Menu

Pengertian Metamorfosis, Jenis & Tahapan Contoh Gambar Metamorfosis

Metamorfosis – Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan diawali dengan tahap fertilisasi. Pada hewan, pertumbuhan terjadi pada seluruh bagian tubuh, dan tidak ada bagian yang berkembang lebih pesan dibandingkan dengan bagian yang lainnya.

Dengan adanya pembelahan mitosis pada sel tubuh membuat hewan dapat bertambah besar. Proses ini terlihat dari sel yang terdefirensiasi dan berkembang dengan membentuk jaringan. Jaringan ini kemudian selanjutnya membentuk organ dan sistem organ ditubuh hewan.

Setelah itu, tahap selanutnya ialah sel menjadi zigot, lalu berkembang ke tahap yang disebut dengan Embrio. Embrio lalu berkembang menjadi suatu individu muda dan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan sampai menjadi dewasa.

Selain itu, terdapat faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan, misalnya saja dalam faktor internal yaitu Gen, Hormon dan Nutrisi, Air dan Cahaya.

Diketahui dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan, terjadi beberapa perubahan wujud. Perubahan wujud dan struktur itu dinamakan dengan Metamorfosis.

Baca Juga  Pengertian Metamorfosis Sempurna, Tahap, Contoh Hewan & Gambarnya
Pengertian Metamorfosis, Jenis & Tahapan Contoh Gambar Metamorfosis
Pengertian Metamorfosis, Jenis & Tahapan Contoh Gambar Metamorfosis

Pengertian Metamorfosis: Apa itu?

Secara etimologi, yang dimaksud dengan pengertian Metamorfosis berasal tiga kata yaitu Meta, Morphe, dan Osis.

Arti dari meta ialah sekitar, diantara, setelah. Sedangkan untuk kata morphe berarti bentuk, dan osis diartikan bagian dari. Jadi yang dimaksud dengan metamorfosis adalah perubahan bentuk selama perkembangan post-embrionik.

Menurut Liana (2008) bahwa perlu diketahui bersama bahwa ada banyak hewan yang mengalami metamorfosis diantaranya adalah Katak, Kupu-kupu dan serangga

Secara umum, pengertian Metamorfosis adalah suatu proses biologi secara fisik mengalami perkembangan biologis setelah dilahirkan atau menetas pada hewan. Proses ini terjadi dengan melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan diferensiasi sel.

Baca Juga  Pengertian, Macam-Macam Enzim dan Fungsinya

Umumnya, metamorfosis terjadi pada fase berbeda-beda, ada yang dimulai dari larva atau nimfa, dan ada juga yang melewati fase pupa, dan berakhir sebagai spesies dewasa.

Pengertian Metamorfosis, Jenis & Tahapan Contoh Gambar Metamorfosis
Pengertian Metamorfosis (Foto: Artikelsiana.com)

Sampai saat ini diketahui pada metamorfosis utama pada serangga, terdapat dua macam jenis yaitu hemimetabolisme dan holometabolisme.

Jenis-Jenis Metamorfosis

Jenis-jenis Metamorfosis adalah sebagai berikut:

1. Metamorfosis Sempurna (Holometabolisme)

Pengertian Metamorfosis Sempurna, Jenis & Tahapan Contoh Gambar Metamorfosis
Pengertian Metamorfosis Sempurna (Foto: Artikelsiana.com)

Holometabolisme adalah disebut juga dengan metamorfosis sempurna. Untuk holometabolisme, larva jauh berbeda saat dewasanya. Serangga yang melakukan holometabolisme melalui fase larva, kemudian memasuki fase tidak aktif yang disebut dengan pupa, atau chrysalis, dan akhirnya menjadi dewasa.

Yang dimaksud dengan pengertian Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang melewati tahapan-tahapan mulai dari telur-larva-pupa-imago (dewasa). Contoh metamorfosis sempurna terjadi pada katak dan kupu-kupu.

Baca Juga  Fungsi Pengurai Dalam Menyuburkan Tanah

 

2. Metamorfosis Tidak Sempurn (Holometabolisme)

Hemimetabolisme disebut juga dengan metamorfosis tidak sempurna. Umumnya, pada fase spesies yang belum dewasa disebut dengan larva.

Tapi pada metamorfosis kompleks pada banyak spesies serangga, hanya fase pertamalah yang dikatakan dengan larva dan biasanya mempunyai nama yang berbeda.

Pada hemimetabolisme, perkembangan larva berlangsung pada fase pertumbuhan berulang dan ekdisis (pergantian kulit), fase ini disebut instar.

Yang dimaksud dengan pengertian Metamorfosis tidak sempurna merupakan metamorfosis yang melewati dua fase antara lain dari telur menjadi nimfa kemudian menjadi hewan dewasa.

Pengertian Metamorfosis, Jenis & Tahapan Contoh Gambar Metamorfosis
Pengertian Metamorfosis Tidak Sempurna (Foto: Artikelsiana.com)

Biasanya metamorfosis ini terjadi pada serangga misalnya saja capung, belalang, jangkrik.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Metamorfosis, Jenis Metamorfosis dan Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *