Menu

Apa Yang Dimaksud Dengan Folder? Begini Pengertian Folder Itu

Apa Yang Dimaksud Dengan Folder – Secara umum, Pengertian Folder adalah tempat untuk menyimpan/menampung file-file dalam komputer. File di folder itu biasa berupa gambar, teks, angka, video, program, slide dan jenis file lainnya.

Apabila hal itu ternyata tidak terdapat dalam folder, bisa jadi cara menggunakan atau memakai folder belum diketahui secara baik dan bijaksana, atau yang dimaksud adalah belum tertata dengna baik.

Biasanya juga cenderung berkumpul menjadi satu. Olehnya itu, penggunaan folder itu dapat membantu memudahkan untuk mengarsipkan data.

Berdasarkan dari apa yang dimaksud dengan pengertian folder diatas, tentunya memberikan manfaat yang besar dan penting bagi anda yang bekerja diberkerja pada bagian atau bidang administrasi tentu menggunakan folder sudah menjadi keharusan untuk mengelompokkan dokumen sesuai dengan isinya.

Fungsi Folder Pada Komputer

Apa Yang Dimaksud Dengan Folder? Begini Pengertian Folder Itu (Foto: Artikelsiana.com). 

Di dalam komputer, folder juga memiliki fungsi untuk menyimpan file atau dokumen. Terdapat beragam jenis file dan dokumen yang dapat disimpan dalam folder, bahkan di dalam folder dapat disimpan folder lain atau sub-folder.

Baca Juga  Pengertian, Manfaat, dan Macam-Macam Jaringan Komputer

Pada umumnya, aktivitas dalam pembuatan folder pada komputer yaitu adalah untuk menyimpan file menurut kategori atau jenisnya.

Pemberian kategori folder ini dibuat untuk memudahkan user dalam mencari selain itu untuk menemukan file atau dokumen yang pernah disimpan sebelumnya.

Cara Membuat Folder Pada Komputer

Selain dari pengertian folder dan fungsi folder, agar folder yang digunakan dapat tertata baik sebagaimana penjelasan diatas, maka pertama-tama mari mengetahui cara membuat folder dalam komputer sebagaimana yang dituliskan dibawah ini:

1. Membuat Folder di Drive Tertentu

  • Pertama-tama ialah dengan masuk ke My Computer, dapat dilakukan dengan menekan tombol Windows + E pada keyboard secara bersamaan.
  • Tentukan drive atau lokasi tempat kita membuat folder baru (misalnya pilih drive D atau drive F).
  • Arahkan kursor ke area kosong di drive tersebut, klik kanan mouse, lalu arahkan kursor ke New > pilih Folder.
  • Beri nama pada folder yang baru dibuat, atau bisa juga dengan rename folder tersebut.
  • Folder selesai dibuat.
Baca Juga  Pengertian HTTP & HTTPS, Fungsi, Cara Kerja & Kelemahannya

2. Membuat Folder di Desktop

Selain itu, untuk memudahkan file yang sering dipakai atau dibuka di komputer, patut diketahui bahwa folder dapat disimpan desktop sehingga saat menyalakan komputer dapat dengan mudah untuk langsung membukanya tanpa banyak tahap atau klikan. Untuk cara tersebut dapat dilihat dibawah ini:

  • Setelah menekan tombol power atau menghidupkan PC atau laptop, klik kanan pada area kosong di desktop, lalu arahkan kursor ke New > klik Folder
  • Berikan nama pada folder yang baru dibuat, folder juga bisa di-rename atau diganti namanya.
  • Apabila folder itu telah dibuat di dalam data D atau C maka carilah folder tersebut kemudian tekan klik kanan dan pilih cut
  • Setelah itu, menuju ke dekstop dan klik kanan dan carilah paste dan klik atau dengan menekana ctr v secara bersamaan.
  • Folder selesai dibuat
Baca Juga  Pengertian E-Learning Menurut Para Ahli & Fungsi-Fungsi E-Learning

Demikianlah informasi mengenai Apa Yang Dimaksud dengan Folder yang memaparkan tentang pengertian,fungsi dan cara membuat folder. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *