Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Langkah-Langkah Yang Perlu Dilakukan Menjaga Kesehatan Tulang & Otot

Kesehatan Tulang dan Otot – Menjaga kesehatan tulang dan otot adalah langkah yang teramat penting. Pada dasarnya ada banyak cara menjaga kesehatan tulang dan otot yang mudah dan murah.

Olehnya itu, melihat fungsi otot dan tulang yang penting sebagai penyokong tubuh sehingga dapat berdiri tegak dengan baik dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Maka dengan menjaga kesehatan tulang dan otot, membuat orang-orang yang ada disekitar anda juga merasa nyaman dan anda dapat menjaganya dengan baik.

Apabila tidak demikian dan dianggap enteng, maka tentu saja banyak yang khawatir dan tanggung jawab yang diberikan oleh seseorang dapat terbengkalai.

Bayangkan saja apabila anda seorang orang tua atau terdapat orang-orang yang perlu anda hidupi. Tentunya menjaga kesehatan tulang dan otot adalah yang utama agar dapat bekerja dalam waktu yang lama.

Sebagai organ tubuh paling kuat, tulang dapat menunjukkan identitas seseorang melalui tes DNA. Walaupun kuat, bukan berarti tulang tidak akan terserang penyakit atau gangguan.

Apalagi jika disepelehkan. Olehnya itu, pada kali ini akan dipaparkan beberapa informasi mengenai langkah muudah dalam menjaga kesehatan otot dan tulang sebagaimana informasi yang ada dibawah ini:

Langkah Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Langkah-Langkah Yang Perlu Dilakukan Menjaga Kesehatan Tulang & Otot
Langkah-Langkah Yang Perlu Dilakukan Menjaga Kesehatan Tulang & Otot

Pada kali ini akan dipaparkan 13 langkah dalam menjaga kesehatan tulang dan otot yang mudah dan murah. Adapun cara menjaga agar otot dan tulang tetap sehat dapat dilihat dibawah ini: 

1. Sertakan Makanan Tinggi Magnesium dan Seng

Langkah mengkonsumsi mineral magnesium dan seng dapat menjaga kesehatan tulang dan otot sebab berperan mengubah mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif yang meningkatkan penyerapan kalsium

Orang mengonsumsi 400 mg magnesium per hari cenderung memiliki kepadatan tulang 2-3% lebih tinggi daripada mereka yang mengonsumsi setengah jumlah ini setiap hari.

Baca Juga  34 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Anda

Selain itu, seng meningkatkan pembentukan sel pembangun tulang dan mencegah kerusakan tulang yang berlebihan. Seng juga mendukung pertumbuhan tulang pada anak-anak dan pemeliharaan kepadatan tulang pada orang lanjut usia.

Walaupun magnesium ditemukan dalam jumlah kecil di sebagian besar makanan, sumber seng yang baik seperti daging sapi, udang, bayam, biji rami, tiram dan biji labu.

2. Konsumsi Makanan Omega-3

Asam lemak omega-3 terkenal karena efek anti-inflamasinya. Omega-3 juga telah terbukti membantu melindungi terhadap pengeroposan tulang selama proses penuaan.

Cara menjaga kesehatan tulang tidak hanya terkait dengan asupan omega-3, penting juga untuk memastikan keseimbangan omega-6 dengan lemak omega-3 tidak terlalu tinggi.

Sebuah studi mengungkapkan, mereka yang mengonsumsi rasio asam lemak omega-6 dan omega-3 lebih tinggi cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah daripada orang-orang dengan rasio kedua lemak yang lebih rendah. Secara umum, rasio yang terbaik dari omega-6 hingga omega-3 adalah 4: 1.

3. Mengatur Posisi Duduk

Cara menjaga kesehatan tulang biasanya dianggap enteng, apalagi soal bagaimana posisi duduk. Ini dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan otot.

Posisi duduk yang tidak baik dalam artian membuat struktur tulang berubah menyebabkan kerusakaan tulang dan otot.

Mengidentifikasi kesalahan posisi duduk sangat mudah, apabila duduk tidak benar pasti akan menyebabkan gangguan seperti pegal, nyeri, dan gangguan lainnya pada tulang bagian belakang.

Maka dari itu, lakukanlah posisi duduk yang baik dengan cara tegak (tidak bungkuk) dan kedua kaki menapak lantai.

4. Konsumsi Sayuran

Brokoli, kubis dan beberapa sayuran lainnya dipercaya dapat mencegah kerusakan tulang. Bahkan, sayuran-sayuran yang mengandung vitamin C juga bisa merangsang sel-sel pembentuk tulang dan melindunginya dari kerusakan.

Baca Juga  Tips Mencegah Terkena Penyakit Batu Ginjal Pada Tubuh

5. Hindari Alkohol dan Rokok

Ternyata alkohol dan rokok dan membuat kesehatan tulang dan otot terganggu. Olehnya itu, patut untuk dihindari sebab penelitian membuktikan bahwa pecandu alkohol mempunya risiko terkena osteoporosis. Sedangkan aktivitas merokok dapat mengganggu penyerapan kalsium.

6. Olahraga Angkat Beban

Selain itu menjaga kesehatan tulang dan otot dapat dengan latihan menahan beban. Langkah ini dapat mendorong pembentukan tulang yang baru dan mencegah pengeroposan tulang.

Selain itu, meningkatkan kepadatan mineral dan mengurangi peradangan tulang. Langkah ini dilakukan 2-3 kali setiap minggunya.

7. Perbanyak Kalsium dan Vitamin D

cara menjaga kesehatan tulang dan otot bisa mengambil langkah dengan memperbanyak konsumsi kalsium dan vitamin D. Bagaimanapun nutrisi berperan penting menjaga kesehatan tulang dan otot.

Ini adalah langkah terbaik yang sifatnya jangka panjang. Selain itu, langkah mengkonsumsi menjaga kesehatan tulang dan otot dapat mengkonsumsi keju, kedelai, susu, salmon, sarden, telur dan yoghurt.

Diketahui bersama bahwa asupan kalsium dibutuhkan orang dewasa dalam menjaga kesehatan tulang dan otot adalah 1.000 miligram per hari.

Sedangkan untuk konsumsi vitamin D agar tulang dan otot jadi sehat dibutuhkan sekitar 200 IU. Namun saat Anda memasuki usia di atas 50 tahun, maka asupan kalsium menjadi 1200 miligram dan 400-600 IU vitamin D per hari.

8. Jalan kaki

Cara menjaga kesehatan tulang yang mudah meriah adalah berjalan kaki secara rutin setiap hari. Bermanfaat bagi kesehatan tulang dan otot sebab meningkatkan kepadatan tulang dan membuat otot terbiasa dan tidak kaku.

Jarak yang ditempuh juga tidak teramat jauh hanya 1 km setiap harinya membuat kesehatan tulang dan otot terjaga.

Namun, apabila mempunyai faktor risiko tinggi terhadap patah tulang, hindari aktivitas fisik yang berat seperti berlari, membungkuk, melompat atau gerakan memutar pinggul dengan cepat.

Baca Juga  Manfaat dan Khasiat Stroberi Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, Benarkah ?.. check this out

9. Penuhi Kebutuhan Protein

Diketahui sekitar 50% tulang terbuat dari protein. Olehnya itu, diperlukan pemenuhan protein yang baik agar dapat mengurangi penyerapan kalsium pada tulang untuk kesehatan tulang dan juga berdampak baik pada otot.

10. Hindari Diet Rendah Kalori

Menghindari diet sangat berisiko sebab membahayakan tualng dan hilangnya massa otot. Menjalankan diet rendah kalori justru membuat kepadatan tulang berkurang.

11. Konsumsi Suplemen Kolagen

Langkah mengkonsumsi kolagen dapat digunakan sebab sebagai protein utama pada tulang. Kandungannya baik untuk tulang dan otot seperti asam amino, lisin, prolin dan glisin, yang membantu menjaga kesehatan tulang. Meski begitu, cara ini perlu untuk diteliti lebih lanjut.

12. Menjaga Berat Badan Ideal

Dengan berat badan ideal, dapat terhindar dari osteoporosis dan osteopenia. Sehingga metode ini adalah langkah yang mudah untuk menjaga kesehatan tulang dan otot.

Perlu diketahui bahwa wanita yang sudah mengalami menopause sebagai efek dari penurunan hormon estrogen.

13. Tidur Pada Posisi Yang Benar

Posisi tidur termasuk sebagai cara menjaga kesehatan tulang dan otot. Sehingga diperlukan kasus yang nyaman dan empuk untuk menghindari pegal dan nyeri pada tulang dan otot.

Demikianlah informasi mengenai Langkah Yang Perlu Dilakukan Menjaga Kesehatan Tulang & Otot. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *