Menu

Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi

Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi – Manusia tidak lepas dari kegiatan administrasi. Sebab administrasi memiliki peran yang penting untuk mencapai berbagai tujuan kegiatan. Terdapat unsur-unsur admnistrasi untuk menjalankan roda administrasi tanpa menemukan situasi pada kegiatan tertentu.

Bahkan pelaksanaan admnistrasi selalu mengalami kelanjutan atau terus berlanjut dan berkesinambungan dengan berbagai pertimbangan berupa menyediaan sarana dan prasana tertentu pada situasi tertentu.

Contohnya sarana dan prasarana dibutuhkan oleh organisasi niaga atau perkantoran, yang memasarkan barang elektronik. Hal ini butuh admnistrasi agar tingkat penjualan dan pembeli dapat diketahui dan dapat diprediksi kedepannya.

Atau perusahaan tambang, yang butuh sarana dan prasarana seperti pencarian dan pengeboran minyak di pantai, butuh tenaga dari para petugas administrasi untuk mengatur tahap demi tahap dalam pelaksanaannya dengan memperhitungkan jangka waktu dimulai kapan selesainya dan kapan diedarkan ke masyarakat.

Tujuan menjalankan roda administrasi adalah untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Apalagi jika berbicara mengenai negara.

Sebagai organisasi yang paling besar, diperlukan administrasi yang baik sebab merangkum segala elemen pembentukan negara yang bukan main banyaknya dan bersifat jangka panjang dari generasi ke generasi.

Baca Juga  [Jawaban] Jelaskan Kedudukan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka?

Olehnya itu, melihat dari definisi Administrasi yang secara etimologi berasal dari bahasa Inggris yaitu “Administration”. Sedangkan untuk bentuk infitifnya adalah “to administer”.

Sedangkan dalam kamus Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English (1974), kata to admister diartikan sebagai to manage (mengelola) atau to direct (menggerakan).

Sedangkan dalam bahasa Belanda, Kata Administrasi adalah administratie. Yang dimaksud dengan kata ini adalah mencakup stelselmatige verkrijging en verwerking van gegeven (tatausaha), dan beheer (manajemen dari sumber daya, seperti finansial, personal, gudang).

Biasanya, Administrasi diistilahkan sekedar urusan dan bertugas catat-mencatat, pembukuan, surat-menyurat, pembuatan agenda, dan sebagainya. Padahal Ilmu administrasi adalah untuk menunjang dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah atau perusahaan.

Jika administrasinya baik maka instansi itu akan berjalan baik pula, begitupun sebaliknya. Sehingga hal itu mengapa Administrasi untuk definisinya dibagi atas dua yaitu dalam arti sempit dan arti luas.

Baca Juga  Pengertian Desa Menurut Para Ahli & Syarat-Syarat Desa

Dalam arti sempit, yang dimaksud dengan administrasi adalah tata usaha atau office work yang terdiri dari kegiatan catat-mencatat, tulis-menulis, mengetik, korespodensi, kearsipan, dan sebagainya.

Sedangkan menurut para ahli dalam hal ini Ismail Nawawi menjelaskan bahwa pengertian administrasi secara arti sempit adalah mencatat setiap komponen administrasi yang meliputi komponen manajemen, organisasi, maupun kegiatan operasional.

Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi
Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi? (Foto: Artikelsiana.com)

Dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan admninistrasi secara arti sempit adalah kegiatan pengolahan data dan informasi yang meliputi kegaiatan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan secara tertulis yang diperlukan oleh suatu organisasi.

Sedangkan untuk administrasi dalam arti luas, menurut Sondang P. Siagian adalah keseluruhan proses kerjasama antara 2 orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Hal ini bisa digambarkan seperti pemain sepak bola yang bekerjasama bersama pemain lainnya untuk memenangkan timnya dalam sebuah pertandingan.

Pengertian Administrasi: Apa itu?

Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi
Pengertian Administrasi (Foto: Artikelsiana.com)

Yang dimaksud dengan pengertian administrasi adalah roses kerjasama yang melibatkan sedikitnya dua orang untuk mecapai saasaran atau tujuan yang sudah ditentukan sebelum mereka memulai kegiatan.

Baca Juga  Bagaimana Hubungan Antara DPR, MK, Presiden & MPR? Ini Penjelasannya

Karakteristik Administrasi

Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi
Ciri atau Karakteristik Administrasi (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan tentang penjelasan diatas, maka dapat dijelaskan mengenai ciri atau karakteristik administrasi. Adapun karakteristik itu adalah:

  1. Bertugas untuk mencatat.
  2. Melakukan pembukuan dan surat menyurat.
  3. Serta mengatur sejumlah agenda.
  4. Administrasi selalu berhubungan dengan kegiatan kerjasama.
  5. Di dalam Administrasi terdapat usaha atau proses kerja.
  6. Administrasi mempunyai tujuan yang jelas.
  7. Di dalam Administrasi terdapat kelompok manusia yang terdiri dari dua orang atau lebih.
  8. Kegiatan di dalam Administrasi selalu terdapat kepemimpinan, bimbingan, dan pengawasan.

Fungsi Administrasi

Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi
Peran dan Fungsi Administrasi (Foto: Artikelsiana.com)

Berikut ini adalah beberapa fungsi administrasi dalam organisasi:

  1. Planning (Perencanaan)
  2. Organizing (Penyusunan)
  3. Coordinating (Kordinasi)
  4. Reporting (Laporan)
  5. Budgeting (Penyusunan Anggaran)
  6. Staffing (Penempatan)
  7. Directing (Pengarahan atau Bimbingan)

Demikianlah informasi mengenai Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *