Menu

10 Fungsi Tulang Hasta Manusia Yang Penting Untuk Pergerakan Tangan

Fungsi Tulang Hasta  – Tulang hasta memiliki fungsi dan peran penting bagi pergerakan tangan manusia. Tulang Hasta telah dipelajari saat masih di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan sampai Sekolah Menengah Atas.

Diketahui bahwa tulang merupakan saah satu anatomi tubuh manusia sebagai sistem kerangka. Membuat manusia dapat bertegak dan bergerak. Membahas sistem kerangka tulang manusia terdiri atas beberapa bagian salah satunya Tulang Hasta.

Apasih itu Tulang Hasta? Yang dimaksud dengan pengertian tulang hasta atau biasa disebut dengan ulna adalah tulang panjang yang terdapat di bagian medial lengan bawah sejajar dengan tulang pengumpil.

Melihat dari definisi tulang hasta, membayangkannya saja sudah menarik pikiran setiap orang pentingnya peran tulang hasta. Fungsi tulang hasta merambah seluruh aktivitas tangan.

Apabila mengacu pada tangan, maka fungsi tulang hasta dalam kehidupan sehari-hari dapat dibayangkan bahwa hal apa yang dimana manusia tidak pernah menggunakan tangannya.

Tentu saja, segala sesuatu aktivitas manusia menggunakan tangan dan tulang hasta atau ulna mengambil peran dan dampak besar bagi aktivitas setiap manusia baik perempuan maupun laki-laki, baik yang muda maupun yang tua, baik yang anak hingga dewasa.

10 Fungsi Tulang Hasta Manusia Yang Penting Untuk Pergerakan Tangan
10 Fungsi Tulang Hasta Manusia Yang Penting Untuk Pergerakan Tangan

Bukan cuma manusia saja yang membutuhkan fungsi tulang hasta sebagai suatu sistem kerangka tulang. Melainkan, ternyata fungsi tulang hasta juga terdapat dan dimiliki oleh hewan yang berkaki empat. Salah satu contohnya yang paling sederhana tentang hewan yang menggunakan fungsi tulang hasta ialah anjing dan kucing.

Telah disebutkan diatas, tentang banyaknya besarnya fungsi tulang hasta bagi manusia sebab setiap aktivitas dan pekerjaan membutuhkan tangan, dan apabila fungsi tulang hasta itu kemudian berhenti,

Maka dampak buruk yang terjadi adalah membuat sendi-sendi tangan tidak dapat berfungsi secara sempurna, apabila demikian maka manusia dan hewan tidak dapat menggunakan tangannya dan menganggu seluruh aktivitasnya.

Baca Juga  Manfaat dan Peran Bioteknologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Tulang Hasta: Apa itu?

Secara umum, pengertian tulang hasta atau ulna adalah salah satu dari dua tulang yang memberikan strutur pada lengan bawah yang disisi berlawannya terdapat tulang pengumpil dari lengan yang keduanya bergabung dengan humerus di ujung yang lebih besar untuk membuat sambungan siku, dan bergabung dengan tulang karpal tangan di ujung yang lebih kecil.

Dengan perpadungan dan kombinasi fungsi dari tulang pengumpil, fungsi tulang hasta membuat sendi pergelangan tangan dapat berputar. Ciri-ciri tulang hasta diketahui berdiameter 50 persern lebih besar dibandingkan dengan pengumpil pada usia 4 sampai dengan 5 bulan.

10 Fungsi Tulang Hasta Manusia Yang Penting Untuk Pergerakan Tangan
10 Fungsi Tulang Hasta Manusia Yang Penting Untuk Pergerakan Tangan

Selain itu, pada saat dewasa ciri tulang hasta kemmudian berdiameter ulnaris menjadi setengah dari tulang pengumpil.

Diketahui bahwa fungsi utama tulang hasta adalah untuk membantu rotasi tangan. Contoh-contoh aktivitas yang menggunakan peran dan fungsi tulang hasta misalnya saja menulis, memutar gagang pintu, mengetik, memanipulasi tombol atau benda kecil lainnya, membawa benda, menggunakan alat, dan banyak lagi.

Gerakan seperti demikian biasanya perlu penggunaan pergelangan tangan dan jari-jari individual, yang membutuhkan lengan atas yang stabil bersama dengan rotasi dan mobilitas lengan bawah.

Fungsi Tulang Hasta

Selain penjelasan fungsi tulang hasta diats, terdapat fungsi tulang hasta lainnya yang menjadi dasar patokan anda untuk melihat contoh penggunaan tulang hasta dalam aktivitas sehar-hari. Adapun fungsi tulang hasta tersebut ialah:

  1. Menunjang lengan bawah untuk mampu bergerak
  2. Mendukung lengan bawah untuk pergerakan
  3. Sebagai penunjang kerangka tangan manusia
  4. Membantu pergelangan tangan untuk memutar
  5. Membentuk tulang lengan bawah
  6. Melekatnya otot-otot lengan
  7. Menyimpan mineral dan mneghasilkan sel – sel darah pada sum sum tulang
  8. Bekerja sama dengan tulang pengumpil untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia
  9. Sebagai penarikan otot
  10. Fleksibelitas sendi siku
Baca Juga  Mekanisme Pernapasan dada dan Perut

Melihat besarnya penggunaan fungsi tulang hasta dalam kehidupan sehari-hari, yang menjadi catatan penting untuk setiap orang pahami bahwa tulang hasta memiliki ciri dengan ukuran yang lebih panjang dan tipis.

Hal itu, sehingga untuk menjaga dalam menggunakan fungsi tulang hasta dalam membantu pergerakan tangan setiap orang, ternyata dari bentuk tulang hasta ini rentan terhadap patah diakibatkan dari trauma.

Apabila hasta pecah, yang biasa terjadi dimana pada titik di mana pengumpil dan hasta akan membentuk sendi atau di mana hasta membentuk sendi dengan tulang karpal tangan.

Bukan main-main jika setiap orang tidak merawat tulang hasta dan sistem kerang tulang manusia yang lainnya. Sebab ketika tulang hasta patah membuat nyeri yang luar biasa sakitnya,

Tidak hanya rasa sakit yang diterima, melainkan kesulitan menggerakkan sendi dan bahkan deformitas lengan jika frakturnya majemuk.

Patah tulang lengan bawah diaphyseal, biasanya disebut sebagai fraktur atau patah tulang pergelangan tangan. Hal ini adalah cedera yang biasa terjadi pada tulang hasta, sehingga patah tulang hasta sudah banyak terjadi oleh banyak orang.

Walaupun trauma yang paling biasa, namun alasan paling kuat patah tulang hasta adalah jatuh pada lengan yang terentang.

Jenis Patah Tulang Yang Memengaruhi Fungsi Tulang Hasta

10 Fungsi Tulang Hasta Manusia Yang Penting Untuk Pergerakan Tangan
10 Fungsi Tulang Hasta Manusia Yang Penting Untuk Pergerakan Tangan

Melihat fungsi tulang hasta yang begitu besar, maka tidak hanya tulang hasta yang harus diperhatikan bagi kita semua.

Ternyata, bagian-bagian tulang lainnya yang terdapat dalam sistem kerangka manusia juga perlu diperhatikan.

Sebab, terdapat bagian-bagian tulang yang dapat mempengaruhi tulang hasta, sehingga membuat fungsi tulang hasta digunakan secara optimal dalam beraktivitas.

Adapun jenis-jenis patah tulang yang dapat memengaruhi tulang hasta adalah:

  • Patah tulang Tertutup. Ini adalah patah tulang parsial atau penuh di mana tulang tidak menembus kulit.
  • Patah tulang lengkap/Fraktur Lengkap. Juga dikenal sebagai fraktur terbuka, ini terjadi ketika sepotong fragmen tulang menembus kulit.
  • Patah tulang Greenstick. Ini adalah patah tulang parsial, juga dikenal sebagai patah tulang garis rambut ke tulang lain yang utuh.
  • Patah tulang Comminuted. Ini terjadi ketika tulang pecah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.
  • Patah tulang campuran. Juga dikenal sebagai fraktur terbuka, ini terjadi ketika sepotong fragmen tulang menembus kulit.
Baca Juga  Macam-Macam Tulang Manusia

Perawatan patah tulang tertutup tidaklah terlalu susah dan rumit dibandingkan dengan perawatan patah tulang terbuka. Hal landasannya adalah tingkat risiko infeksi.

Akan tetapi, setiap patah tulang yang terjadi, diperlukan perawatan yang intensif baik itu tulang hasta dan tulang-tulang yang lainnya. Olehnya itu, untuk menghindari sakitnya patah tulang dan biaya yang mahal,

Bagi kita semua untuk mengambil jalan yang aman dan hemat yaitu dengan melakukan pencegahan terhadap apapun yang dapat membuat kelainan bentuk tulang dan sendi dan mengurangi gangguan fungsi.

Jenis patah tulang lain yang berbeda adalah patah tulang stres. Patah tulang stres bukan merupakan hasil dari satu peristiwa traumatis tunggal, karena terjadi secara perlahan seiring waktu karena posisi yang tidak tepat atau penggunaan berulang yang berlebihan.

Perawatan untuk patah stres bervariasi berdasarkan pada jenis patah yang dihasilkan.

Individu yang mengalami patah tulang stres harus diberi arahan tentang pencegahan patah tulang stres di masa depan sebagai bagian dari program rehabilitasi mereka.

Demikianlah informasi mengenai 10 Fungsi Tulang Hasta Manusia Yang Penting Untuk Pergerakan Tangan.  Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *