Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Fungsi Mitokondria – Sebagai tema dalam pembahasan kali ini, bahwa organisme memerankan sistem terbuka yang membuat adanya perubahan berupa energi yang didapatkan dari sekitarnya.

Mitokondria terdapat dalam sel eukariotik yang merupakan organel yang berfungsi dan berperan untuk mengubah energi yang dapat dipakai oleh sel untuk bekerja. Fungsi ini, Mitokondria sebagai organel sel tidaklah sendiri melainkan dibantu oleh organel sel kloroplas.

Itulah mengapa yang dimaksud dengan Mitokondria adalah tempat respirasi seluler, proses katabolik yang dapat menghasilkan ATP.

Proses Mitokondria dalam menghasilkan ATP dilakukan dengan mengekstraksi energi dengan menggunakan bahan berupa gula, lemak dan bahan bakar lainnya. Proses Mitokondria dalam mengekstraksi ini membutuhkan bantuan dari oksigen.

Sedangkan untuk temannya yaitu Kloroplas yang hanya bisa ditemukan apda tumbuhan dan algae eukariotik, berfungsi sebagai tempat fotosintetis. Fungsi dari kloroplas ini adalah untuk mengubah energi surya atau matahari menjadi energi kimiawi.

Cara kloroplas mengubah energi itu adalah dengan menyerap matahari dan memakainya untuk menjalakan sintetis senyawa organik dan karbon dioksida dan air.

Namun untuk pembahasan kali ini yang menjelaskan mengenai Mitokondria, maka akan dipersempit hanya untuk membahas mitokondria saja. Bagi yang ingin menemukan Mitokondria bisa melihat di seluruh sel eukariotik. Sebab untuk sel prokariotik, mitokondria tidak ada pada sel itu.

Dalam beberapa kasus, terdapat mitokondria besar tunggal, tetapi yang lebih sering adalah sel yang mempunyai ratusan atau bahkan ribuan mitokondria. Jumlah mitokondria sendiri berkorelasi dengan tingkat aktivitas metabolisme selnya.

Karakteristik atau ciri yang menjadi pembeda organel sel lainnya dengan mitokondria dari segi ukuran dimana ternyata mitokondria memiliki panjang sekitar 1 hingga 10 um. Film yang disajikan dalam waktu yang lama pada sel hidup baik itu pada sel tumbuhan atau sel hewan,

Baca Juga  Pengertian Air Tanah : Apa itu Air Tanah ?.

Ternyata mitokondria tidak diam, Mitokondria bergerak berkeliling, dan berubah-ubah bentuk, dan dapat membelah menjadi dua.

Bentuk dan sifat Mitokondria ini tidak sama dengan silinder statik. Sebab silinder statik terlihat dalam mikrograf elektron sel mati.

Struktur penyusun dari Mitokondrion (tunggal) dibungkus oleh selubung yang terdiri atas 2 macam membran, dimana keduanya merupakan bilayer fosfolipid. Kedua membran yang membungkus mitokondrion ini mengandung protein tertanam yang unik.

Dua Membran itu bisa dibagi dalam membran luar dan membran dalam. Untuk membran luar Mitokondria bersifat halus, tidak sama dengan membran dalam mitokondria yang berlekuk-lekuk. Bentuk melekuk-lekuk ini disebut dengan kista.

Struktur penyusun membran dalam mitokondrion sendiri terbagi atas 2 ruangan internal. Untuk ruangan pertama terdapat ruangan intermembran.

Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan (Foto: Artikelsiana.com)

Bagian mitokondria ini adalah bagian atau daerah yang sempit yang menjadi perantara antara membran dalam dan membran luar.

Sedangkan untuk ruangan kedua pada membran dalam mitokondrion itu terdapat matriks mitokondria yang dibungkus oleh membran dalam.

Telah disebutkan diatas tetnagn proses respirasi seluler sebagai fungsi utama dari Mitokondria baik itu pada sel hewan maupun tumbuhan.

Hubungannya pada ruangan kedua di dalam membran dalam mitokondria terjadi sebagian proses metabolisme respirasi seluler yang berada di dalam matriks.

Sebab struktur penyusun matriks dalam mitokondria memiliki kandungan enzim yang berbeda. Enzim yang berbeda di dalam matriks ini yang kemudian di konsentrasikan.

Baca Juga  Pengertian Tektonisme, Apa itu ?..

Protein lain yang berfungsi dalam repisrasi, termasuk enzim yang membuat ATP sudah ada di dalam bagian mitokondria yaitu di dalam membran dalam.

Hal itu adalah Krista. Disini, Krista pada membran dalam mitokondria berfungsi membuat membran dalam mitokondria memiliki permukaan yang luas. Dengan fungsi Krista ini sehingga dapat meningkatkan produktivitas repisrasi seluler.

Pengertian Mitokondria: Apa itu?

Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan (Foto: Artikelsiana.com)

Secara etimologi, Istilah mitokondria berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu Mitos dan chondros. Arti mitos adalah benang.

Sedangkan untuk arti dari Chondros adalah butir. Mitokondria terdapat dalam sel eukariotik yang dimana tersebar merata dalam sitoplasma, dan biasa juga terdapat di sekitar nukelus atau tepi sel.

Letak dan posisi dari Mitokondria yang ada dalam sitoplasma ini, bukanlah asal-asalan. Sebab, Mitokondria ditempatkan disana, didasarkan dari fungsi mitokondria itu sendiri yang bertugas untuk membuat dan memberi energi.

Sejalan dengan pembahasan kali ini yaitu mengenai Fungsi Mitokondria pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dapat dengan melihat dibawah ini:

Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Struktur Penyusun Mitokondria (Foto: Artikelsiana.com)
Struktur Penyusun Mitokondria (Foto: Artikelsiana.com)

Jumlah mitokondria di dalam sel bermacam-macam bergantung dari jenis organism, jenis sel dan keadaan fisiologi sel. Macam-macam jumlah berkisar antara satu sampai dengan ratusan ribu mitokondria per sel.

Pada Chromulina jumlahnya hanya satu per se, pada sel hati rata-rata 800 per sel, sedangkan pada ovum beberapa landak laut dan juga pada sel amuba Chaos chaos dapat mencapai 500.000 mitokondria per sel.

Baca Juga  Jelaskan Persamaan & Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas

Secara umum sel hewan mengandung lebih banyak mitokondria dari pada sel tumbuhan, karena energi pada sel tumbuhan tidak hanya dihasilkan mitokondria tetapi juga oleh kloroplas.

Pada dasarnya fungsi Mitokondria pada sel hewan dan sel tumbuhan sebenarnya sama melalui apa yang disebut dan dikenal dengan siklus kreps.

Fungsi Mitokondria

Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan (Foto: Artikelsiana.com)

Namun untuk respirasi sel hewan sendiri hanya membutuhkan mitokondria sedangkan untuk sel tumbuhan terdapat 2 yaitu kloroplas dan mitokondria. Adapun fungsi utama dari mitokondria terdiri atas 2 macam yaitu:

  1. Pengubahan energi potensial dalam bentuk makanan menjadi ATP
  2. Tempat terjadinya metabolisme oksidatif menjadi respirasi seluler.

Sedangkan dari adanya organel sel mitokondria, ternyata kehadiran mitokondria juga menjadi fungsi pendukung dari proses yang terjadi dalam sel hewan maupun juga pada sel hewan antara lain:

  1. Menjaga konsentrasi Ion Kalsium dalam berbagai kompartemen sel dengan bertuas sebagai tangki penyimpanan untuk menyimpan ion kalsium.
  2. Membangun bagian tertentu dari darah dan Hormon seperti testosteron dan estrogen.
  3. Mendetoksifikasi Amonia karena enzim mitokondria pada sel-sel hati yang bertugasnya untuk detoksifikasi amonia.
  4. Menjalankan proses Apoptosis atau sel yang jumlah terlalu banyak namun tidak diinginkan akan dipangkas selama perkembangan organisme
  5. Mengawasi pertumbuhan sel dan juga berperan dalam mengawasi diferensiasi sel.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Mitokondria Pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *