Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Dampak Positif Penerapan Ekonomi Mikro & Makro Bagi Masyarakat dan Pemerintah

Dampak Positif Ekonomi Mikro dan Makro – Sebagai ilmu sosial yang berfokus pada aktivitas manusia pada produksi, distribusi dan konsumsi pada barang dan jasa. Ekonomi telah dikenal sejak zaman yunani.

Sebab asal muasal penyebutannya sendiri berasal dari bahasa yunani yang terdiri atas dua kata yaitu oikos dan nomos. Arti dari oikos adalah keluarga, rumah tangga dan nomos berarti peraturan, aturan hukum.

Sehingga secara garis besar yang dimaksud dengan ekonomi apabila merujuk dari etimologinya, maka ekonomi adalah “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.”

Sedangkan yang dimaksud dengan orang-orang yang berpengalaman dalam ekonomi atau ahli ekonomi disebut ekonom yang merupakan orang memakai konsep ekonomi, dan data dalam bekerja.

Ekonomi Makro dan Mikro: Apa itu?

Dampak Positif Penerapan Ekonomi Mikro & Makro Bagi Masyarakat dan Pemerintah
Dampak Positif Penerapan Ekonomi Mikro & Makro Bagi Masyarakat dan Pemerintah

Yang dimaksud dengan Ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang mengkaji ekonomi secara umum tentang tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara, tingkat pengangguran dan tingkat inflasi.

Baca Juga  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Penerapan ekonomi makro dapat dipakai dalam menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan misalnya saja untuk pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Walaupun ekonomi makro adalah bidang yang luas, namun tetap saja terdapat 2 wilayah penelitian sebagai ciri dari displin ilmu.

Hal itu dengan kegiatan untuk mempelajari sebab dan akibat dari fluktuasi penerimaan negara jangka pendek (siklus bisnis).

Sedangkan untuk yang kedua ada kegiatan untuk mempelajari faktor penentu dari pertumbuhan ekonomi jangka panjang (peningkatan pendapatan nasional).

Model makroekonomi yang ada dan prediksi-prediksi yang ada jamak dipakai oleh pemerintah dan korporasi besar untuk membantu pengembangan dan evaluasi kebijakan ekonomi dan strategi bisnis.

Sedangkan yang dimaksud dengan pengertian ilmu ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang mengkaji perekonomian secara lebih rinci atau khusus tentang penetapan biaya produksi dan penetapan harga barang dan jasa.

Baca Juga  Kebijakan Perdagangan Proteksionis, Apa itu ?....

Aspek kajian ekonomi makro seperti tentang keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.

Dampak Positif Penerapan Ekonomi Mikro dan Makro?

Ekonomi makro dan mikro memiliki peran penting untuk masyarakat maupun pemerintah yang baik. Contohnya saja penerapan ekonomi makro dan mikro yang positif ketika pemerintah menaikkan tingkat suku bunga. Tentu saja ini berkaitan dengan kajian ekonomi makro,

Dalam penerapan kebijakan ekonomi makro yang dilakukan pemerintah, maka dapat mempengaruhi aktivitas yang terjadi pada ekonomi mikro. Sebab para pengusaha, akan mengambil langkah dengan mendapatkan modal pinjaman dari bank.

Selain itu, masyarakat akan membayar suku bunga bank yang naik tersebut. Penerapan ekonomi mikro dan makro ini, akan berdampak positif yang berpengaruh pada tingkat produksi dan harga yang akan dibayar oleh masyarakat atas kenaikan itu.

Baca Juga  Macam-Macam Kebijakan Anggaran

Sehingga secara sederhana, yang dilakukan oleh pemerintah tentang kebijakan-kebijakan makro ekonomi, akan berpengaruh pada mikro ekonomi.

Adapun contohnya dampak positif penerapan ekonomi mikro dan makro bagi masyarakat dan pemerintah misalnya saja bagi masyarakat dapat meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi,

Sedangkan bagi pemerintah membangun sarana umum dengan memanfaatkan jasa rakyat yang berusaha dalam bidang konstruksi mendirikan pabrik pupuk.

Selain itu pemerintah dapat membangun irigasi agar hasil produksi di bidang pertanian meningkat, dan masalah kemiskinan, masalah keterbelakangan, pengangguran dan kesempatan kerja, serta masalah kekurangan modal.

Demikianlah informasi mengenai Dampak Positif Penerapan Ekonomi mikro & Makro Bagi Masyarakat dan Pemerintah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *