Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Arti Autotomi Adalah & Contoh Hewan Autotomi

Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan dan bertahan yang beragam. Ada makhluk hidup dengan populasi yang terus berkurang.

Ini disebabkan karena adanya ketidakmampuan dalam melindungi predator atau pemangsa. Sedangkan untuk hewan yang memiliki kemampuan dalam melindungi dirinya, tentunya mempunyai keturunan yang banyak.

Kemampuan yang dimiliki hewan tidak hanya berkaitan dengan melindungi diri dari pemangsanya, melainkan juga kemmampuan dalam menjaga kelangsungannya dalam lingkungan yang baru.

Ketika terdapat hewan yang kurang mampu bertahan dalam lingkungan yang berubah-ubah, maka mereka akan bisa punah, begitupula sebaliknya.

Dengan macam-macam kemampuan hewan ini baik dalam melindungi diri dan kemampuan dalam menjaga kelangsungannya ketika lingkungan terus berubah-ubah dikenal dengan adaptasi.

Baca Juga  Pengertian Kondensasi, Proses Terjadinya & Contoh Kondensasi

Secara umum, terdapat 3 jenis adaptasi yang dibedakan yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi perilaku.

Sebelum itu, apasih yang dimaksud dengan adaptasi itu?. Arti dari adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup.

Pada paragraf sebelumnya telah dijelaskan mengenai jenis-jenis adaptasi, untuk arti adaptasi morfologi adalah bentuk adaptasi pada makhluk hidup yang berkaitan dengan bentuk organ tubuh bagian luarnya.

Untuk arti adaptasi fisiologi adalah kemampuan adaptasi yang berkaitan dari luar diri makhluk hidup yang berkaitan dengan fungsi organ tubuh bagian dalam.

Sedangkan adaptasi terakhir yaitu adaptasi perilaku atau disebut juga dengan adaptasi behavioral adalah adaptasi yang berkaitan perubahan tingkah laku dalam menyesuaikan lingkungannya sehingga dapat tetap terjaga.

Baca Juga  Nokturnal Adalah, Ciri-Ciri & 13 Contoh Hewan Nokturnal

Sejalan dengan pembahasan kali ini mengenai adaptasi perilaku, terdapat beberapa jenis diantaranya yaitu salah satunya adalah Autotomi. Apasih yang dimaksud dengan Autotomi itu?

Pengertian Autotomi: Apa itu?

Arti Autotomi Adalah & Contoh Hewan Autotomi
Arti Autotomi Adalah & Contoh Hewan Autotomi (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, yang dimaksud dengan autotomi adalah kemampuan hewan dalam melindungi diri dengan cara memutuskan ekornya.

Contoh Hewan Autotomi

Hewan yang memiliki kemampuan dalam melindungi diri menggunakan autotomi adalah cecak. Mengapa contoh hewan yang menggunakan autotomi adalah cicak.

Sebab cecak adalah hewan ketika mencari makanan seperti nyamuk dan ternyata pada saat mencari makanan tersebut dikejar oleh pemangsa contohnya semisal kucing atau predator lainnya. Cara cecak melepaskan diri adalah dengan secara mendadak memutuskan ekornya.

Baca Juga  Pengertian Virus dan Ciri-Ciri Virus Dalam Ilmu Biologi

Kemampuan itu tidak berhenti disitu saja, sebab apabila hanya memutuskan ekornya, tidak mungkin akan bisa melindungi diri dari predator.

Namun, pada saat cicak memutuskan ekornya, ternyata masih bergerak-gerik kekiri kekanan atau bawah ke atas sehingga perhatian pemangsa dapat tertujuk pada ekor yang bergerak itu.

Demikianlah informasi mengenai Arti Autotomi Adalah & Contoh Hewan Autotomi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *