Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian Bitmap & Vektor Serta Perbedaannya

Secara umum, pengertian Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat sehingga gambar yang muncul pada komputer terdiri dari titik-titik yang memiliki nilai koordinat.

Layar Monitor berfungsi sebgai sumbu koordinat x dan y. Pada desain grafis, desain dibagi kedalam 2 jenis antara lain desain bitmap dan vektor.

Pengertian Bitmap

Yang dimaksud dengan Bitmap atau raster memiliki pengertian adalah adalah gambar dengan titik-titik berwarna berupa pixel yang secara keseluruhan akan membentuk tampilan gambar.

Umumnya Bitmap adalah tampilan foto. Sehingga tidak mengherankan ketika kualitas foto bergantung dari banyaknya pixel terbentuk.

Ada keunggulan tersendiri dari Bitmap. Sebab Bitmap memiliki keuntungan sebagai dampak positif penggunannya dimana dapat menampilkan kehalusan gradasi bayangan dan warna dari sebuah gambar.

Sehingga dengan perangkat digital merupakan aspek penting yang tepat untuk pengambilan gambar.

Disisi lain, ternyata bitmap juga memiliki kelemahan atau kekurangan. Hal itu lantaran bitmap dalam setiap tampilan selalu bergantung pada resolusi gambar.

Sehingga akan berdampak buruk ketika ukurannya diubah dengan resolusi lebih kecil, membuat kualitas gambar juga ikut berubah akibat bisa kehilangan detil atau juga terlihat adanya “kotak-kotak kecil apabila diperbesar”.

Baca Juga  Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya

Format yang dipakai gambar Bitmap memiliki banyak jenis. Misalnya adalah GIF, JPEG/JPG, BMP, PNG, PICT(macintosh), PCX, TIFF, PSD(Adobe Photoshop).

Selain format yang bermacam-macam, ini juga terjadi pada aplikasi grafis bitmap antara lain Adobe Photoshop, CorelDraw, Jasc Paint Shop Pro, Micrografix Picture Publisher, Ulead PhotoImpact, Microsoft Paint.

Pengertian Vektor

Yang dimaksud dengan Vektor adalah gambar yang terbentuk dari garis dan kurva yang terbentuk dari sambungan titik-titik matematis. Hal inilah sehingga disebut dengan vektor.

Diketahui bersama bahwa Vector menampilkan gambar menurut perhitungan koordinat geometris gambar itu.

Memang kekurangan atau kelemahan vektor tersebut sedikit terlihat lebih kaku dibandingkan dengan tampilan bitmap. Akan tetapi, keuntungan atau kelebihan dari vektor itu sendiri tidak dimiliki bitmap.

Pasalnya, kelebihan vektor adalah kualitas hasilnya tidak tergantung kepada resolusi gambar. Dalam artian bahwa gambar vector dapat diubah-ubah ke macam-macam ukuran.

Selain itu juga dapat dicetak pada tingkat resolusi sebesar apapun tanpa membuat adanya kehilangan detil dan ketajaman gambar.

Tampilan vector merupakan pilihan terbaik ketika harus menampilkan gambar-gambar yang harus bisa mempertahankan ketajaman garis ketika ukurannya diubah – contohnya gambar logo dan teks.

Baca Juga  Apa Perbedaan Klausa, Frasa dan Kalimat?

Dalam tampilan vector, akan mengedit obyek berdasarkan vector-nya. Sedangkan pada bitmap, kita akan mengedit pixel-pixel yang menjadi bagian dari obyek.

Seperti yang kita ketahui bahwa gambar Vektor memiliki ukuran kecil, berbeda dengan gambar Bitmap. Sehingga format yang digunakan oleh Vektor adalah AI, SVG, CDR, EPS.

Ada banyak aplikasi yang berbasis vektor misalnya saja Adobe Ilustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Xara, Serif DrawPlus, harvardDraw

Perbedaan Bitmap dan Vektor

Pengertian Bitmap & Vektor, Serta Perbedaannya
Pengertian Bitmap & Vektor, Serta Perbedaannya

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat diketahui bahwa terdapat 2 perbedaan mendasar atau yang paling utama antara bitmap dan vektor yang membuatnya mudah untuk diidentifikasi. Adapun kedua perbedaan itu ialah:

  • Vector. Diketahui vektor terbentuk dari karya dan garis, ukuran file penyimpanan kecil, detail gambar tetap saat diperbesar dan kualitas tidak bergantung pada banyak pixel.
  • Bitmap. Diketahui bitmap terbentuk dari titik atau dot, ukuran file penyimpanan besar, detail gambar menjadi tidak jelas saat diperbesar, dan kualitas bergantung pada banyak pixel.

Untuk lebih jelasnya lagi secara spesifik mengenai perbedaan vektor dan bitmap dapat dilihat pada tabel dibawah ini: 

Baca Juga  [Jawaban] Jelaskan Pembentukan BPUPKI? Ini Penjelasan Sejarah BPUPKI
No. Vektor  Bitmap
1.  Sifatnya Resolution Independent Sifatnya Resolution Dependent atau Dipengaruhi resolusi
2.  Format penyimpanan bisa berupa AI, CDR, FH, EPS Format penyimpanan PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP
3.  Objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis Objek yang disebut pixel
4.  Ukuran penympanan relatif kecil Ukuran penympanan relatif besar
5.  Program yang digunakan adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand

Software yang dipakai ialah Adobe Photoshop, Corel Photopaint, MS Paint

6. Pengaruh perbesaran tidak pecah, blur atau rusak

Pengaruh perbesaran pecah, blur dan rusak jika melewati batas toleransi tampilan

7.  Dipakai untuk ilustrasi dengan bentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa terlalu banyak variasi warna. Cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk.

Dipakai untuk gambar kompleks, berupa ragam warna dan bentuk yang beraneka, seperti foto dari hasil bidikan kamera.

     

 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Bitmap & Vektor, Serta Perbedaannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *