Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Mengapa Setiap Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan? Ini Penjelasannya

Mengapa Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan? – Saat menonton pertandingan sepakbola, pernah beberapa diantara kita bertanya-tanya tentang jumlah pemain dalam sepak bola. Atau bertanya mengapa tim sepabola disebut kesebelasan.

Apabila merujuk pengertian singkat dari sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 11 orang pemain.

Berkaca dari definisi maka yang membuat kenapa tim sepak bola disebut dengan kesebelasan sebab dalam satu team berjumlah 11 orang dalam mengolah sikulit bundar.

Namun, jawaban akan kenapa harus 11 orang hingga disebut sebagai kesebelasan yang bermain dalam sepak bola ternyata memiliki sejarah yang panjang.

Sejarah sepakbola atau permainan menendang bola baru ada sejak abad ke-2 dan ke-3 SM di Tiongkok, masa Dinasti Han dengan menendang ke jaring kecil. Semakin berkembang dan digemari pada abad ke 16.

Tercatat awal mula sepak bola modern ada pada Inggris dengan peraturan dasar dalam permainan. Namun, saat masa Raja Edward III melarang permainan ini tahun 1365 sebab banyak kekerasan. Begitupula untuk Raja James I dari Skotlandia dengan melakukan pelarangan.

Baca Juga  Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur, Komponen, Faktor & Manfaatnya

Barulah pada 1815 perkembangan pesat terjadi hingga ke universitas dan sekolah. Memasuki 1869, penggunaan tangan sudah dilarang dan rentan tahun itupulalah sepak bola tersebar ke berbagai belahan dunia.

Disebut Kesebelasan dan Kenapa Harus 11 Orang?

Mengapa Setiap Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan? Ini Penjelasannya
Mengapa Setiap Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan? Ini Penjelasannya

Hingga terbentuknya FIFA sebagai asosiasi tertinggi sepakbola dunia pada tahun 1904 di Paris, Perancis. Sejarah ini, ternyata bersangkut pautan dengan jumlah tim sepak bola sehingga sampai disebut dengan kesebelasan.

Awalnya, sekitar abad ke 2 dan 3 SM, jumlah pemain sepak bola di lapangan bukan 11 orang melainkan 15 sampai 21 orang dan bahkan ada juga yang mencapai 50 orang.

Hingga pada abad ke-20 terdapat peraturan sepakbola secara resmi, yang juga memasukkan aturan dalam permainan sepakbola.

Aturan pemain 11 orang dalam 1 team ini dasarnya dari ukuran lapangan sepak bola 90-120 meter dan lebar 45-90 meter yang membuat permainan sepakbola dalam satu team berjumlah 11 orang dan 22 orang dalam 2 tim.

Baca Juga  Keok 2 Gol Atas Bali United, Kiper PSIS Semarang Jandia Eka Putra Juga Diangkut Ambulans

Dengan jumlah pemain 11 orang dalam 1 team membuat pergerakan lebih leluasa dan memperlihat permainan pendek dan jauh.

Dengan jumlah 22 orang yang bermain sebagai 2 tim itu tidak akan cepat lebih sebab tidak sedikit dan juga tidak akan sempit karena tidak terlalu banyak.

Selain itu aturan menjadi landasannya, sebab FIFA menetapkan bahwa jumlah pemain sepak bola maksimal terdiri dari sebelas orang dan diluar dari 11 itu terdapat pemain cadangan dengan di antara mereka menempati posisi kiper.

Kiper sebagai satu-satunya pemain yang diizinkan untuk bermain bola dengan tangan atau lengan mereka, dengan catatan dilakukan dalam area penalti sendiri.

Berbagai posisi selain kiper yang ditempatkan oleh pelatih, tidak diatur secara khusus. “Aturan ini diberlakukan menurut hukum ke-3 LOTG.”

Sejumlah pemain dapat diganti dengan pemain cadangan selama pertandingan. Jumlah maksimum pemain pengganti (substitusi) yang diizinkan dalam sebuah pertandingan resmi liga domestik dan ajang internasional FIFA adalah tiga orang,

Baca Juga  Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan Permainan Sepak Bola

Walaupun dapat bervariasi dalam ajang kompetisi lain atau dalam pertandingan persahabatan (friendly match).

Alasan umum untuk substitusi termasuk cedera, kelelahan, perbaikan posisi pemain, pengubahan taktik, atau pengulur waktu di akhir pertandingan. Pemain yang telah diganti tidak diizinkan terlibat lebih lanjut dalam pertandingan.

Yang perlu diketahui bahwa IFAB memberikan ketegasan bahwa tidak bisa terdapat pertandingan yang terus berlangsung jika salah satu tim berjumlah kurang dari tujuh pemain.

Kesimpulan Kenapa 11 Orang? 

  1. Karena dalam 1 team hanya terdapat 11 orang sehingga disebut kesebelasan
  2. Karena melihat ukuran lapangan sehingga hanya terdapat 11 orang dalam 1 team
  3. Dari ukuran lapangan itu, maka dengan 11 orang disebut kesebelasan untuk memperlihat permainan yang menarik, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu jauh, tidak gampang lelah dan tidak malas bergerak.
  4. Karena aturan yang telah ditetapkan FIFA. 

Demikianlah informasi mengenai Mengapa Setiap Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *