Menu

6 Karakteristik Topologi Ring (Cincin) Pada Jaringan Telekomunikasi

Karakteristik Topologi Ring – Instalasi jaringan memerlukan banyak pertimbangan saat membuatnya, sebab terdapat bentuk dari struktur topologi yang akan dipakai dan perlu diperhatikan.

Apabila anda membuat sebuah konfigurasi jaringan atau instalasi jaringan dan melupakan faktor pentingnya salah satunya bentuk topologi,

maka dampak yang anda dapatkan akan terasa aneh dan kurang menyakinkan serta hal yang diharapkan seperti kecepatan dan keamanan tidak akan sesuai begitupula dalam hal konektifitas disetiap komputer atau PC.

Tentunya, dengan banyaknya jenis-jenis topologi jaringan, membuat kita untuk memperhatikan juga nilai lebih dan kegunaan dari dibuatnya instalasi jaringan komputer itu.

Ada banyak penjelasan mengenai keuntungan dan kelebihan dari setiap jenis-jenis topologi jaringan. Hal-hal yang membedakan macam-macam topologi jaringan juga ada banyak yang membuat kita dapat memberikan perbedaan disetiap topologi yang ada.

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Topologi Jaringan? Yang dimaksud dengan pengertian Topologi jaringan adalah bentuk struktur jaringan yang diinstalasi sesuai dengan kebutuhan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dengan media kabel atau wireless.

Baca Juga  Pengertian Floppy Disk, Fungsi, Cara Kerja Floppy Disk & Sejarahnya
6 Karakteristik Topologi Ring (Cincin) Pada Jaringan Telekomunikasi
6 Karakteristik Topologi Ring (Cincin) Pada Jaringan Telekomunikasi

Topologi jaringan dapat dibagi dalam beberapa jenis sesuai kebutuhan dan perangkatnya masing–masing seperti Topologi Bus, Topologi Star, Topologi Ring, Topologi Mesh, Topologi Tree.

Pengertian Topologi Ring (Cincin)

6 Karakteristik Topologi Ring (Cincin) Pada Jaringan Telekomunikasi
6 Karakteristik Topologi Ring (Cincin) Pada Jaringan Telekomunikasi

Secara umum, Pengertian Topologi Ring adalah jenis topologi yang menghubungkan antar PC dengan PC yang lain tanpa memerlukan HUB ataupun switch yang proses instalasinya hanya memakai LAN Card yang tersedia dalam PC.

Selain itu, topologi ini terdapat titik terkoneksi ke dua titik lainnya yang membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu apabila 1 titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

Karakteristik Topologi Ring (Cincin)

Berikut adalah ciri-ciri dari topologi ring cincin :

  1. Tidak ada pengiriman pesan ke alamat broadcast  
  2. Sebuah kabel backbone pakai untuk transmisi data.
  3. Menggunakan kabel jenis twisted pair.
  4. Pengiriman data memakai metode token passing scheme dan dilakukan secara bergantian pada satu arah saja.
  5. Tidak terjadi “banjir data” atau collision (tabrakan data).
  6. Tiap ujung kabel backbone akan disambungkan dengan komputer pertama.
Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis BIOS

Keuntungan dan Kekurangan Topologi Ring

6 Karakteristik Topologi Ring (Cincin) Pada Jaringan Telekomunikasi
6 Karakteristik Topologi Ring (Cincin) Pada Jaringan Telekomunikasi

Membentuk jaringan ring atau cincin, bisa dilakukan dimana setiap sentral hanya perlu untuk menghubungkannya satu sama lain dan hubungan ini akan membentuk Loop tertutup.

Yang menjadi catatan bersama bahwa sistem ini dimana setiap sentral harus dirancang dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan dan bahkan yang berjauhan sekalipun.

Dengan demikian topologi ring atau cincin mempunyai kemampuan melakukan Switching ke banyak arah Workstation. Keuntungan dari topologi jaringan ini adalah memiliki tingkat kerumitan jaringan rendah atau sederhana. Jadi dalam membuatnya tidak terlalu sulit.

Biasanya, topologi jaringan ring atau cincing biasa dipakai untuk jaringan yang luas pada kota dengan memakai media transmisi kabel fiber optik, misalnya untuk menghubungkan beberapa ISP pusat dan cabang dalam satu kota.

Baca Juga  Pengertian e-Learning, Tujuan, Fungsi e-Learning, Ciri & Sejarah e-Learning

Keunggulan Topologi Ring

Adapun keunggulan atau keuntungan dalam memilih topologi ring atau cincin sebagai instalasi jaringan komputer anda ialah: 

  • Hemat kabel.
  • Untuk membangun jaringan dengan topologi ini lebih murah bila dibandingkan dengan topologi Star.

Kelemahan topologi Ring

Adapun kelemahan atau kekurangan dari topologi jaringan ring atau cincin adalah: 

  • Sukar untuk mengembangkan jaringan, sehingga jaringan tersebut nampak menjadi kaku.
  • Biaya pemasangan mahal.
  • Sangat peka terhadap kesalahan jaringan.

Demikianlah informasi mengenai Karakteristik Topologi Ring, selain itu penulis juga menyertakan mengenai pengertian topologi ring (cincin) untuk memudahkan teman-teman sebelum membahas mengenai karakteristik topologi ring serta keunggulan dan kelemahannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *