Menu

Arti Mimikri Adalah & 5 Contoh Hewan Mimikri

Mimikri – Setiap makhluk hidup di dunia ini tentu memiliki kemampuan dalam bertahan hidup. Kemampuan itu ada diantara hewan yang sama dan ada pula yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Sebab jika tidak memiliki kemampuan dalam bertahan hidup, maka makhluk hidup jumlahnya akan berangsur-angsur berkurang.

Fungsi kemampuan itu untuk bertahan hidup dan untuk perlindungan diri dari hewan pemangsa. Sebab diketahui bahwa terdapat makhluk hidup yang dapat bereproduksi banyak dan ada juga yang bereproduksi sedikit sehingga keturunannyapun juga sedikit.

Ada jenis-jenis makhluk hidup yang bisa hidup lestari dan aman pada lingkungan tertentu. Hal itu didasari dari kemampuan makhluk hidup itu untuk bertahan hidup dengan cara menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Sehingga dengan adanya kemampuan ini, makhluk hidup dapat lolos dari apa yang disebut dengan seleksi alam dan dapat berkembang biak.

Apabila tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya maka makhluk hidup tersebut akan punah seperti halnya dengan hewan yang saat ini banyak yang terancam punah. Kemampuan menyesuaikan ini disebut dengan Adaptasi.

Jadi semakin besar hewan itu bisa beradaptasi, maka kelangsungan hidupnya pun dapat bertahan lama. Hal ini juga menguntungkan bagi macam-macam hewan yang dapat beradaptasi sebab dapat menempati macam-macam habitat atau tempat hidupnya.

Baca Juga  Tugas Dan Wewenang MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat)

Sehingga apabila terdapat ancaman dari manusia atau diambilnya tempat hidup atau habitat hewan itu, namun karena hewan itu mempunyai adaptasi yang besar, maka ia mampu berpindah ke habitat baru yang membuatnya dapat bertahan hidup.

Arti Mimikri Adalah & 5 Contoh Hewan Mimikri
Arti Mimikri Adalah & 5 Contoh Hewan Mimikri (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, terdapat macam-macam adaptasi makhluk hidup yang dibedakan 3 tiga bagian yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi perilaku. Sejalan dengan pembahasan kali ini dimana adaptasi tingkahlaku adalah bentuk penyusuaian diri terhadap lingkungan.

Dalam adaptasi tingkahlaku ini terdiri atas 4 macam adaptasi yaitu mimikri, estivasi, autotomi,dan hibernasi. Namun pada kali ini hanya membahas mengenai Mimikri. Apasih yang dimaksud dengan Mimikri itu?

Pengertian Mimikri: Apa itu?

Arti Mimikri Adalah & 5 Contoh Hewan Mimikri (Foto: Artikelsiana.com)
Arti Mimikri Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Secara etimologi, istilah mimikri berasal dari bahasa Yunani yaitu “mimetiokos”. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan “Imitative”. Apabila dibahasa Indonesiakan “bersifat meniru”.

Sehingga berasal dari kata ini maka Mimikri adalah pemiripan atau peniruan secara fisik atau perilaku oleh spesies terhadap spisies yang lain yang menguntungkan dirinya.

Baca Juga  Pengertian Iklim dan Penjelasannya

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Mimikri adalah teknik manipulasi warna kulit pada binatang. Contoh hewan yang menggunakan kemampuan adaptasi Mimikri adalah bunglon.

Hewan seperti bunglon ini dapat berubah-ubah bergantung dengan warna yang ada disekitarnya. Fungsi kemampuan bunglon ini dapat mengelabuhi binatang predator atau pemangsa sehingga sulit mendeteksi keberadaan bunglon untuk dimangsa.

Apabila bunglon dekat dengan dedaunan hijau maka hal itu akan berubah warna kulit menjadi hijau, jika dekat batang pohon warna coklat, dia juga ikut ganti warna menjadi coklat, dan lain sebagainya.

Contoh hewan yang melakukan mimikri adalah juga kupu-kupu yang melakukan mimikri melalui sayapnya sehingga tidak dapat dimangsa oleh predator lainnya. Selain itu ada masih banyak lagi contoh-contoh hewan yang bisa melakukan mimikri.

Contoh Hewan Mimikri

Adapun contoh hewan yang dapat menggunakan mimikri tidak hanya dilakukan oleh bunglon melainkan ada banyak yang bisa juga mempunyai kemampuan mimikri. Contoh-contoh hewan itu adalah:

1. Mimikri Katak Pohon Pasifik

Arti Mimikri Adalah & 5 Contoh Hewan Mimikri (Foto: Artikelsiana.com)
Contoh Hewan Mimikri yaitu Katak Pohon Pasifik (Foto: Artikelsiana.com)

Katak Pohon Pasifik yang dapat mengubah warnanya. Habitat katak ini ada di Amerika Utara, yang mempunyai kemampuan mimikri dengan berubah warna selama 1 hingga 2 menit.

Baca Juga  Pengertian Hutan, Jenis-Jenis Hutan dan Manfaat

2. Mimikri Kumbang Kura-Kura Emas

Arti Mimikri Adalah & 5 Contoh Hewan Mimikri (Foto: Artikelsiana.com)
Contoh Hewan Mimikri yaitu Kumbang Kura-Kura Emas (Foto: Artikelsiana.com)

Kumbang kura-kura emas merupakan hewan yang bisa mengubah warnanya saat mengalami gelisah, atau pada masa kawin dan juga apabila adanya yang menyentuhnya. Perubahannya dari emas menjadi merah cerah.

3. Mimikri Gurita Penyamar

Arti Mimikri Adalah & 5 Contoh Hewan Mimikri
Contoh Hewan Mimikri yaitu Gurita Penyamar (Foto: Artikelsiana.com)

Gurita Penyamar atau Thaumoctopus mimicus ini dapat meniru makhluk laut seperti ubur-ubur, lionfish, ikan pari dan ular laut. Caranya hanya dengan memilih warna makhluk laut yang ingin ditirunya. Ini dilakukan untuk menghindari predator dan mencari mangsa.

4. Mimikri Ikan Sebelah

Arti Mimikri Adalah & 5 Contoh Hewan Mimikri (Foto: Artikelsiana.com)
Contoh Hewan Mimikri yaitu Ikan Sebelah atau Flounder (Foto: Artikelsiana.com)

Ikan sebelah atau ikan flounder adalah ikan yang bisa berubah warna. Ikan ini berwarna asli coklat. Uniknya, ikan sebelah bisa berubah warna bergantung dari situasi tempat yang ada disekitarnya.

Demikianlah informasi mengenai Arti Mimikri Adalah dan Contoh Hewan Mimikri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *