Menu

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata, Fungsi, Jenis & Contoh Aplikasinya

Peran informasi digital yang kini banyak dibutuhkan oleh setiap orang, membuat arus informasi semakin kuat di dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Melihat sejarah, dulu buku menjadi sumber utama dalam mencari informasi, dan untuk era saat ini, mesin pelacak atau search engine menjadi alat yang penting untuk melacak suatu informasi.

Dengan adanya penggunaan kata kunci ini pada mesin pelacak membuat orang-orang dapat dengan mudah untuk mendapatkan informasi yang cepat dan tepat.

Tidak hanya untuk melacak suatu informasi, melainkan hasil dari pelacakan ini membantu setiap orang untuk ditindaklanjuti dan dalam mengolah informasi ini bisa dikomunikasikan atau disajikan.

Umumnya, perangkat lunak ini digunakan untuk mengolah informasi sebagia hasil pencarian. Sebab pengolah kata, angka, dan presentasi ini membutuhkan komunikasi, presentasi informasi ini yang telah diolah dapat membantu dalam memperhatikan efektivitas dari tampilan dokumen.

Dengan menggunakan konsep atau gagasan secara efektif yang jelas dan lugas, membuat bahasa mudah untuk dipahami.

Agar hal itu dapat berjalan baik, maka dibutuhkan peran perangkat lunak pengolah kata agar dapat mudah dipahami dan diketahui oleh searc engine.

Sebab perangkat lunak pengolah kata pada komputer memiliki peran penting. Sebab fungsi dan manfaat ditawarkan dari banyak aplikasi pengolah kata hampir digunakan dalam aktivitas sehari-hari, apalagi yang bestatus pelajar dan sedang bekerja di kantoran.

Perangkat lunak atau biasa disebut Sofware pengolah kata ini, memiliki banyak jenis-jenis yang ditawarkan.

Walaupun secara umum memiliki fungsi yang sama untuk mengolah kata, akan tetapi terdapat keunggulan atau keuntungan dalam setiap penggunaan aplikasi pengolah kata.

Tidak hanya dalam mengolah kata saja, tapi ada juga perangkat lunak yang dapat memasukkan atau mengolah angka secara khusus. Untuk pembahasan ini, hanya sebatas menginformasikan mengenai perangkat lunak pengolah kata.

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata, Fungsi, Jenis & Contoh Aplikasinya
Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata, Fungsi, Jenis & Contoh Aplikasinya

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian perangkat lunak pengolah kata adalah aplikasi komputer yang dipakai untuk pekerjaan berhubungan membuat tulisan misalnya buletin, buku, laporan, dokumen, surat, makalah, brosur, dan lain sebagainya.

Biasanya dalam perangkat lunak pengolah kata, tidak hanya menawarkan untuk mengolah tulisan-tulisan saja, akan tetapi terdapat fungsi-fungsi lainnya seperti mengolah symbol, diagram, objek dan tabel.

Baca Juga  Fungsi Storyboard & Tujuan Membuat Storyboard

Sebab dalam mengolah kata, atau tulisan biasanya terdapat simbol tabel, objek dan diagram. Misalnya saja, bagi para peneliti, siswa dan mahasiswa apalagi bagi para pekerja kantoran, untuk fungsi-fungsi ini memang sangat dibutuhkan dan untuk melampirkannya ke dalam laporan dan karya tulis ilmiah.

Fungsi Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata memiliki banyak sekali fungsi, antara lain:

  1. Menyunting dan melakukan pemformatan pada dokumen.
  2. Memberikan hiasan/bingkai pada sebuah dokumen.
  3. Mencetak dokumen.
  4. Mengarsipkan sebuah tulisan.
  5. Penulisan digital.
  6. Untuk kepentingan kepenulisan perusahaan, dan lain sebagainya.
  7. Membuat Cover.

Macam-Macam Perangkat Lunak Pengolah Kata

Sebagaimana penjelasan diatas bahwa perangkat lunak pengolah kata memiliki beragam jenis yang setiap jenisnya memiliki keunggulan atau kelebihan masing-masing yang ditawarkan dan ada pula yang memiliki kesamaan dalam penggunaannya.

Berikut ini terdapat beberapa aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan misalnya saja Microsoft Word, OpenOffice Writer, Lotus Word Pro, dan Wordperfect…

1. Microsoft Word

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata, Fungsi, Jenis & Contoh Aplikasinya
Microsoft Word

Yang dimaksud dengan Microsoft Word ialah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft yang di bundle menjadi satu dalam paket Microsoft Office, yang isinya seperti Microsoft Outlook, Microsoft Access, Microsoft Office, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Publisher, dan lain sebagainya.

Microsof Word mempunyai banyak fitur yang lengkap, dan mudah untuk dipakai, serta diintegrasikan misalnya saja dalam Power Point.

Walaupun memiliki banyak keuntungan dan penggunanya juga disetiap laptob ada banyak yang mengfungsikan perangkat lunak pengolah kata ini,

Tetap masih juga ada kekurangannya sebab memiliki harganya yang lumayan mahal. Sehingga banyak yang beralih ke aplikasi yang sifatnya freeware atau opensource.

2. Lotus Word Pro

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata, Fungsi, Jenis & Contoh Aplikasinya
Perangkat Lunak Pengolah Kata Lotus Word Pro

Diketahui perangkat lunak Lotus Word Pro adalah perangkat yang dikembangkan oleh IBM di bundle bersama Lotus 123.

Selain itu, perangkat lunak pengolah kata ini adalah pengolah angka yang sejenis dengan Microsoft Excel yang dikeluarkan dalam paket Lotus Smartsuite. Lotus Word Pro dapat dijalankan di komputer Windows.

Yang membedakan perangkat lunak pengolah angka ini dengan yang lainnya dimana Lotus Word Pro mempunyai kelebihan dapat membuka dan menjalankan file dokmen dari Microsof Word.

Kelebihan ini sehingga tidak terdapat halangan untuk melakukan pertukaran dokmen dan juga mempunyai fitur-fitur yang terupdate yang menguntungkan untuk meningkatkan produktivitas.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Folder? Begini Pengertian Folder Itu

Lotus word Pro memungkinkan agan untuk mendiktekan secara langsung teks-teks yang ingin agan ketik.

Lotus Word Pro juga dilengkapi dengan fasilitas Helpfull Menu Finder yang dapat membantu agan dalam menemukan seluruh perintah yang sesuai dengan perintah wordperfect.

Kelebihan software ialah dapat dipakai menuliskan bahasa HTML, dimana agan tidak dapat melakukan hal ini di Microsoft Word.

3. Corel Word Perfect

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata, Fungsi, Jenis & Contoh Aplikasinya
Perangkat Pengolah Kata Corel: Word Perfect Office

Corel Word Perfect ialah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Corel yang dioperasikan pada sistem operasi Windows.

Keuntungan dari menggunakan Corel Word Perfect ini sangatlah mudah apalagi yang biasa memakai Corel Word Perfect.

Keunggulana memakai perangkat lunak pengolah kata membuat anda dapat bekerja berdampingan dengan memakai Microsoft Office.

Sebab dapat membuka file Microsoft PowerPoint, Microsoft Word, dan Microsoft Excel. Dari harga juga relatif lebih murah, harga Corel Word Perfect hanya setengah dari Microsoft Office.

4. Abi Word

Abi Word adalah aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, QNX, Solaris, dan FreeBSD.

Aplikasi pengolah kata Abi Word dapat menjalankan dan merubah berbagai file dokumen dari Open Office, Microsoft Word, Word Perfect, Rich Text Format (rtf), HTML, dan lain sebagainya.

Pada software Abi Word juga dilengkapi fitur misalnya saja dvanced document layout options yang memungkinkan agan untuk membuat dokumen dengan tampilan yang lebih professional dan elegan.

Abi Word sudah mendukung banyak bahasa, lebih dari 30 bahasa. Abi word memiliki kemiripan dengan Microsoft word yang memiliki fitur mail merge yang dapat melakukan automasisasi pekerjaan untuk memuat surat.

Satu kelebihan dari perangkat lunak pengolah kata Abi Word ini adalah ukuran programnya yang sangat kecil dan ringan. Sehingga cocok untuk dipakai pada komputer kelas menengah kebawah.

5. KWord

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata, Fungsi, Jenis & Contoh Aplikasinya
Perangkat Lunak Pengolah Kata KWORD

Kword adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata gratis terbaik dan merupakan proyek dari KOffice yang bekerja pada lingkungan Desktop Environment.

Kword didesain untuk dapat digunakan pada banyak platform sistem operasi. KWord dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Macintosh.

Baca Juga  Pengertian Flashdisk, Fungsi, Jenis, Cara Kerja Flashdisk & Sejarahnya

Pengembangan perangkat lunak pengolah kata ini dimulai pada awal tahun 1998 dengan frame yang dibuat oleh FrameMarker, hingga pada awal tahun 2000-an KWord menjadi kurang terpelihara dan akhirnya mulai ditinggalkan oleh para penggunanya.

Semua fitur yang ada di Kword sama dengan yang ada pada program aplikasi pengolah kata pada umumnya, namun sangat disayangkan aplikasi ini masih kalah populer dengan produk perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft.

6. Star Office Writer

Yang dimaksud dengan Star Office Writer adalah perangkat lunak pengolah kata sebab mempunyai fitur yang lengkap dan gratis serta bersifat open source.

Apabila berpikir bahwa fitur yang ditawarkan aplikasi atau perangkat lunak pengolah kata ini tidak baik, maka pikiran itu harus segera di hilangkan sebab walaupun perangkat gratis, ternyata kemampuannya tidak kalah dengan Microsoft Word dan perangkat lunak pengolah kata lainnya.

Bahkan ternyata dapat membuka file dari Microsoft Word dan Corel Word Perfect, sehingga sangat fleksibel. Sebab sifatnya yang open source, membuat perangkat lunak ini mudah dikembangkan.

Bahkan saat ini telah menjadi menjadi perangkat lunak multiplatform yang bisa berjalan di berbagai sistem operasi misalnya saja Windows, Linux, Solaris, dan MacOS.

Bahkan sudah tersedia banyak sekali contoh resume surat, fax, dan lain sebagainya untuk panduan yang memudahkan agan untuk menulis.

7. Open Office Writer

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata, Fungsi, Jenis & Contoh Aplikasinya
Perangkat Lunak Pengolah Kata Open Office Writer

Yang dimaksud dengan perangkat lunak pengolah kata dalam hal ini Open Office Writer ialah perangkat lunak pengolah kata yang sifatnya opensource sehingga dapat dipakai secara gratis.

Aplikasi dengan fitur fleksibel dapat membuka file dari pengolah kata lain misalnya saja *.doc, *.rtf, dan *.odt. Bahkan juga dapat mengkonversi dokumen ke format PDF (Portable Document Format).

Walaupun perangkat lunak pengolah kata ini gratis, tetapi memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dengan yang versi berbayar, misalnya saja fitur AutoFormat, Styles and formatting, Indexing, Bibliographical references, Illustrations, AutoCorrect, AutoComplete, Text Frames and Linking, Table of Content, dan Tables.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata, Fungsi, Jenis & Contoh Aplikasinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *