Menu

[ Jawaban ] Arti Astaghfirullahaladzim Menurut Al-Quran dan Hadits

Inilah arti astaghfirullahaladzim menurut ulama dan hadits. Istighfar (Arab: إستغفار, Istiġfār) atau Astaghfirullah (أستغفر الله‎ ʾastaġfiru l-lāh) adalah suatu tindakan meminta maaf atau memohon untuk ampunan kepada Allah Swt atas yang dilakukan oleh seorang muslim. Hal tersebut merupakan perbuatan yang disarankan dan sangat penting pada ajaran Islam. Mengucapkan istigfar atau astaghfirullah ini secara harfiah mesti dilakukan dengan mengulang-ulang perkataan dalam bahasa Arab yang berarti saya memohon Ampunan kepada Allah.

Seorang Muslim mengucapkan perkataan Astaghfirulah secara beberapa kali maka bukan saja saat meminta ampun kepada Allah Swt, akan tetapi bisa menjadi doa, bahkan juga saat dia sedang berbincang dengan orang lain. JIka seorang muslim hendak untuk mencegah dari tindakan yang salah, atau ketika dia ingin membuktikan bahwa dirinya sedang tidak bersalah pada satu peristiwa dia memakai pernyataan tersebut. Setelah sholat, seorang muslim dianjurkan untuk mengucapkan perkataan astaghfirullah sebanyak tiga kali karena arti astaghfirullahaladzim sangat memiliki makna yang sangat baik untuk meminta ampunan kepada Allah Swt.

Istigfar atau astaghfirullahaladzim dalam filosifi Islam memiliki arti yaitu seseorang yang senantiasa selalu meminta ampunan terhadap kesalahan dan semakin terus berusaha dalam menaaati perintah Tuhan dan tak melanggarnya. Dalam Islam, maka istigfar atau astaghfirullahaladzim tak terletak dari pengucapannya, akan tetapi dari seberapa dala seseorang yang mengucapkan astaghfirullahaladzim bisa memaknai dan menghayati apa arti yang dia ucapkan. Dalam konteks yang lebih jauh lagi, supaya dia bisa semakin terus mengingat Tuhan ketika dia tergoda dalam melakukan suatu perbuatan dosa dan jika sudah melakukan dosa maka istighfar adalah suatu titik baginya untuk bertekad agar tak mengulangi lagi perbuatannya. Baca juga: arti subhanallah

Baca Juga  Saat Apakah dan Kapan Kita Mengucapkan Masya Allah?

arti astaghfirullahaladzim

Arti astaghfirullahaladzim Menurut Ulama dan Hadits

Arti astaghfirullahaladzim

arti astaghfirullahaladzim adalah aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung merupakan suatu bacaan kalimat istigfar yang memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kehidupan kita. Sebagai manusia biasa yang seringkali secara tidak sengaja atau sengaja melakukan dosa maka sudah seharusnya kita sering-sering mengucapkan mohon ampun kepada Allah Swt. Dengan demikian, semoga nantinya di akhirat kita bisa dimasukkan ke Surga karena tergolong menjadi orang yang ringan timbangan dosanya dan lebih banyak timbangan amal baiknya. Dengan pikiran dan hati yang tak terbebani oleh dosa-dosa juga dapat membuat kehidupan kita di dunia ini bisa lebih terasa ringan sehingga akan lebih mudah dalam mencapai kebahagiaan tersebut. Baca juga: arti barakallah fii umrik

arti istigfar

Pada kalimat istigfar atau astaghfirullahaladzim ini hendaknya sering dibaca dengan hati yang lapang, diyakini dalam hati dan diwujudkan pada perbuatan sehari-hari. Yang dimaksud dengan perbuatan yakni tetap berperilaku baik supaya terhindar dari tindakan dosa. Kalaupun tidak sengaja dalam melakukan dosa maka segeralah mengucapkan istigfar atau astaghfirullahaladzim supaya diri tersebut bisa kembali bersih dari dosa. baca juga: arti tabarakallah

Tulisan Arab astaghfirullahaladzim

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirullahaladzim

Astaghfirullahaladzim dalam Bahasa Indonesia

Adapun arti istigfar atau arti Astaghfirullahaladzim yaitu aku mohon ampun kepada Allah yang maha Agung.

Baca Juga  Tanda Hari Kiamat Yang Sudah Banyak Muncul Di Indonesia

Manfaat Membaca Kalimat AStaghfirullahaladzim.

Adapun manfaat mengucapkan kalimat Astaghfirullahaladzim, intinya dengan membaca istigfar maka kita berharap supaya bisa diampuni dari dosa-dosa kecil maupun besar. Apakah dengan mengucapkan istigfar, dosa-dosa kita bisa terhapus? Jawabannya iya, karena Al-Quran dan Hadits sudah menerangkan bahwa dengan mengucapkan istigfar atau Astaghfirullahaladzim maka kita akan memperoleh berbagai macam kebaikan yang diantaranya yaitu:

1. Diberikan Solusi oleh Allah dari setiap Kesedihan</h5?
2. Diberikan suatu kelapangan oleh Allah pada setiap kesempatan
Diberikan rejeki dari Allah yang berasal dari arah yang tak disangka-sangka

Yang jelas masih banyak lagi manfaat dalam mengucapkan istigfar atau Astaghfirullahaladzim.

Arti dan Keistimewaan Astaghfirullahaladzim

Bagi orang Islam, mengucapkan Astaghfirullahaladzim atau istigfar tentunya sudah tak asing lagi di telinga kita. Selain diucapkan saat setelah menunaikan sholat, maka bacaan ini kerapkali diucapkan saat seorang muslim ingin mencegah dari melakukan tindakan yang salah. Akan tetapi tahukah anda apa arti Astaghfirullahaladzim? Baca juga: arti syafakillah

Istigfar atau Astaghfirullahaladzim berasal dari kaidah bahasa Arab yang dapat dimaknai sebagai suatu tindakan meminta maaf atau ampunan dari Alah Swt. Hal tersebut termasuk perbuatan yang sangat dianjurkan dan penting dalam ajaran Islam. Perbuatan ini secara harfiah dilakukan dengan cara mengulang-ulang perkataan istigfar dalam bahasa Arab berupa Astaghfirullahaladzim yang berarti saya memohon ampunan kepada Allah. Baca juga: arti masya allah

astagfirullahaladzim

Terdapat beberapa keistimewaan istighfar atau Astaghfirullahaladzim. Dalam Quran Surat Nuh ayat 10 sampai 12. Bahwa Allah Berfirman:

Baca Juga  Pengertian Hijab, Karakteristik, Fungsi, Manfaat & Hijab Menurut Para Ahli

“Mohonlah ampunan (istigfar) kepada Robbmu. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan memperbanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan untuknya kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai”.

Sementara itu, berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abu Dawud dan Nasa’i, Nabi Muhammad Saw pernah bersabda bahwa barang siapa yang memperbanyak istigfar maka dia akan diberikan kelapangan dalam setiap kesusahan dan jalan keluar dari kesempitan. Dia juga akan dianugerahi rezeki dari jalan yang tidak dia sangka-sangka.

Sementara itu, dalam hadits riwayat at-Tarmidzi, Nabi Muhammad Saw pernah bersabda bahwa meskipun dosa-dosa mu sebanyak buih yang ada di lautan, sebanyak butir pasir di padang pasir, sebanyak daun yang ada di seluruh pepohonan, atau seluruh bilangan jagad semesta. Allah Swt tetap akan selalu mengampuni, jika engkau mengucapkan doa sebanyak tiga kali sebelum engkau tidur. “AStaghfirullahaladzim al-Ladzii Laailaaha Illa Huwal Hayyul Qayyuumu wa Atuubu Ilaih”.

Demikianlah informasi tentang arti astaghfirullahaladzim atau arti istigfar. Semoga informasi ini dapat memberikan suatu manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai astaghfirullahaladzim.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *