Menu

5 Fungsi Pidato & Metode-Metode Yang Dipakai Dalam Berpidato

Pada umumnya, untuk menghasilkan pidato yang baik dan benar, membutuhkan persiapan dan pematangan diri sebelum berpidato naik ke panggung.

Sebab apabila dilakukan tanpa persiapan fungsi dan tujuan pidato tidak dapat tersampaikan baik itu berupa gagasan ataupun ide dan pesan yang ingin disampaikan diatas panggung tempat anda berpidato.

Ada banyak persiapan-persiapan yang perlu dimatangkan, tidak hanya mengenai bahan pidato, juga mengenai isi pidato yang akan disampaikan.

Akan tetapi, juga melakukan persiapan diri yang terdiri atas persiapan fisik apalagi juga mempersiapkan mental sebelum berpidato dan saat berpidato.

Sebab tidak sedikit fakta yang ada dilapangan dimana terdapat beberapa orang yang saat akan berpidato mengalami kecemasan saat berkomunikasi.

Dampak ini, bisa menghancurkan hal-hal yang telah dipersiapkan sebelumnya, dan kecemasan juga mampu untuk menghilangkan kepercayaan diri.

Betapapun bagusnya yang akan disampaikan dalam pidato, ketika tidak ada kepercayaan yang tertanama dalam diri, maka tetap saja apa yang disampaikan saat berpidato tidak akan tersampaikan baik oleh para pendengar.

5 Fungsi Pidato & Metode-Metode Yang Dipakai Dalam Berpidato (Foto: Artikelsiana.com)
5 Fungsi Pidato & Metode-Metode Yang Dipakai Dalam Berpidato (Foto: Artikelsiana.com)

Namun tidak ada cara dalam menghilangkan kecemasan itu saat berpidato dan tidak cara dalam meningkatkan kepercayaan diri saat berpidato, ada banyak teknik-teknik atau metode yang bisa dilakukan sehingga fungsi dari pidato bisa terlaksanakan.

Baca Juga  Apa Saja Yang Menyebabkan Rendahnya Kesadaran Membayar Pajak? Ini Alasannya

Fungsi Pidato

5 Fungsi Pidato & Metode-Metode Yang Dipakai Dalam Berpidato (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Pidato (Foto: Artikelsiana.com)

Sedangkan bertujuan memberitahukan (menambah pengetahuan pendengar), mempengaruhi (agar orang lain mempercayai sesuatu) dan menghibur. Ternyata pidato juga berfungsi dalam:

  1. Untuk mempengaruhi banyak orang dalam tempat dan waktu yang singkat.
  2. Untuk memudahkan dalam komunikasi antara atasan dengan bawahan.
  3. Untuk memudahkan komunikasi antara sesama anggota suatu organisasi.
  4. Menciptakan keadaan yang kondusif dimana cukup 1 orang saja yang melakukan orasi itu.
  5. Untuk menyampaikan gagasan ide dan pesan yang dapat memudahkan banyak orang tertarik.

Metode Berpidato

5 Fungsi Pidato & Metode-Metode Yang Dipakai Dalam Berpidato (Foto: Artikelsiana.com)
Metode-Metode Yang Dipakai Dalam Berpidato (Foto: Artikelsiana.com)

Sebenarnya ada banyak metode yang dapat dipakai dalam berpidato yang biasa dilakukan oleh para petinggi, pemimpin bangsa dan negara yang ada didunia.

Adapun hasil dari rangkuman penulis mengenai metode atau teknik teknik berpidato agar dapat lancar dan fungsi dan tujuan pidato dapat tersampaikan dapat dilihat dibawah ini:

Baca Juga  Pengertian Parafrasa Adalah, Jenis & Ciri-Ciri Parafrasa

1. Metode Menghafal

Metode yang membuat suatu rencana pidato lalu mengingatkan perkata, yang dipersiapkan secara lengkap sebelum menyampaikan pidato, kemudian dihafal kata demi kata.

Penggunaan metode ini memiliki keuntungan dan keunggulan tersendiri yang dapat melatih pemahaman sebelum menghafal teks pidato yang akan disampaikan.

Selain itu, metode ini akan membuat pembicara lebih terfokus dengan teks yang telah dihafal dan audience yang dihadapi.

2. Metode Serta-Merta

Metode ini adalah metode yang digunakan tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman serta wawasan. Penggunaan metode ini hanya sesaat dalam keadaan terdesak atau pada ruang-ruang tertentu yang mengharuskan seketika itu bersiap dalam menyampaikan pidato sehingga menguji nyali bagi orator untuk mampu memilih topik yang tepat.

Metode ini memang memiliki keuntungan tersendiri sebab dapat memacu diri, selain itu kerugiannya adalah sulit untuk menyempitkan pembicaraan dan data-data yang digunakan berdasarkan kaca mata orator atau orang yang berpidato atau datanya tidak terbarukan hanya berdasarkan dari ingatan yang ada.

Baca Juga  Pengertian Frasa, Ciri, Jenis-Jenis, Contoh & Frasa Menurut Para Ahli

3. Metode Naskah

Metode Naskah adalah berpidato dengan memakai naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi. Pembicara menyampaikan pidato dengan membacakan naskah yang telah ditulis, baik oleh diri sendiri maupun orang lain.

4. Metode Tanpa Persiapan Naskah

Metode Tanpa Persiapan Naskah adalah metode yang dipakai tanpa persiapan yang lengkap sehingga perlu persiapan khusus berupa kerangka pembicaraan atau catatan penting.

Uraian yang akan dibawakan pada metode ini direncanakan dengan cermat dan dibuat catatan yang penting, yang sekaligus menjadi urutan bagi uraian itu. Catatan-catatan ini hanya digunakan untuk mengingat urutan-urutan idenya.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Pidato dan Metode Dalam Berpidato. Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman sekalian dalam berpidato agar menjadi orator ulung yang dapat mempengaruhi masyarakat dan teman-teman sekitar anda terlebih dahulu ke jalan yang baik dan benar. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *