Menu

[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Ini Alasannya

Membran Sel Bersifat Semipermeabel – Sel adalah satuan atau unit terkecil dari suatu makhluk hidup. Bagi makhluk hidup yang tersusun satu sel disebut dengan uniseluler diantaranya amoeba, bakteri, ganggang hijau-biru, paramaecium, dan euglena.

Menurut ada tidaknya membran itu, sel ternyata dikelompokkan atas 2 macam yaitu sel yang disebut sel prokariotik dan sel yang disebut sel eukariotik.

Yang dimaksud dengan sel prokariotik ialah sel yang tidak mempunyai membran inti, misalnya saja sel yang tidak memiliki membran inti adalah sel bakteri dan alga biru.

Sedangkan yang dimaksud dengan sel eukariotik adalah sel yang mempunyai membran pelindung material inti.

Sedangkan untuk makhluk hidup yang tersusun atas sejumlah sel yang bergabung bersama-sama disebut dengan makhluk hidup multiseluler. Makhluk hidup multiseluler ini seluruh fungsi kegiatannya ternyata melalui sel-sel khusus.

Dalam sejarah, ternyata Sel ditemukan oleh Robert Hooke tahun 1665 atau pada abad XVII ditemukannya sel. Saat itu,

[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Ini Alasannya (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Ini Alasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Hooke menyebut bahwa sel untuk mendeskripsikan struktur seperti kotak sarang lebah atau sel-sel sebuah penjara dari pengamatan pada gabus. Gambar yang ditemukannya ini berasal dari pengamatan melalui alat mikroskop 2 lensa.

Baca Juga  Pengertian Echinodermata, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Reproduksi, & Peranan

Sampai saat ini perkembangan dan penelitian sel terus berlanjut. Hingga ternyata susunan struktur sel terbagi atas 3 bagian-bagian utama yaitu membran sel atau membran plas, sitoplasma, dan nukleus atau disebut juga dengan inti. Sejalan dengan pembahasan saat ini, yaitu berkenaan dengan membran sel.

Apa Itu Membran Sel?

[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Ini Alasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Membran Sel (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, Pengertian Membran Sel adalah bagian pembungkus sel sebelah luar, yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

Membran terususun atas lapisan lipopprotein. Yang dimaksud dengan Lipoprotein adalah gabungan antara lemak dan protein. Membran sel-sel darah merah tersusun atas 50% lipid dan 50% protein.

Lipin yang menyusun membran disebut dengan pospolipid, yang bersifat hidrofilik/ujung polar atau larut dalam air dan sterol yang bersifat hidrofobik/ujung non polar atau tidak larut dalam air.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri Otot Jantung

Protein di permukaan luar disebut dengan protein ekstrinsik yang bersifat hidrofilik. Sedangkan protein yang menembus ke 2 lapis lipid disebut dengan protein intrinsik yang memiliki sifat hidrofobik.

Dalam membran sel, juga tersusun atas karbohidrat. Karbohidrat ini berikatan dengan molekul protein. Hal ini memiliki sifat hidrofilik yang disebut dengan glikoprotein dan sebagian kecil yang terikat pada lipid memiliki sifat hidrofilik yang disebut dengan glikopilid.

[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Ini Alasannya
[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Ini Alasannya

Hal itulah yang membuat mengapa membran sel disebut-sebut bersifat semipermeabel. Arti dari membran sel besifat semipermiabel adalah dapat dilalui oleh molekul air dan gas yang terlarut di dalamnya, sedangkan yang dimaksud dengan selektif permeabel artinya dapat dilewati oleh ion-ion tertentu.

Ini memiliki sifat dialisis. Yang dimaksud dengan sifat ini adalah mampu memisahkan molekul yang memiliki ukuran kecil misalnya glukoda dapat melaluinya. Sedangkan untuk molekul besar contohnya protein tidak dapat melewatinya.

Baca Juga  Klasifikasi Jenis Pisces (Ikan)

Fungsi Membran Sel

[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Ini Alasannya
Fungsi Membran Sel (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun fungsi atan peran membran sel ialah:

  1. Sebagai pelindung sel.
  2. Pembatas antarisi sel dengan bagian luar sel.
  3. Tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia.
  4. Tempat pertukaran zat.
  5. Sebagai reseptor dari rangsangan luar.

Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? 

[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Ini Alasannya (Foto; Artikelsiana.com)
[Jawaban] Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel? Ini Alasannya (Foto; Artikelsiana.com)

Berdasarkan penjelasan panjang diatas, maka dapat diketahui jawaban mengenai pertanyaan mengapa membran sel bersifat semipermeabel alasan ilmiahnya,

Karena membran sel atau membran plasma ini mengontrol zat-zat yang boleh masuk maupun yang keluar meninggalkan sel selain itu membran sel terususn atas 2 lapisan yaitu fosfolipid dan protein.

Protein inilah yang mengatur lalu lintas atau mengontrol lalu lintas bahan yang keluar masuk sel dan juga sebagai komunikasi antarsel. Jadi terdapat zat-zat tertentu yang boleh masuk dan yang tidak boleh masuk.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeabel?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *