Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Fungsi Tulang Betis & Ciri Tulang Betis Manusia Serta Strukturnya

Tulang adalah jaringan ikat yang terdiri atas sel, serat dan matriks ekstraseluler. Yang dimaksud dengan matriks tulang adalah bagian terkeras yang terletak pada lapisan luar tulang sehingga terjadi pengendapan mineral dalam matriks, dan tulang pun mengalami klasifikasi.

Fungsi tulang sebagai keraka tubuh yang kaku, dan tempat melekatnya otot dan organ tubuh manusia. Tidak hanya itu, fungsi dan peran tulang juga melindungi otak yang terletak di dalam tengkorak.

Dapat dibayangkan apa yang terjadi jika terjadi kecelakaan tanpa adanya tulang. Sehingga dengan adanya tulang maka juga akan menjadi pengaman pertama bagi manusia.

Diketahui struktur tulang dalam sistem kerangka manusia terdiri atas 206 tulang. Secara umum, keranka manusia ini dapat dibagi menjadi dua yaitu rangka aksial (sumbu tubuh) dan rangka apendikuler (anggota tubuh). Diketahui bahwa perhitungan keseluruhan tulang manusia dimana untuk tulang yang membentuk tengkorak adalah 8 buah tulang, tulang muka ada 14 buah tulang, tulang telinga dalam ada 6 buah, tulang lidah ada 1 buah, tulang kerangka dada ada 25 buah, tulang pembentuk tulang belakang dan gelang panggil ada 26 buah, tulang anggota gerak atas ada 64 buah tulang sedangkan untuk pembahasan kali ini ternyata tulang anggota gerak bawah terdapat 62 buah tulang.

Pengertian Tulang Betis (Fibula)

Tulang betis atau tulang fibula merupakan tulang bagian bawah manusia yang menghubungkan antara pergekalangan kaki dengan lutut. Selain dari fibula atau tulang betis juga terdapat tulang kering (tibia).

Pertama-tama yang dimaksud dengan tulang Tibia (kering) adalah tulang besar dan lebih kuat yang terdapat di kaki bagian bawah pada vertebrata yang menghubungkan dengan pergelangan kaki dengan lutut seperti pada manusia.

Baca Juga  Tuliskan Ciri-Ciri Hewan Tipe Australia? Begini Penjelasan & Ciri-Cirinya

Diketahui fungsi dan peran dari tulang tibia adalah untuk membentuk bagian dari kerangka pada bagian bawah. Tulang ini bermanfaat dalam mendukung gerakan kaki.

Fungsi Tulang Betis & Ciri Tulang Betis Manusia Serta Strukturnya
Fungsi Tulang Betis & Ciri Tulang Betis Manusia Serta Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)

Selain itu, tulang tibia berguna dalam dalam menciptakan titik otot-otot dimaksukkan dan menyimpan minral dan juga menghasilkan sel darah dalam sumsung tulang.

Ciri khas dari tulang tibia atau tulang kering adalah dimana tulang ini mengandung satu tulang tibia di setiap kaki dan tulang yang berbentuk pipa dengan batang dan 2 ujung.

Sedangkan apasih yang dimaksud dengan Tulang Fibula atau Tulang Betis. Sebab diketahui nama lain dari tulang betis adalah tulang fibula.

Secara umum, pengertian tulang fibula adalah tulang tungkai bawah yang terletak disebelah lateral dan bentuknya lebih kecil sesuai os ulna pada tulang untuk bagian lengan bawah. Secara etimologi, sebab dikatakan fibula pada tulang betis sebab arti kata fibula sendiri adalah kurus atau kecil.

Ciri atau karakteristik tulang ini adalah panjang, sangat kurus dan gambaran untuk korpusnya bermacam-macam yang diakibatkan oleh cetakan yang bermacam-macam dari kekuatan otot yang melekat pada tulang itu.

Diketahui tulang betis atau fibula ini tidak urut untuk membentuk sendi pergelangan kaki, dan merupakan tulang yang juga berfungsi dan berperan dalam menahan berat badan.

Selain itu, apabila dibandingkan antara tulang tibia dan fibula, ternyata tulang fibula atau betis mempunyai panjang yang sama akan tetapi sangat tipis. Perbedaan tulang tibia dan fibula terletak pada ketebelannya bergantung dari peran dari kedua kaki tersebut.

Baca Juga  Penyebaran Fauna Indonesia

Bilamana tulang tibia (tulang kering) membawa beban tubuh dari lutut ke pergelangan kaki, sedangkan untuk fibula berfungsi untuk mendukung tulang tibia. Hal inilah mengapa penulis mengaitkan antara tulang fibula (tulang betis) dengan tulang tibia (tulang kering.

Selain itu, karakteristik dari tulang fibula (tulang betis) juga diketahui bahwa tulang ini tidak membawa banyak berat tubuh, walaupun demikian tetap saja tulang betis (fibula) berperan dalam memberikan kestabilan pada pergelangan kaki dan mendukung otot kaki pada bagian bawah.

Struktur Anatomi Tulang Fibula (Betis)

Fungsi Tulang Betis & Ciri Tulang Betis Manusia Serta Strukturnya
Kerangka Tulang Betis (Fibula) pada Manusia (Foto: Artikelsiana.com)

Untuk anatominya, tulang fibula terdiri atas 3 bagian struktur yang menyusun tulang fibula (tulang betis). Ketiga jenis bagian tulang fibula (tulang betis) adalah epiphysis proximalis, diaphysis dan epiphysis distalis. Adapun penjelasan mengenai bagian-bagian tulang fibula (tulang betis) adalah:

Epiphysis proximalis membulat disebut dengan capitulum fibulae yang ke arah proximal meruncing menjadi apex capituli fibulae. Pada capitulum fibulae terdapat dataran sendi yaitu facies articularis fibulae untuk persendian dengan fibula.

Sedangkan untuk Diaphysis ternyata terdiri 4 bagian yang disebut crista yaitu crista lateralis, crista interossea, crista medialis, dan critas anteriror. Selain itu memiliki 3 dataran sendi antara lain facies posterior, facies medialis, dan facies lateralis.

Ciri-Ciri Tulang Betis

Fungsi Tulang Betis & Ciri Tulang Betis Manusia Serta Strukturnya
Ciri atau Karakteristik Tulang Betis (Fibula) (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarankan penjelasan diatas, maka dapat dituliskan dan dijelaskan bahwa ciri atau karakteristik dari tulang betis pada manusia adalah:

  1. Tulang betis disebut juga tulang fibula atau os. fibula.
  2. Diameter tulang jauh lebih kecil dari tulang kering (tibia).
  3. Tidak masuk dalam formasi lutut manusia.
  4. Hanya 1 Ujung otot insersio yang melekat pada tulang ini.
  5. Bukan merupakan tulang utama dalam menahan bobot tubuh.
  6. Didominasi oleh ujung otot origo, yaitu 8 buah otot.
  7. Bahkan tulang betis merupakan tulang pipa dengan diameter kecil.
Baca Juga  Pengertian Antibiotik, Fungsi, Golongan & Antibiotik Menurut Para Ahli

Fungsi Tulang Betis

Fungsi Tulang Betis & Ciri Tulang Betis Manusia Serta Strukturnya
Fungsi dan Peran Tulang Betis (Fibula) Bagi Manusia (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun fungsi tulang betis atau tulang fibula pada manusia antara lain:

  1. Memungkinkan sedikit pergerakan karena adanya sendi geser atau sendi arthrodial antara proksimal tulang betis dan tulang kering (superior tibiofibular joint).
  2. Tempat melekatnya ujung ujung otot.
  3. Sebagai alat gerak pasif bersama pada kaki dengan tulang kering dan tulang paha dan pergelangan kaki.
  4. Menghasilkan sel darah.
  5. Menghasilkan sel darah merah dan sel darah putih karena mengandung sumsum merah.
  6. Memungkinkan pergerakan lebih banyak tapi terbatas (tidak seperti sendi lain) karena adanya sendi sindesmosis pada distal tulang betis dan distal tulang kering.
  7. Penyusun kerangka ekstremitas bawah manusia.
  8. Mengalirkan beban tubuh ke bagian kaki.
  9. Membentuk sendi pada pergelangan kaki dengan tulang tanus (telapak kaki) bersama dengan tulang kering.
  10. Menyimpan mineral seperti kalsium.
  11. Menghasilkan kartilago dan sel tulang (mengandung osteosit).
  12. Menopang berat tubuh walaupun hanya sedikit.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Tulang Betis & Ciri Tulang Betis Manusia Serta Strukturnya.Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *