Menu

5 Fungsi dan Tujuan Penepatan Harga Perlu Anda Ketahui Sebelum Berdagang

Seluruh usaha atau bisnis tentu saja yang dijalankannya tidak akan terlepas dengan yang disebut dengan harga.

Sebab bisnis yang pada dasarnya bertema jual beli maupun juga soal jasa membutuhkan peran harga setiap aktivitasnya.

Diketahui arti atau pengertian Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaatnya.

Demikian ini karena mempunyai atau memakai produk jasa tersebut. Harga sebagai pertimbangan yang utama dan pertama dari konsumen sebelum membeli produk atau jasa.

Oleh sebab itu, maka setiap perusahaan membutuhkan penetapan harga yang tepat tujuannya sehingga produk terjual tepat sasaran.

Perusahaan perlu untuk menetapkan harga sesuai dengan nilai yang dibutuhkan dan dipahami calon konsumen.

Ketika harganya ternyata lebih tinggi daripada nilai yang diterima, maka perusahaan itu perlu kemungkinan akan kehilangan konsumen,

Apabila harganya disebut terlalu rendah dibandingkan dengan nilai yang diterima, perusahaan itu tidak dapat berhasil mendapatkan laba.

Contohnya sebagai ilustrasi, ketika harga baju yang sama di toko A adalah Rp 50.000, apabila di toko B memiliki harga Rp 55.000,

Bisa jadi konsumen dapat lebih memilih untuk membeli baju di toko A bukan? Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penetapan harga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah usaha.

Baca Juga  Pengertian Akuisisi, Tujuan, Jenis, Alasan, Manfaat, Kelebihan & Kekurangan Akuisisi

Fungsi Penetapan Harga

5 Fungsi dan Tujuan Penepatan Harga Perlu Anda Ketahui Sebelum Berdagang
5 Fungsi dan Tujuan Penepatan Harga Perlu Anda Ketahui Sebelum Berdagang

Harga mempunyai fungsi dan peranan penting sebab terdapat 3 pihak sekaligus, ialah bagi perekonomian, konsumen, dan perusahaan.

  1. Fungsi penetapatan harga dalam hal perekonomian yang sebagai tujuan utamanya dimaksudkan bahwa harga sebuah produk atau jasa mempengaruhi sewa lahan, upah, bunga dan laba.
  2. Selain itu, dalam hal fungsi penepatan harga pada konsumen diisyaratkan sebagai bentuk pertimbangan harga menurut citra, merek, lokasi toko, layanan, nilai (value) dan kualitas.
  3. Sedangkan untuk perusahaan, harga mempunyai pengaruhi posisi yang dapat bersaing dan pangsa pasar perusahaan, tidak hanya itu harga juga berpengaruh pada pendapatan dan laba bersih perusahaan.

Tujuan Penetapan Harga

Adapun tujuan dari penetapan harga antara lain:

1. Tujuan Berorientasi Pada Laba

Bagi perusahaan pasti akan mendapatkan laba sebesar-besarnya dari produk atau jasa yang ditawarkan. Demikian ini dikatakan sebagai maksimaliasi laba.

Akan tetapi di era dengan persaiangan global saat ini, maksimalisasi harga tentunya sulit akan terwujud.

Demikian ini dapat menyebabkan banyak perusahaan untuk memakai pendekatan target laba, sebab tingkat laba dari perusahaan sejalan dengan harapan sebagai sasaran laba.

Baca Juga  NPWP Pribadi Adalah: Syarat & Cara Membuat NPWP

Dalam hal tujuan penepatan harga pada sektor laba, terbagi atas dua jenis target laba yaitu:

Target Margin. Yang dimaksud dengan target margin adalah suatu target laba suatu produk atau jasa yang disebut sebagai persentase yang menggambarkan rasio dari laba terhadap penjualan.

Target ROI. Yang dimaksud dengan target laba ialah produk atau jasa yang disebut dinyatakan sebagai rasio laba terhadap investasi total yang dipakai perusahaan dalam bentuk fasilitas produksi dan juga aset yang mendukung dalam produk itu.

2. Tujuan Berorientasi Pada Volume

Selain bertujuan terhadap laba, terdapat juga perusahaan yang dapat menetapkan harga menurut volume.

Demikian ini sehingga dalam penepatan harga tujuan untuk mencapai volume penjualan tertentu yang sejalan dengan pangsa pasar atau nilai penjualan.

Perusahaan yang memakai pendekatan ini ialah perusahaan penerbangan dan perusahaan tour and travel.

3. Tujuan Berorientasi Pada Citra

Selain itu, terdapat perusahaan yang memakai citra dari perusahaan untuk menentukan dan menetapkan harga. Perusahaan yang citranya bagus dan sudah dapat dikenal masyarakat,

Sehingga akan sangat mungkin dalam memberikan harga yang tinggi dibandingkan perusahaan dengan citranya dapat atau yang belum dikenal di masyarakat.

Baca Juga  Pengertian Deviden dan Jenis-Jenis Deviden

4. Tujuan Berorientasi Pada Stabilitas Harga

Selain terdapat 3 tujuan dalam penetapan harga sebagai diatas, terdapat juga tujuan penetapan harga yang juga sangat penting yang dikenal dengan Stabilitas Harga. Apabila sebuah peusahaan dapat menurunkan harga suatu produk,

Maka mau tidak mau perusahaan sejenis pun perlu untuk menurunkan harga dengan mendekati nilai yang sama.

Inilah yang disebut dengan stabilitas harga. Umumnya demikian ini terjadi pada perusahaan yang produknya sudah terstandarisasi.

5. Tujuan Lainnya

Penetapan harga dalam hal ini dapat bertujuan untuk mencegah dalam masuknya pesaing dalam bisnis, menjaga loyalitas konsumen, dan menghindari campur tangan dari pemerintah. Tujuan-tujuan ini demikian bisa mempengaruhi strategi persaingan suatu perusahaan.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi dan Tujuan Penetapan Harga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga dapat menumbuhkan peran dan pengetahuan kita semua agar mengetahui maksud dari penepatan harga setiap produk yang ada dipasaran dengan mengacu pada landasan-landasan diatas. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *