Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Fungsi Teks Editorial & Jenis-Jenis Teks Editorial

Setiap manusia tentu tidak lepas dari yang namanya komunikasi. Dengan berkomunikasi baik itu dilakukan secara langsung dengan bertatap muka tanpa ada perantara ataupun secara tidak langsung dengan menggunakan perantara.

Namun zaman saat ini yang sangat maju, seseorang dapat dengan mudah berkomunikasi dengan baik walaupun dengan perantara. Komunikasi dengan perantara tentunya memakai media.

Media itu bisa dengan cetak maupun dengan media elektronik seperti televisi, radio, handphone dan lain-lainnya. Sedangkan untuk media cetak seperti, tabloid, majalah dan surat kabar.

Yang dimaksud dengan Teks Editorial adalah bentuk opini yang lazim ditemukan dalam surat kabar, majalah, atau tabloid.

Menurut para ahli seperti Haris Sumadiria, bahwa yang dimaksud teks editorial adalah opini yang berisi aspirasi, pendapat, dan sikap resmi suatu media pers terhadap persoalan potensial, fenomenal, aktual, dan atau kontroversial yang terjadi di dalam masyarakat.

Fungsi Teks Editorial & Jenis-Jenis Teks Editorial (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Teks Editorial & Jenis-Jenis Teks Editorial (Foto: Artikelsiana.com)

Untuk mengetahui karakter dan kepribadian pers bisa dengan merujuk pada teks editorial atau pada tajuk rencana. Itulah mengapa teks editorial atau tajuk rencana kerap disebut dengan mahkota media pers.

Baca Juga  Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi

Arti dari teks editorial ini sering merepresentasikan semua visi, misi, filosofi dan kebijakan umum tentang penerbitan media pers.

Fungsi Teks Editorial

Fungsi Teks Editorial & Jenis-Jenis Teks Editorial
Fungsi Teks Editorial & Jenis-Jenis Teks Editorial (Foto: Artikelsiana.com)

Melihat peran penting dari teks editorial ini dalam pers dan menyoal perannya dalam mempengaruhi warga dan sampai kebijakan publik.

Menurut Dja’far H. Assegaf (1985:69) bahwa fungsi dari teks editorial adalah suatu tulisan yang faktual dan logis, adapun fungsi teks editorial atau tajuk rencana adalah memiliki 4 fungsi yaitu:

1. Menjelaskan Berita

Dalam fungsi ini, penulis teks editorial bertugas seperti seorang guru yang menjelaskan suatu berita/peristiwa. Misalnya saja tentang kebijakan yang diambil, peran dari penulis teks editorial adalah menjelaskan arti kebijakan yang diambil dan apa akibatnya kepada masyarakat.

Penulis tajuk rencana bebas memberikan arti tersendirinya tentang suatu berita, dengan tentunya menekankan pada argumen yang memiliki data dan kajian tersendiri.

2. Mengisi Latar Belakang

Fungsi teks editorial ini mengenai berita dengan kenyataan-kenyataan sosial lainnya yang mempengaruhinya.

Baca Juga  Pembagian Kekuasaan Negara Secara Vertikal dan Penjelasannya

Dengan memberikan bahan-bahan tambahan yang dikuasai penulis teks editorial sehingga pembaca dapat lebih memahami suatu berita dalam cakrawala baru dan facet-facet yang tadinya tidak terlihat.

3. Meramalkan Masa Depan

Sedangkan untuk fungsi kegiata adalah berkenaan tentang futuris dengan analisisnya, sehingga dapat mencoba memberikan ramalan apa yang akan terjadi oleh sebab itu kita dapat berjaga-jaga atau memanfaatkan sesuatu untuk mengantisipasi masa depan.

4. Meneruskan Suatu Penilaian Moral

sejak lama memang ada anggapan bahwa penulis teks editorial menggambarkan yang terasa oleh hati nurani masyarakat.

Oleh sebab itu, sehingga penulis teks editorial diharapkan memihak dan memberikan penilaian dan argumentasi atas penilaiannya. Selain itu teks editorial memberikan penilaian dan menunjukkan sikapnya atas suatu kejadian.

Jenis-Jenis Teks Editorial

Fungsi Teks Editorial & Jenis-Jenis Teks Editorial (Foto: Artikelsiana.com)
Jenis-Jenis Teks Editorial (Foto: Artikelsiana.com)

Selain mempunyai fungsi, menurut paparan dari Krieghbum (Wijayanti, 2004: 14) bahwa teks editorial atau tajuk rencana memiliki sedikitnya 3 jenis atau bentuk yaitu Argumentatif, Informatif dan Miscellaneous. Yang dimaksud dengan 3 jenis teks editorial itu adalah:

Baca Juga  Nokturnal Adalah, Ciri-Ciri & 13 Contoh Hewan Nokturnal

1. Argumentatif

Teks editorial ini membela suatu sudut pandangan tertentu dan mengajak pembaca untuk berpikir dan bersikap kritis terhadap permasalahan itu yang disajikan atau dibuat untuk membahas dan menganalisa baik buruknya suatu dampak atau pengalaman suatu kebijakan atau kegiatan.

Biasanya, teks editorial jenis ini bersifat imbauan jelas untuk bertindak atau isyarat untuk menggiring pembaca ke arah jalan pikiran yang dikehendaki oleh sang redaktur.

2. Informatif

Yang dimaksud dengan jenis teks editorial ini adalah usaha redaktur untuk memberikan kepada para pembacanya berupa keterangan-keterangan, latar belakang tentang suatu hal atau masalah tertentu.

3. Miscellaneous

Jenis teks editorial ini bersifat interpretasi, penjelasan, atau penggelaran yang dipakai untuk melancarkan proses pembentukan pendapat pembaca yang kompleksitas berita yang disajikan tanpa berusaha untuk memaksakan kesimpulan, prasangka atau pendapatnya.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Teks Editorial & Jenis Teks Editorial. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *