalkan mesin dengan mendesain sedemikian rupa mobil dan motor agar dapat menghemat energi. Namun, apakah mampu menjawab kebutuhan nasional akan energi untuk tahun-tahun mendatang.

Hal itu pulalah, sehingga pertanyaan mengenai mengapa kita memerlukan energi alternatif dimunculkan melalui sumber-sumber energi yang terbarukan dengan melalui energi listrik untuk menggantikan bahan bakar kendaraan yang semakin mahal dan pasokannya semakin menipis.

Selain itu, ada banyak contoh-contoh sumber energi alternatif yang dapat dipakai sebagai gas bumi, batu bara, sumber energi baru (coal bed methane, gasified coal, batu bara cair, nuklir) dan energi terbarukan (tenaga surya, tenaga angin, biomasa, panas bumi, tenaga air, hidrogen).

Contoh sumber energi alternatif adalah pembangkit listrik tenaga panas bumi. Ada banyak kelebihan dan keuntungan sumber energi alternatif ini. Sebab sumber energi alternatif pembangkit listrik tenaga panas bumi memiliki kapasitas besar.

Baca Juga  Pengertian Dioda, Fungsi, Jenis-Jenis & Prinsip Cara Kerja Dioda

Walaupun sumber energi alternatif ini untuk menjawab mengapa kita memerlukan energi alternatif ini membutuhkan beberapa lokasi tertentu dan jauh dari aktifitas masyarakat untuk jaringan listrik.

Namun, menjawab mengapa kita memerlukan energi alternatif dengan memakai pembangkit tenaga panas bumi ini, sangatlah mendasar sebab Indonesia dengan daerah tropis, sinar matahari akan terus ada dan Indonesia yang memiliki banyak gunung aktif membuat energi ini sangat banyak tersedia di Indonesia untuk dimanfaatkan.

Walaupun masih ada kekurangan dalam pemanfaatan sumber energi alternatif ini dalam hal harga mahal dan perlu baterai untuk menyimpan energi listrik.

Walaupun energi angin sangat ramah lingkungan dan sumber energi gratis, membutuhkan areal pembangkitan yang luas agar lebih efisien dan potensi yang memadai tidak tersedia di semua tempat di Indonesia.

Sektor kelistrikan dan transportasi adalah 2 sektor kebutuhan energi nasional yang butuh energi dengan jumlah besar pada masa mendatang.

Sehingga potensi sumber energi alternatif perlu segera dilakukan peningkatan pengembangan teknologi alternatif dan alternatif teknologi konversi energi.

Langkah ini juga bermanfaat dan berfungsi untuk membantu terjaminnya kesinambungan penyediaan energi nasional dan penurunan ketergantungan terhadap BBM serta pengurangan dampak terhadap lingkungan hidup, sehingga dengan alasan mengapa kita memerlukan energi alternatif juga untuk lingkungan yang baik dan sehat. Jika lingkungan sehat maka manusia yang hidup didalamnya juga sehat.

Salah satu alternatif sumber daya energi terbarukan untuk mengganti BBM adalah bahan bakar nabati (BBN) yang dipakai sebagai substitusi bahan bakar minyak.

Bumi lndonesia memiliki banyak jenis tanaman yang bisa berpotensi untuk bahan baku minyak nabati, nomor dua di dunia setelah Brasil.

Oleh sebab itu, bila Indonesia mampu untuk mengembangkan dan menguasai teknologi BBN sebagai sumber energi alternatif dan utama bagi Indonesia dapat mengelola sumber energi nabati dengan baik dan bijak, maka Indonesia berpotensi menjadi Timur Tengahnya BBN.

Baca Juga  +10 Pengertian Getaran, Jenis Getaran, Rumus Getaran dan Contoh Soal Getaran

Pemanfaatan macam-macam sumber energi alternatif yang sudah ada saat ini diperlukan strategi jitu untuk melihat potensi sumber energi yang tersedia. Apalagi dengan memperhatikan kondisi geografis yang terdiri dari ribuan pulau.

Kita mempunyai potensi sumber daya energi terbarukan yang cukup besar, tetapi tidak dapat diekspor sehingga sebaiknya hanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan domestik dan pemanfaatan sumber daya energi ini harus dilakukan seoptimal dan seefisien mungkin.

Sedangkan sumber daya energi fosil yang kita punyai misalnya saja gas bumi, minyak bumi, dan batu bara memiliki peran yang strategis sebagai sumber energi, bahan baku untuk industri, dan penghasil devisa.

Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif?

Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif? Ini Alasan & Sumber Energi Alternatif Itu
Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif? Ini Alasan (Foto: Artikelsiana.com)

Karena energi alternatif berfungsi untuk menggantikan sumber energi yang ada saat ini. Dimana energi yang ada saat ketersediaannya semakin lama semakin habis. Selain itu energi alternatif tidak berefek buruk bagi kesehatan manusia dan tidak mencemari lingkungan sekitar. 

Jenis-Jenis Energi Alternatif

Berdasarkan dari jawaban mengapa kita memerlukan energi alternatif. Dapat disimpulkan bahwa ada banyak contoh sumber energi alternatif yang terdapat di bumi ini khususnya di Indonesia, adapun sumber-sumber energi alternatif itu adalah: 

  1. Pembangkit listrik tenaga panas bumi.
  2. Biogas pengganti gas bumi dan batu bara.
  3. Pembangkit listrik tenaga surya atau matahari.
  4. Bahan bakar nabati pengganti BBM.
  5. Pembangkit listrik tenaga air.
  6. Pembangkit listrik tenaga angin.
  7. Pembangkit listrik tenaga nuklir.
  8. Bahan bakar kendaraan dengan Hydrogen.

Demikianlah informasi mengenai Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif? Ini Alasan & Sumber Energi Alternatif itu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *