Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Teori Harga dan Konsep Harga Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian harga adalah nilai suatu barang atau jasa yang diukur berdasarkan dari jumlah uang yang dikeluarkan oleh pembeli dengan tujuan mendapatkan sejumlah kombinasi dan barang atau jasa. 

Selain itu terdapat faktor non harga yang juga berperan penting dalam perilaku memilih pembeli pada dasawarsa (10 tahun) ini.

Tidak hanya itu, jika didefinisikan dalam arti yang sempit, harga (price) adalah jumlah uang yang dibebankan atas suatu barang maupun jasa.

Hal ini juga menjadi elemen bauran pemasaran agar mendapatkan pendapatan semua elemen lainnya hanya dengan mewakili harga.

Selain itu bersifat fleksibel dari bauran pemasaran tidak sama dengan sifat produk dan komitmen  pada jalur distribusi.

Olehnya itu, harga dapat berubah-ubah dengan cepat. Demikian ini sama dengan penetapan harga. Selain itu sebagai problem utama sebagai persaingan harga yang sering dihadapi oleh perusahaan pemasaran. 

Sebab ukuran bagi konsumen adalah harga, maksudnya ia mengalami hal yang sulit untuk memberikan penilaian mutu produk yang menyeluruh ditawarkan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan,

Ketika barang yang menjadi keinginan bagi konsumen adalah barang berkualitas mutu baik, maka harga tersebut juga mahal.

Begitu pula dalam arti sebaliknya, ketika yang diinginkan kosumen hanyalah kualitas yang tidak terlalu baik atau biasa saja, maka tentunya harganya tidak terlalu mahal.

Baca Juga  Pengertian Marketing, Tugas, Fungsi, Tujuan, & Maksud Menurut Para Ahli

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa kunci dari sistem perdagangan bebas adalah harga. Perlu diketahui bahwa harga pasar sebuah produk dapat mempengaruhi upah, sewa, bunga, dan laba.

Sehingga dapat disebutkan bahwa harga sebuah produk mempengaruhi biaya faktor-faktor produksi tenaga kerja, tanah, modal dan kewiraswastaan.

Jadi dengan demikian, harga adalah alat pengukur utama yang sifatnya dasar pada sistem ekonomi. Sebab harga dapat mempengaruhi adanya alokasi faktor-faktor produksi. Upah kerja yang tinggi memikat tenaga kerja, tingkat bunga yang tinggi menarik modal dan seterusnya.

Dalam peranannya sebagai diproduksi (penawaran) dan siapa yang akan memperoleh beberapa banyak barang atau jasa yang diproduksi (permintaan).

Teori Harga dan Konsep Harga Menurut Para Ahli
Teori Harga dan Konsep Harga Menurut Para Ahli

Teori Harga Menurut Para Ahli

Adapun teori-teori tentang harga yang disampaikan oleh para ahli ialah sebagai berikut.. 

1. Menurut William J. Stanton

Menurut William J. Stanton bahwa teori tentang harga ialah jumlah uang yang kemungkinan ditambah beberapa barang yang dibutuhkan untuk mendapatkan beberapa varian sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya.

Baca Juga  4 Metode Penepatan Harga dan Contoh Penepatan Harga

2. Menurut Jerome Mc Cartgy

Teori harga menurut Jerome Mc Cartgy mengatakan bahwa harga ialah sesuatu yang dibebabankan untuk sesuatu.

3. Menurut Philip Kotler 

Menurut teori harga berdasarkan dari tanggpan Philip Kotler bahwa harga ialah sejumlah nilai atau uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa untuk jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat harga yang telah menjadi faktor penting yang mempengaruhi pilihan pembeli, hal ini berlaku dalam negara miskin.

3. Menurut Tjiptono

Menurut Tjiptono ialah untuk menjadi sukses dalam memasarkan suatu barang atau jasa, maka setiap perusahaan berupa untuk menetapkan harganya secara tepat.

Selain itu, Tiptono mengatakan bahwa harga satu-satunya unsur bauran pemasaran yang dapat memberikan pemasukan begitupula sebagai pendapatan bagi perusahaan.

Olehnya itu, Tjiptono mengatakan terdapat 3 unsur lainnya yang perlu diperhatikan seperti produk, distribusi, dan promosi.

Unsur ini dapat membuat timbulnya biaya (pengeluaran). Selain itu, harga merupakan unsur bauran pemasaran yang bersifat fleksibel, sehingga dapat diubah dengan cepat.

Menurut Tjiptono bahwa harga dapat dipadankan dengan hal lain misalnya iuran, tarif, sewa, bunga, premium, komisi, upah, gaji, honor, SPP, dan sebagainya.

Baca Juga  5 Fungsi dan Tujuan Penepatan Harga Perlu Anda Ketahui Sebelum Berdagang

Dilihat dari sudut pandangnya misalnya harga seperti pemasaran, harga juga ialah satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa.

Konsep Harga

Menurut tangggapan dari Buchari Alma yang melampirkan bahwa teori ekonomi, pengertian harga, nilai dan utility ialah konsep yang berhubungan dengan penetapan harga. Yang dimaksud dengan utility dan value sebagai berikut:

1. Utility

Utility adalah suatu atribut yang melekat pada suatu barang, yang memungkinkan barang tersebut memenuhi kebutuhan (needs), keinginan, dan memuaskan konsumen.

2. Value

Value adalah nilai suatu produk untuk ditukar dengan produk lain, nilai ini dapat dilihat dalam situasi barter yaitu ditukar dengan produk lain. Nilai ini dapat dilihat dalam situasi barter yaitu pertukaran barang dengan barang. Sekarang ini kegiatan perekonomian tidak melakukan barter lagi tetapi telah menggunakan uang sebagai ukuran yang disebut harga (price) adalah nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang.

Demikianlah informasi mengenai Teori Harga dan Konsep Harga Menurut Para Ahli. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *