Menu

Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan & Kekurangan Monopoli

Secara umum, pengertian Monopoli ialah situasi pasar dimana terdapat satu atau segelintir perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu yang tidak memiliki pengganti yang mirip dan ada hambatan bagi perusahaan atau pengusaha lain untuk masuk dalam bidan industri atau bisnis tersebut.’

Sehingga pasar dikuasai dari segelintir perusahaan, sedangkan untuk pihak lain sulit untuk masuk didalamnya. Pasalnya, kebanyakan didalamnya tidak dapat persaingan yang berarti.

Biasanya, perusahaan monopoli cenderung disebut jelek sebab menekankan pada perolehana keuntungan yang melebihi normal.

Selain itu, juga menggunakan penawaran komoditas yang lebih sedikit dibandingkan dengan masyarakat, walaupun dalam praktiknya tidak demikian.

Dalam ilmu ekonomi disebutkan bahwa terdapat monopoli ketika seluruh hasil industri diproduksi dan dijual oleh satu perusahaan yang disebut dengan monopolis atau perusahaan monopoli.

Ciri Ciri Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan & Kekurangan Monopoli
Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan & Kekurangan Monopoli

Selain itu, berdasarkan dari ciri-ciri pasar monopoli dapat dengan mudah untuk memperhatikan karakteristiknya. Berikut ini ialah ciri-ciri pasar monopoli yang akan dibahasa dibawah ini:

1. Produsen Baru Sulit Masuk Kedalam Pasar Monopoli

Biasanya, bagi produsen baru akan kesulitan untuk masuk dalam pasar monopoli sebab terdapat hambatan dan rintangan yang besar. Ada pun macam-macam rintangan dan hambatannya ialah:

Hambatan teknologi tinggi sehingga akan sulit membuat barang yang serupa.
Pembatasan legalitas yang telah diatur pada undang-undang
Hambatan modal yang besar dalam membuat produk yang sejenis.

2. Produsen Menjadi Penentu Harga

Didalam pasar monopoli ini produsen mempunyai peran sebagai penentu harga (price maker). Akan tetapi, produsen tidak bisa untuk mempengaruhi harga dan output terhadap produk lain yang dijual pada perekonomian.

3. Terdapat Satu Produsen

Umumnya dalam pasar monopoli terjadi satu produsen atau penjual. Sehingga sebagaimana ciri diatas, dapat berjalana dimana harga dapat ditentukan oleh produsen tanpa terpengaruh oleh konsumen.

Baca Juga  Tujuan dan Fungsi Distribusi

Maka dari itu, produsen atau penjual memiliki hak untuk menentukan harga (price maker) dan memonopoli pasar. Akan tetapi, telah pasti bahwa produsen dapat menentukan harga produk yang dijualnya sejalan dengan kualitasnya.

4. Barang yang Diproduksi Tidak Ada Substitusi

Dalam pasar monopoli, memiliki barang dan jasa yang dijual sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat luas. Selain itu ternyata tidak mempunyai barang pengganti atau dikenal substitusi yang sama,

Begitu juga yang terjadi pada perusahaan yang lain dimana tidak menyediakan produk substitusinya, hal ini akan berdampak menguntungkan bagi pasar monopoli sebab mendapatkan banyak permintaan oleh konsumen.

5. Produsen Tidak Melakukan Promosi

Selain itu, ternyata dengan mekanisme yang membuatnya sebagai penguasa pasar, perusahaan tidak perlu lagi untuk melakukan proses promosi. Para konsumen terpaksa harus membeli kepada produsen karena tidak terdapat barang alternatif.

Jenis Pasar Monopoli

Pasar monopoli sebenarnya memiliki banyak macamnya, apabila mengacu sesuai dengan definisi dan pengertian pasar monopoli serta penjelasan diatas, maka adapun jenis-jenis pasar monopoli secara umum ialah:

1. Monopoli Pemerintah dan Negara

Suatu negara atau pemerintah memiliki pengaruh dalam memonopoli pasar untuk macam-macam bidang produksi penting bagi negara. Demikian ini dilakukan agar memenuhi hajat hidup orang banyak.

2. Monopoli Secara Alamiah

Selain itu, yang dimaksud dengan Monopoli Secara Alamiah merupakan monopoli yang tercipta dari adanya pengerauh sumber daya alam, iklim, keadaan alam di suatu tempat yang tidak terdapat di tempat lain.

3. Monopoli Karena Hak Atas Kekayaan Intelektual

Ada juga monopoli dari hak atas kekayaan intelektual yang dimana produsen tentu memiliki aset dalam setiap produksi yang dibuatnya atas nama suatu pembuat pertamanya. PAda dasarnya terdapat 3 macam hak intelektual misalnya:

  • Hak cipta, adalah suatu hak ekslusif pencipta untuk mengatur penggunaan atas karyanya.
  • Hak paten, ialah suatu hak ekslusif kepada penemu atas penemuannya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu.
  • Hak merk, merupakan suatu hak ekslusif pemilik merk terdaftar untuk menggunakan sendiri merk tersebut atau mengijinkan pihak lain untuk memakaiknya dalam jangka waktu tertentu.
Baca Juga  Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi

4. Monopoli karena Efisiensi Kerja

Jenis monopoli ini dimana suatu monopoli yang menekankan pada kemampuan suatu perusahaan dalam memproduksi barang atau jasa yang berkualitas dan dibutuhkan masyarakat dapat membuat perusahaan itu menjadi produsen tunggal yang menguasai suatu pasar.

5. Monopoli karena Bahan Baku

Selain itu, biasanya penguasaan suatu bahan baku oleh perusahaan tertentu dapat melahirkan jenis pasar ini. Umumnya hal ini terjadi jika suatu bahan baku sulit ditemukan di tempat lain sehingga perusahaan tertentu menjadi produsen tunggal.

6. Monopoli karena Penguasaan Teknologi dan Tenaga Ahli

Jenis pasar ini juga bisa tercipta karena penguasaan teknologi dan tenaga ahli di bidang tertentu. Salah satu contoh pasar monopoli terjadi dari adanya penguasaan teknologi adalah perusahaan Microsoft yang mempunyai teknologi komputasi dan tenaga ahli di bidang itu.

7. Monopoli Karena Masyarakat

Kepercayaan masyarakat terhadap suatu perusahaan juga bisa melahirkan pasar monopoli. Masyarakat cenderung lebih memilih untuk membeli produk-produk yang dianggap berkualitas, unik, bermanfaat, serta pelayanan yang baik.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

Setiap jenis pasar pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan pasar ini. Adapun kelebihan dan kekurangan pasar monopoli adalah:

1. Kelebihan Pasar Monopoli

Adapun kelebihan atau keutungan yang terjadi dalam pasar monopoli ialah:

  • Sistem hak cipta/ hak paten pada pasar monopoli atas suatu produk akan membuat perusahaan lain termotivasi untuk menciptakan produk baru yang dapat bersaing dengan produk tersebut.
  • Produsen dapat mempertahankan posisinya sebagai penguasa pasar, yaitu dengan terus melakukan inovasi dan berkreasi dengan produk dan layanannya.
  • Pada pasar ini umumnya tidak terjadi persaingan tidak sehat karena biasanya pasar ini dikuasai oleh satu produsen.
  • Monopoli pasar yang dimiliki oleeh instansi pemerintah/ negara akan memudahkan dalam proses pemenuhan kebutuhan atau kepentingan masyarakat umum.
Baca Juga  Pengertian Letter of Credit, Tujuan, Fungsi, Syarat & Jenis-Jenisnya

2. Kekurangan Pasar Monopoli

Produsen bisa saja melakukan eksploitasi karena ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.
Produsen bisa saja melakukan ketidakadilan terhadap konsumen karena kekuatannya mutlah, misalnya menentukan harga barang terlalu mahal.
Keinginan konsumen di pasar ini tidak terlalu berpengaruh karena tidak adanya pilihan barang alternatif.
Adanya monopoli pasar akan memicu munculnya pasar gelap dan transaksi ilegal karena barang-barang tertentu sulit didapatkan atau terlalu mahal.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Pasar Monopoli, Ciri, Jenis, Kelebihan & Kekurangan Monopoli Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *