Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian Efektivitas dan Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas

Secara etimologi, yang dimaksud dengan pengertian efektivitas merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berasal dari kata dasar berupa “effective”. Arti dari kata ini ialah manjur, mulai berlaku dan dapat membawa hasil.

Selain itu, ketika mengacu pada pendapat dari Soerjono Soekanto yang mengatakan bahwa arti dari efektivitas adalah taraf sejauh mana suatu kelompok mencapai tujuanya.

Pengertian efektivitas menurut Abdurahmat (2003: 92) bahwa yang dimaksud dengan efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.

Demikian ini sejalan dengan pengertian efektivitas Sondang P. Siagian (2001: 24) yang menyatakan bahwa efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya.

Menurut tanggapan dari Gibson (2002) bahwa definisi dari efektivitas adalah pencapaian sasaran yang telah disepakati atas usaha bersama atau dapat diartikan sebagai sebagai kemampuan suatu unit untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Efektivitas tidak dapat disamakan dengan efisiensi sebab kedua dari hal demikian mempunyai arti yang berbeda. Walaupun terdapat penggunaan kata efisiensi lekat dengan kata efektivitas.

Baca Juga  Pengertian Deviden dan Jenis-Jenis Deviden

Efisiensi memiliki pengertian perbandingan antara biaya dan hasil, sedangkan efektivitas secara langsung dihubungkan dengan pencapaian tujuan.

Atmosoeprapto (2002: 139) menyatakan, efektivitas adalah melakukan hal yang benar, sedangkan efisiensi adalah melakukan hal secara benar, atau efektivitas adalah sejauh mana kita mencapai sasaran dan efisiensi adalah bagaimana kita mencampur segala sumber daya secara cermat.

Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas

Menurutnya terdapat empat faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas kerja, misalnya sebagaimana pendapat yang disampaikan oleh oleh Richard M. Steers dalam bukunya yang berjudul Efektivitas Organisasi, yaitu:

1. Karakteristik Organisasi

Karakteristik organisasi terdiri dari struktur dan teknologi organisasi yang mempengaruhi segi-segi tertentu dari efektivitas dengan banyak cara. Yang dimaksud struktur adalah hubungan relatif tepat sifatnya,

Sebagaimana yang terdapat dalam organisasi, sehubungan dengan susunan sumber daya manusia, struktur terdiri dari cara organisasi dalam menyusun orang-orangnya dalam menyelesaikan pekerjaan, sedangkan yang dimaksud teknologi ialah mekanisme suatu organisasi untuk mengubah masukan mentah menjadi keluaran (output).

2. Karakteristik Lingkungan

Selain itu terdapat aspek lingkungan luar dan lingkungan dalam yang dapat dinyatakan memiliki pengaruh terhadap efektivitas kerja. Kedua hal ini sedikit berbeda, akan tetpai saling berhubungan.

Lingkungan luar ialah seluruh kekuatan yang dapat timbul di luar batas-batas organisasi dan mempengaruhi keputusan serta tindakan yang terdapat dalam organisasi.

Baca Juga  Pengertian, Manfaat dan Resiko Kontrak Berjangka Indeks Saham

Pengaruh faktor dari hal ini dalam dinamika organisasi pada umumnya dianggap mempunyai derajat kestabilan yang relatif dari lingkungan, derajat kompleksitas lingkungan dan derajat ketidak pastian lingkungan.

Sedangkan lingkungan dalam yang biasa dikatakan sebagai iklim organisasi, terdiri dari macam-macam atribut lingkungan kerja yang memiliki hubungan dengan segi-segi tertentu dari efektivitas, khususnya atribut-atribut yang diukur pada tingkat individual.

Keberhasilan hubungan organisasi dengan lingkungan bergantung dari tingkat variabel kunci ialah tingkat keterdugaan keadaan lingkungan, ketepatan persepsi atas keadaan lingkungan dan tingkat rasionalisme organisasi. Ketiga faktor ini mempengaruhi ketepatan tanggapan organisasi terhadap perubahan lingkungan.

3. Karakteristik Pekerja

Pada kenyataannya terdapat anggota organisasi sebagai faktor pengaruh yang paling penting sebab perilaku merekalah yang dalam jangka panjang akan memperlancar atau merintangi tercapainya tujuan organisasi.

Pekerja sebagai sumber daya yang langsung berhubungan dengan pengelolaan semua sumber daya yang ada di dalam organisasi, oleh karena itu perilaku pekerja sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan organisasi.

Pekerja sebagai modal utama di dalam organisasi yang dapat berpengaruh besar terhadap efektivitas, karena walaupun teknologi yang dipakai sebagai teknologi yang canggih dan didukung oleh adanya struktur yang baik, akan tetapi tanpa adanya pekerja maka seluruh itu tidak ada gunanya.

Baca Juga  Mengenal Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

4. Kebijaksanaan dan Praktek Manajemen

Secara umum, para pemimpin memainkan peranan sentral dalam keberhasilan suatu organisasi melalui perencanaan, koordinasi dan memperlancar kegiatan yang ditunjukan kearah sasaran.

Kewajiban mereka para pemimpin untuk menjamin bahwa struktur organisasi konsisten dengan dan menguntungkan untuk teknologi dan lingkungan yang ada.

Sudah menjadi tanggung jawab dari para pemimpin untuk menetapkan suatu sistem imbalan yang pantas sehingga para pekerja dapat memuaskan kebutuhan dan tujuan pribadinya sambil mengejar tujuan dan sasaran organisasi.

Peranan pemimpin ini mungkin merupakan fungsi yang paling penting. Dengan makin rumitnya proses teknologi dan makin rumit dan kejamnya keadaan lingkungan, peranan manajemen dalam mengkoordinasi orang dan proses demi keberhasilan organisasi tidak hanya bertambah sulit, tapi juga menjadi semakin penting artinya.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Efektivitas dan Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *