Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Apa Perbedaan Komponen Biotik & Abiotik Ekosistem Laut Dengan Air Tawar

Terdapat 85% air yang menutupi bumi. Sehingga dapat dibayangkan betapa banyaknya organisme yang terdapat di dalam air baik itu laut atau samudera atau yang ada ddaratan seperti sungai, danau, teluk atau anak sungai.

Hal itu sehingga terbentuklah ekosistem. Yang dimaksud dengan Eksosistem adalah ekologi yang terdapat hubungan interaksi antara mahluk hidup dengan lingkungan.

Secara umum ekosistem dibedakan menjadi 2 jenis yaitu terestrial (ekosistem darat) dan ada yang dikenal dengan akuatik (ekosistem perairan).

Tidak hanya itu, merujuk pada pembahasan ini ternyata Akuatik terbagi ke dalam 2 bagian lagi yaitu ekosistem air tawar dan ekosistem air laut.

Apa Perbedaan Komponen Biotik dan Abiotik Ekosistem Laut Dengan Ekosistem Air Tawar

Apa Perbedaan Komponen Biotik & Abiotik Ekosistem Laut Dengan Air Tawar
Apa Perbedaan Komponen Biotik & Abiotik Ekosistem Laut Dengan Air Tawar

Yang dimaksud dengan ekosistem air tawar dan ekosistem air laut yang apabila mencari perbedaannya dapat dengan melihat definisi dan juga pada komponen abiotik dan komponen biotiknya sebagaimana dalam pembahasan kali ini.

Ekosistem Air Laut

Yang dimaksud dengan Ekosistem air laut adalah ekosistem air dengan kadar garam tinggi. Ekosistem ini berada di laut dengan pergerakan air yang dipengaruhi oleh arah angin.

Ekosistem laut juga mempunyai suhu bermacam-macam. Demikian ini tergantung dari kedalamannnya. Ekosistem air laut dibedakan menjadi 4 yaitu ekosistem laut dalam, ekosistem pantai pasir, ekosistem terumbu karang dan ekosistem estuari.

Komponen Abiotik

Yang dimaksud dengan komponen abiotik dalam ekosistem laut ialah:

1. Air

Air tentu menjadi faktor utama terbentuknya ekosistem ini. Air merupakan komponen utama dari laut (96%) sementara sisanya ialah garam mineral.

Baca Juga  Fungsi Hati Sebagai Alat Ekskresi

2. Suhu

Komponen abiotik pada ekosistem laut ternyata memiliki suhu yang tidak merata. Ini terjadi dari kedalaman laut itu sendiri.

3. Cahaya

Matahari ialah sumber cahaya bagi kehidupan di laut. Akan tetapi, sinarnya tidak dapat menembus laut pada kedalaman tertentu.

4. Kadar Garam Atau Mineral

Memiliki kandungan mineral lebih tinggi dibandingkan air dan Garam dapur (nacl) adalah salah satu mineralnya. Hal ini mempengaruhi di laut sebab tingkat dehidrasi yang tinggi diakibatkan tingginya kadar garam pada air.

Dampak dari hal ini membuat ikat laut akan banyak meminum dan sedikit mengeluarkan urin yang apabila berlebihan akan dibuang melewati insang secara difusi atau melalui urine.

5. Kadar oksigen

Ternya laut juga memiliki oksigen, namun dalam bentuk terlarut bersama partikel air sehingga berpengaruh pada sistem pernapasan pada hewan laut. Hal itu dilakukan melalui proses difusi melewati kulit atau melewati insang.

6. Kedalaman

Dasar laut merupakan daratan yang terendam laut. Kedalaman laut ditinjau atas dasar laut yang ditemukan. Kedalaman ini membentuk zonasi yang membedakan laut seperti Zona litoral, Zona neritik, Zona batial, Zona abisal.

Komponen Biotik

Yang dimaksud dengan komponen biotik dari ekosistem laut ialah:

1. Produsen

Kelompok ini adalah awal rantai makanan. Dalam laut dikenal kelompok alga uiseluler dan multiseluler yang berguna untuk menghasilkan senyawa organik (glukosa) dan oksigen dari reaksi fotosintesis.

2. Konsumen

Ada banyak jenis kelompok konsumen dalam komponen biotik ekosistem laut dimana terdapat hewan invertebrata sampai ke hewan vertebrata. Selain itu ekosistem laut mempunyai kekayaan hayati yang tinggi. Dibanding di daratan, jumlah organisme yang hidup di laut lebih banyak dan beragam.

Baca Juga  [Jawaban] Jelaskan Pembentukan BPUPKI? Ini Penjelasan Sejarah BPUPKI

3. Dekomposer

Dekomposer yang ditemukan di laut adalah kelompok bakteri dan juga protista mirip jamur (oomycota dan mycota).

Dekomposer penting bagi kehidupan di laut untuk menguraikan bangkai organisme yang mati, dan sebagai kunci rantai makanan detritur yang terbentuk di lautan dalam (di dalam laut dalam tidak terdapat produsen).

Ekosistem Air Tawar

Air tawar identik dengan kadar garam yang rendah. Jadi ekosistem air tawar adalah ekosistem akuatik yang memiliki konsentrasi garam yang rendah.

Asal usul munculnya ekosistem akuatik air tawar adalah terbentuk dari sumber mata air bawah tanah. Sehingga dengan kondisi tersebut sangat menentukan komponen biotik yang mampu bertahan hidup di dalamnya.

Ekosistem air tawar muncul atau dibentuk dari sumber air di bawah tanah. Dengan karakteristik abiotik yang demikian tentu sangat menentukan komponen biotik yang mampu bertahan hidup.

Komponen Biotik dan Abiotik

Dalam hal pembagian jenis organisme antara ekosistem darat dengan ekosistem air tidak ada perbedaannya. Yakni juga memiliki komponen produsen, konsumen, pengurai (dekomposer) dan abiotik. Di bawah ini akan kami jelaskan satu per satu.

Komponen Biotik

Yang dimaksud dengan komponen biotik yaitu organisme yang hidup dalam Ekosistem Air Tawar ialah:

Produsen

Dalam ekosistem perairan yang bertugas sebagai produsen adalah kelompok alga atau ganggang sehingga warna air danau atau kolam berubah. Seperti berubah warna jadi hijau pekat, hitam dan lainnya.

Baca Juga  Letak Astronomis Malaysia & Letak Geografis Malaysia (Gambar Peta)

Selain itu terdapat mikroorganisme di permukaan laut dikenal plankton. Kehadiran bermanfaat bagi hewan air tawar sebagai sumber makanan bagi ikan.

Jenis plankton yang tergolong produsen ialah fitoplankton sebab mampu membuat makanan sendiri melalui fotosintesis (autotrof). Selain itu jenis ini tergolong tumbuh-tumbuhan yang memiliki klorofil.

Konsumen

Sedangkan yang bergerak sebagai komponen konsumen ekosistem perairan ialah zooplankton. Selain zooplankton, konsumen pada ekosistem abiotik berupa ikan-ikan kecil dan besar. Misalnya saja konsumen perairan adalah keong, cscing dan semua jenis hewan bertulang belakang.

Pengurai

Yang dimaksud dengan Komponen pengurai sistem ekosistem perairan terdiri dari bakteri dan jamur. Sehingga seluruh bahan sisa dari tumbuhan atau hewan mati akan terurai oleh bakteri dan jamur di perairan.

Setelah itu diuraikan kembali menjadi zat anorganik yang bermanfaat untuk dipakai lagi oleh oleh produsen (zooplankton) untuk diolah menjadi makanan.

Komponen Abiotik

Abiotik ialah komponen non organisme. Sehingga unsur yang bekerja dalam ekosistem perairan ini adalah air, udara, sinar matahari dan suhu. Perannya merupakan syarat tumbuh dan berkembangnya organisme adanya cahaya dan air.

Demikianlah informasi mengenai Apa Perbedaan Komponen Biotik dan Abiotik Ekosistem Laut Dengan Ekosistem Air Tawar. Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan teman-teman dan tentunya bermafaat. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *