Menu

Letak Astronomis Thailand & Letak Geografis Thailand (Gambar Peta)

Thailand – Thailand (Muangthai) adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara dan menjadi anggota ASEAN. Thailand merupakan negara yang luasnya 513,120 km persegi.

Jumlah ini terdiri dari daratan dan perairan. Untuk luas daratan Thailand sekitar 510, 890 km persegi. Sedangkan untuk luas perairannya sekitar 2,230 km persegi.

Secara geografis thailand letak di tengah semenanjung Indochina di Asia Tenggara yang berbatasan di utara dengan Myanmar dan Laos, sedangkan untuk daerah timur thailand berabatasan dengan oleh Laos dan Kamboja.

Selain itu, untuk di bagian barat thailand terdapat laut yang menjadi batas Thailand yaitu Laut Andaman dan juga berbatasan dengan ujung Myanmar. Untuk bagian selatan Thailand berbatasan dengan Teluk Thailand dan Malaysia.

Negara Thailand memiliki ibukota yang terletak di Bangkok. Ibu kota ini menjadi pusat perdagangan, politik, industri dan budaya. Thailand juga bukanlah negara kecil yang kita kira sebab terdapat 77 provinsi.

Hal itu sehingga jumlah populasi atau penduduk Thailand sangatlah banyak sekitar 67 juta untuk data pada Juli 2012. Angka jumlah penduduk Thailand ini membuatnya berada pada peringkat ke 20.

Sama dengan Indonesia, yang memiliki berbagai etnis, Thailand juga demikian, sebab dari 75% penduduk Thailand sebagian besarnya adalah keturunan asli Thai. Sedangkan 14% adalah China, 3% Melayu dan etnis lainnya 8%.

Selain negara yang beranekaragam etnis juga terdapat penduduknya yang menganut agama-agama seperti untuk agama Budha menjadi agama resmi di Thailand sebesar 94.6%, Islam penganutnya 4.6%, dan sisanya adalah agama Kristen yang umatnya sekitar 0.7% dan 0.1% lain-lainnya.

Baca Juga  Letak Astronomis Singapura & Letak Geografis Singapura (Gambar Peta)

Sedangkan untuk letak astronomis thailand, boleh dikatakan Thailand adalah negara yang juga bisa disebut sebagai negara yang posisinya strategis.

Sebab negara ini berada pada 5˚LU – 21˚LU dan 97˚BT – 106˚BT. Sehingga itulah mengapa Thailand menjadi negara yang memiliki ekonomi yang kaut.

Sebab dengan negara yang berlokasi dengan menghubungkan sejumlah negara dan benua ini, Thailand mempunyai kebijakan yang pro pada investasi, dan industri ekspor.

Kondisi mata pencaharian penduduk dari warga Thailand adalah pada sektor ekspor barang industri dan pertanian, khususnya elektronik, makanan olahan, dan komoditas pertanian.

Mata pencarian penduduk dari warga thailand membuat tingkat pengangguran tercatat hanya kurang dari 1 persen dari angkatan kerja yang merupakan terendah di dunia.

Tak tanggung-tanggung terdapat 2,5 juta pekerja imigran yang ada di negara-negara tetangga memilih bekerja di Thailand.

Hal itu dikarenakan keuntungan yang didapatkan pekerja sampai-sampai untuk di ibu kota Thailand yaitu Bangkok menerapkan 300 bath atau jika di rupiahkan sekitar 138 ribu perhari. Angka upah ini telah menjadi kebijakan minimum pada 1 Januari 2013.

Menetap di Thailand juga tidak membuat warga migran kesusahan sebab di negara Thailand terdapat reformasi pajak baru yang rancangannya untuk tingkat yang lebih rendah untuk masyarakat berpenghasilan menengah kebawah.

Walaupun demikian, Thailand tidak luput juga dari yang namanya goncangan ekonomi secarai internal dan eksternal.

Letak Astronomis Thailand & Letak Geografis Thailand (Gambar Peta)
Letak Astronomis Thailand & Letak Geografis Thailand (Gambar Peta)

Sewaktu krisis ekonomi global bisa membuat Thailand mengalami penurunan dua digit. Misalnya saja pada tahun 2009, perekonomian thailand terjadi kontraksi sebesar 2.3%.

Namun hal itu tidak berlangsung lama, sebab pada 2010 Thailand melaju sampai memperluas 7.8%. Pasang surut ekonomi Thailand juga terjadi karena faktor bencana yang menimpanya pada tahun 2011,

Baca Juga  Dampak Pemanasan Global (Global Warming)

Bencana banjir ini sampai-sampai membuat pertumbuhan terputus sehingga di kawasan industri utara Bangkok, mengalami kelumpuhan.

Mengatasi hal ini, Thailand melejit pulih pada kuartal kedua tahun 2012 dan memperluas 5.8% PDB tahun 2012.

Melihat dampak dari bencana yang pernah terjadi, pemerintah Thailand telah banyak berinvestasi dalam proyek-proyek mitigasi banjir agar masalah yang pernah terjadi dapat teratasi.

Letak Astronomis Thailand 

Thailand juga dikatakan sebagai negara strategis dengan menggunakan bahasa nasional yaitu bahasa Thai. Walaupun negara ini juga seringkali menggunakan bahasa Cina dan Inggris. Letak astronomis Thailand yaitu: 5˚LU – 21˚LU dan 97˚BT – 106˚BT.

Letak Geografis Thailand

Thailand merupakan negara yang memanjang hingga ke semenanjung Malaysia yang luasnya 513,120 km persegi. Jumlah ini terdiri dari daratan dan perairan. Untuk luas daratan Thailand sekitar 510, 890 km persegi. Sedangkan untuk luas perairannya sekitar 2,230 km persegi.

Luas negara ini membuatnya berada di urutan ke-52 di dunia dan negara dengan 77 provinsi. Dengan luas negara ini, sebagaimana penjelasan diatas tentang kondisi geografis dari Thailand membuat negara ini berbatasan dengan wilayah :

  1. Secara geografis thailand letak di tengah semenanjung Indochina di Asia Tenggara yang berbatasan di utara dengan Myanmar dan Laos,
  2. Sedangkan untuk daerah timur, thailand berabatasan dengan oleh Laos dan Kamboja.
  3. Selain itu, untuk di bagian barat, thailand terdapat laut yang menjadi batas Thailand yaitu Laut Andaman dan juga berbatasan dengan ujung Myanmar.
  4. Untuk bagian selatan, Thailand berbatasan dengan Teluk Thailand dan Malaysia.
Baca Juga  Pengertian Batuan Sedimen dan Jenis-Jenis Batuan Sedimen

Keuntungan Letak Geografis Thailand

Dengan letak astronomis dan kondisi geografis Thailand ini membuatnya dijuluki sebaga iengara “the land of Smiles” atau pulau senyuman.

Hal ini muncul dari kondisi geografis yang ditawarkan Thailand hingga terbentuk berbagai destinasi wisata yang ramah dan pemandangan yang bagus serta pelayanangan yang penduduk lokalnya yang baik dan hangat.

Namun dengan pelayanan yang baik itu, biaya yang diperlukan ternyata bisa dijangkau seluruh kalangan. Tidak mengherankan mengapa negara Thailand menjadi negara favorit yang disinggahi dengan melihat hewan-hewan khas yang ada disana seperti Gajah yang telah dipandang suci dan agung di Thailand,

Harimau dengan jumlah 300 ekor, Beruang yang dimana negeri Thailand adalah rumah bagi Sun Bear dan Asian Black Bear yang bisa ditemui di taman nasionak Khao dan Kao Sok di daerah Surat Thani. Masih banyak lagi hal-hal menarik fauna dan flora Thailand.

Adapun keuntungan atau manfaat dari letak geografis Thailand adalah:

  1. Terdapat sekitar 300 jenis mamalia dan mempunyai keragaman burung yang terbesar di Benua Asia yang terdapat 900 spesies hidup di sana.
  2. Thailand memiliki banyak dataran dan pegunungan, maka pertanian adalah kekuatan dari negara ini yang dikatakan sebagai negara penghasil beras di Asia Tenggara dengan kualitas yang baik.

Demikianlah informasi mengenai Letak Astronomis Thailand & Letak Geografis Thailand. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *