Menu

Jelaskan Persamaan & Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas

Mitokondria dan Kloroplas – Mitokondria dan juga kloroplas merupakan 2 organel besar yang terdapat di sel-sel eukariotik. Keduanya dikenal sebagai generator seluler dari sel itu.

Selain itu, baik mitokondria dan kloroplas dan sel-sel bakteri simbiotik berbagi sedikit fitur struktural misalnya saja melalui kemampuan replikasi. Selain itu juga adanya DNA melingkar dan ribosom yang sama.

Melihat persamaan antara mitokondria dan kloroplas ini, ada yang menganggap bahwa keduanya telah berevolusi dari bakteri simbotik kecil yang disebut “endosimbiosis”.

Jelaskan Persamaan & Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas
Jelaskan Persamaan & Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas

Selain kedua organel yang terlibat dalam metabolisme energi dalam sel, dan diketahui berbagi kesamaan fungsional. Akan tetapi secara fisiologi mitokondria dan kloroplas juga mempunyai perbedaan yang besar.

Sebelum membahas mengenai point inti akan persamaan dan perbedaan mitokondria dan kloroplas lebih jauh, mari sedikit mengulas kembali apa itu kloroplas dan mitokondria seperti dibawah ini:

Baca Juga  Pengertian Rantai Makanan dan Contoh Rantai Makanan

Apa itu Kloroplas?

Jelaskan Persamaan & Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas
Jelaskan Persamaan & Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas

Yang dimaksud dengan Kloroplas adalah organel membran ganda dengan membran luar halus dan membran bagian dalam dilipat menjadi kantung berbentuk cakram yang disebut dengan tilakoid. Warnai dan beri label membran luar berwarna hijau muda.

Apa itu Mitokondria?

Jelaskan Persamaan & Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas
Jelaskan Persamaan & Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas

Mitokondria adalah pusat kekuatan sel sebab dapat “membakar” atau memutus ikatan kimia glukosa untuk melepaskan energi untuk bekerja di sel. Ingat bahwa energi ini berasal dari matahari dan disimpan dalam ikatan kimia oleh tanaman selama fotosintesis.

Glukosa dan karbohidrat lain yang dibuat oleh tanaman selama fotosintesis dipecah oleh proses respirasi sel aerobik (membutuhkan oksigen) di mitokondria sel. Ini melepaskan energi (ATP) untuk sel.

Baca Juga  Pengertian Metamorfosis, Jenis & Tahapan Contoh Gambar Metamorfosis

Jelaskan Persamaan dan Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas?

Kloroplas dan Mitokondria adalah organel yang yang ditemukan dalam sel-sel dari organisme hidup dan melakukan fungsi-fungsi vital untuk sel untuk hidup. Jika demikian memiliki peranan vital, lantas apa perbedaan dan persamaan diantara keduanya? dapat dilihat dibawah ini:

Persamaan Kloroplas dan Mitokondria

Adapun persamaan antara kroloplas dan mitokondria ialah:

  1. Sistem membran internal menunjukkan adanya struktur yang serupa dengan mitokondria yang berisi faktor penggandeng/ “carrier” dengan ATPase.
  2. Keduanya berlangsung peritiwa kemiosmosis.
  3. Seperti membran luar pada mitokondria, membran luar kloroplas juga mengandung porin yang menyebabkan membran ini permeable terhadap molekul dengan ukuran 10.000 dalton. Dilihat dari permeabilitasnya fungsi dari membran luar kloroplas dan mitokondria mempunyai persamaan.
  4. Seperti denga mitokondria, kloroplas mengandung molekul DNA sirkuler dan ribosom dan juga memiliki genom sendiri.
  5. Seperti halnya mitokondria, kloroplas juga terbentuk melalui endosimbiosis
Baca Juga  Pengertian Mollusca, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Reproduksi & Peranan

Perbedaan antara Mitokondria dan kloroplas

Adapun perbedaan antara mitokondria dan kloroplas adalah:

  1. Kloroplas lebih besar dan lebih kompleks dari mitokondria.
  2. Kloroplas memakai cahaya untuk menghasilkan ATP dan gula, sedangkan untuk mitokondria memakai gula untuk menghasilkan ATP.
  3. Kloroplas ditemukan dalam organisme eukariotik fotosintetik, misalnya dalam tanaman dan ganggang hijau, sedangkan untuk mitokondria terdapat di setiap organisme eukariotik.
  4. Mitokondria mempunyai matriks, dan kloroplas memiliki stroma.
  5. Tidak sama dengan mitokondria, kloroplas mengandung pigmen yang disebut dengan klorofil dan disk tilakoid.
  6. Tidak sama kloroplas yang membran bagian dalamnya, untuk mitokondria membran dalam dilipat untuk membentuk krista.

Demikianlah informasi mengenai Jelaskan Persamaan dan Perbedaan Antara Mitokondria dan Kloroplas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *