Menu

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila? Ini Penjelasannya

Mengamalkan Pancasila – Warga yang baik, yang setia kepada nusa dan bangsa, adalah yang mempelajari dan mengamalkan pancasila. Mengapa? karena pada dasarnya pancasila adalah pandangan hidup bangsa dan juga sebagai dasar filsafat negara.

Itulah mengapa pancasila perlu untuk kita amalkan, sebab dengan mengamalkannyalah maka sudah barang tentu, kita sebagai warga negara bertekad untuk menjaga bangsa Indonesia untuk terus berdiri dan maju kedepan.

Sebab salah satu unsur terbentuknya suatu negara dan bangsa adalah memiliki pandangan hidup atau dasar negara. Kita semua warga negara wajib mengamalkan pancasila sbagai pegangan bersama.

Mengamalkan pancasila diperlukan, tidak hanya ketika kondisi aman-aman saja, melainkan dalam mengamankan pancasila juga perlu kita lakukan ketika negara sedang dalam kondisi terancam.

Sejarah telah membuktikan peran kokoh dari Pancasila. Ada banyak krisis nasional dan ancaman yang pernah terjadi, namun dengan semangat untuk mengamalkan pancasila tidak pernah pudar, Indonesia masih tetap eksis dan hadir di masyarakat.

Olehnya itu, mengapa kita perlu untuk mengamalkan Pancasila sebab pancasila adalah jawaban atau solusi ketika terdapat persoalan bangsa.

Selain itu, dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, menjadikan bahwa Pancasila adalah cerminan dari karakter bangsa dan negara yang bermacam-macam.

Mengetahui hal ini terbukti dari dari fungsi dan kedudukan pancasila, yakni sebagai jiwa bangsa Indonesia, kepribadian bangsa, pandangan hidup bangsa, sarana tujuan hidup bangsa Indonesia, dan pedoman hidup bangsa Indonesia.

Baca Juga  Klasifikasi Desa dan Unsur-Unsur Terbentuknya Desa

Oleh sebab itu, penerapan atau mengamalkan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bangsa dan negara sangat penting untuk dilakukan setiap warga negara selain itu, dengan pengalaman pancasila yang baik akan mempermudah terwujudnya tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia.

Sebagaimana perumusan dan penepatan pancasila dalam sejarah yang begitu panjang, dimana pancasila di lahir tanggal 1 Juni 1945.

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Yang awalnya bermula di sidang BPUPKI. Dalam sidang ini terdapat 3 tokoh yang paling dipertimbangkan pandangan-pandangannya. Yaitu adalah Mr. Moh Yamin, Mr. Supomo, dan Ir. Soekarno.

Pengertian Pancasila: Apa itu?

Istilah pancasila berasal dari bahasa sankskerta yang terdiri atas 2 kata yaitu panca dan syila. Arti dari kedua kata ini yang pertama untuk Panca berarti lima sedangkan untuk arti Syila dalam vokal i pendek adalah batu sendi, alas, atau dasar. Sedangkan syiila dengan vokal i panjang adalah artinya peraturan tingkah laku yang baik atau penting.

Kata-kata itu kemudian dalam bahasa Indonesia terutama bahasa jawa diartikan menjadi “susila” yang berhubungan dengan moralitas.

Oleh sebab itu, secara etimologi kata “pancasila” yang dimaksud adalah istilah “pancasyila” dengan vokal i yang mempunyai makna leksikal “berbatu sendi lima” atau secara harfiah “dasar yang mempunyai lima unsur.”

Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Adapun pengamalan nilai-nilai Pancasila secara sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah dapat dilakukan dengan:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Pengamalan nilai pancasila yang pertama tidaklah susah, sederhananya kita hanya perlu untuk menunjukkan rasa simpati dan empati dengan melayat setiap ada kematian, walaupun yang meninggal bukanlah warganya atau keluarganya, ikut tahlil mengirim doa, meraeyakan Idul Fitri dan saling bermaaf-maafan dengan umat Islam, serta ada beberapa dari keluarga mereka yang melakukan pernikahan dengan warga muslim.

Baca Juga  Jelaskan Mekanisme Pembagian Kekuasaan Yang Dilaksanakan Indonesia

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Untuk sila kedua, juga tidak susah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan terkadang selalu diterapkan walaupun tidak kita tahu bahwa diri kita telah menerapkannya. Adapun pengamalan pancasila adalah secara sederhana dengan menyediakan makanan untuk tamu.

Selain itu, menunjukkan sikap persaudaraan antara lain membantu mempersiapkan mendirikan tarub. Sedangkan kaum perempuan mengerjakan kegiatan yang berkaitan dengan urusan dapur saat ada hajat pernikahan.

3. Persatuan Indonesia

Pengamalan nilai persatuan Indonesia bisa dilakukan dengan berinteraksi kepada siapapun dan dimanapun itu. Selain itu, juga secara sederhana namun paling susah diamalkan adalah membayar pajak, patut untuk ditingkatkan. Sebagai warga negara yang baik dan telah berumur, hendaklah mempunyai KTP sebagai wujud rasa syukur dan bangsa sebagai bangsa Indonesia.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat dalam Permusyawaratan dan Perwakilan

Untuk pengalaman sila keempat ini, adalah berperan serta dalam pemilihan umum dan sejenisnya, seperti ikut dalam musyawarah pertemuan RT, terlibat acara rembug desa ataupun Musrenbang serta Toleransi tentang keputusan hasil musyawarah.

Baca Juga  7 Pengertian Diplomasi Menurut Para Ahli Adalah & Sumber Hukum Diplomasi

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Penanaman nilai pancasila ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan sikap gotong royong dalam pembangunan Masjid At-Taqwa, bersikap adil terhadap sesama terlebih pada anaknya dengan adil mendidik melalui sekolah kehidupan yang terintegrasi dalam perilaku keseharian, sehingga nilai-nilai akan tumbuh dan tertanam dalam perilaku.

Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila?

[Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari penjelasan diatas, untuk menjawab pertanyaan mengapa kita harus mengamalkan pancasila secara singkat dan sederhana, karena dengan mengamalkan Pancasila adalah bukti bahwa kita bangga dan cinta terhadap tanah air indonesia.

Dengan mengamalkan Pancasila, maka telah berarti bahwa kita ingin bangsa ini tetap kokoh. Sebab Pancasila adalah cerminan dan perilaku bangsa dan juga dengan pengalaman Pancasila sudah berarti kita adalah warga negara yang patuh mengenai hukum yang berlaku sebab Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang mengikat bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan itu maka apabila kita mengamalkan maka kita adalah warga negara. 

Demikianlah informasi mengenai [Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-tema.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *