Menu

Mengapa Dalam Penulisan Sejarah Memerlukan Periodisasi? Begini Penjelasannya

Apakah yang disebut dengan periodisasi? atau mengapa dalam penulisan sejarah memerlukan periodisasi? menjawab mengenai hal ini mari kembali ke definisi sejarah yang membahas tentang kehidupan manusia dalam konteksi waktu.

Untuk memudahkan bagi seorang pelajar, peneliti atau ilmuwan mengetahui tentang sejarah kehidupan manusia dalam rentang waktu, maka periodisasi dibuat. Sehingga dengan adanya periodisasi ini, kehidupan manusia bisa diketahui dari waktu ke waktu.

Berdasar dari hal itu, maka tidak salah apabila untuk mempersingkat penjelasa ini dalam menjawab mengapa dalam penulisan sejarah memerlukan periodisasi adalah bahwa periodisasi adalah seperti serialisasi atau serial ibarat film yang ditanyangkan berdasarkan satu waktu dan satu tempat.

Sebab tidak jarang, terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan zaman yang terjadi atau beda zaman, beda masa dan beda waktu ternyata dikait-kaitkan pada persoalan itu atau sesuatu yang ada dalam sejarah.

Sehingga untuk membatasi adanya penyelewengan sejarah, dan untuk membuat apa yang terjadi lebih akurat adalah membatasi dengan memberikan suatu waktu untuk menyeleksi segala kejadian tersebut apakah pernah terjadi pada tahun itu atau kah ternyata terjadi di tahun sebelumnya atau baru terjadi.

Setelah hal itu dilakukan, maka perlu diketahui bahwa kejadian yang terdapat saat ini bisa saja merupakan penyebab dari yang terjadi pada tahun sebelumnya, jadi maksudnya disini bahwa periode yang sebelumnya terjadi memiliki hubungan dengan periode selanjutnya.

Baca Juga  Pengertian Masa Praaksara : Apa itu Praaksara ?..

Dengan adanya hal itu maka peneliti dapat mengetahui apa yang terjadi pada waktu dan hubungannya dengan waktu selanjutnya.

Periodisasi Secara Singkat Dengan Contoh Yang Sederhana

Mengapa Dalam Penulisan Sejarah Memerlukan Periodisasi? Begini Penjelasannya
Mengapa Dalam Penulisan Sejarah Memerlukan Periodisasi? Begini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Sehingga ciri khas atau karakteristik kehidupan manusia berdasarkan fakta-fakta yang ada tidak tercampur baur dan melihat hubungan yang baru dengan yang lama atau peristiwa yang dulu dengan peristiwa yang terjadi.

Contoh sederhananya, misalnya pada saat anda bayi, anak, remaja dan dewasa. Dalam rentetan pembagian waktu itu, terlihat perkembangan yang pada masa bayi dengan umur antara 1-5 tahun terjadi perubahan, dengan pembagian itu maka memudahkan dalam mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi dalam 1-5 tahun, dan setelah itu pada fase anak dari umur 5-13 tahun juga terjadi fenomena atau kejadian atau peristiwa saat itu.

Sehingga dalam memudahkan anda untuk menyampaikan kepada seseorang tentang suatu peristiwa pada “masa kecil” anda.

Dengan menyebutkan bahwa “pada saat balita atau bayi”. Sebab kata balita adalah “dibawah lima tahun” atau untuk memperjelas lagi “pada saat berumur di bawah 5 tahun”, pernah terjadi hal-hal yang menyenangkan atau memalukan atau contohnya selalu mendengarkan musik.

Baca Juga  Mengapa Balon Bisa Menggelembung? Ini Jawabannya

Disini dilihat, periodisasi sangat berguna bagi anda untuk menjelaskan kepada seseorang ataupun juga menulis hal-hal yang pernah terjadi pada hidup anda dan begitu pula ketika seseorang menuliskannya.

Dengan memberikan batasan itu, maka dengan mudah kamu dapat memberikan perbedaan perubahan pada saaat berumur anak atau pada saat remaja. Walaupun terdapat perbedaan hal yang kamu alami pada saat balita, memiliki hubungan.

Sejalan dengan contoh diatas, sebab kamu selalu mendengarkan musik, maka pada saat anak atau remaja ternyata kamu sekarang bisa bermain musik. Temanmu bertanya, mengapa kamu bisa bermain musik?

Dengan menggunakan periodisasi kamu dengan mudah dapat menjelaskan hal-hal yang terjadi dengan mudah tanpa tercampur baur dengan hal-hal lainnya yang tidak berhubungan seperti orang lain yang tidak ada kaitannya atau suatu peristiwa yang tidak ada kaitannya atau tidak membuat kamu salah dalam menyebutkan waktu.

Pengertian Periodisasi

Mengapa Dalam Penulisan Sejarah Memerlukan Periodisasi? Begini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Periodisasi Sejarah (Foto: Artikelsiana.com)

Begitupula sederhananya untuk mengetahui mengenai periodisasi itu. Untuk melihat pengertian periodisasi sejarah. secara umum, Periodisasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam sejarah yang dapat dibagi atas beberapa babak, zaman, masa, atau periode.

Baca Juga  Pendapat Tentang Masuknya Islam Ke Indonesia

Melihat definisi ini sama dengan pembabakan yang ditulis oleh penulis, terdapat pembagian-pembagian yang dilakukan agar dapat mempermudah bagi kita menjelaskan dan bagi seseorang mengetahui.

Menjelaskan diri anda sudah susah, apalagi menjelaskan peristiwa suatu daerah dengan banyaknya manusia, peristiwa, apalagi mengetahui periodisasi sejarah negara atau dunia dan untuk dijelaskan kepada seseorang.

Tentunya sangat susah jika tidak menggunakan periodisasi, namun akan sangat mudah menjelaskan kepada seseorang dengan menggunakan periodisasi sejarah. ‘

Tujuan Periodisasi

Mengapa Dalam Penulisan Sejarah Memerlukan Periodisasi? Begini Penjelasannya, Tujuan Periodisasi Sejarah (Foto: Artikelsiana.com)
Tujuan Periodisasi Sejarah (Foto: Artikelsiana.com)

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa tujuan Periodisasi adalah

1. Melakukan penyederhanaan
2. Memudahkan klasifikasi dalam ilmu sejarah
3. Mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis
4. Memudahkan pengertian, dan
5. Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan.

Mengapa Dalam Penulisan Sejarah Memerlukan Periodisasi?

Mengapa Dalam Penulisan Sejarah Memerlukan Periodisasi? Begini Penjelasannya
Mengapa Dalam Penulisan Sejarah Memerlukan Periodisasi? Begini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Merangkum seluruh pembahasan yang telah dijelaskan penulis diatas untuk menjawab pertanyaan mengapa dalam penulisan sejarah memerlukan periodisasi?, bahwasanya untuk memudahkan dapat memudahkan memahami kronologis sejarah, dan membantu meneliti sebab akibat antara masa ke masa atau dari tahun ke tahun.

Demikianlah jawaban mengenai Mengapa Dalam Penulisan Sejarah Memerlukan Periodisasi?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *