Menu

[ Jawaban ] 1 Meter berapa cm? Inilah Jawaban yang Benar

Inilah jawaban 1 meter berapa cm (centimeter) yang banyak digunakan oleh para siswa dalam menyelesaikan tugas mencari ukuran panjang. Tapi sebelum kita membahas mengenai meter ke cm (centimenter) maka kita terlebih dahulu menjelaskan mengenai pengertian meter dan pengertian centimeter termasuk dengan contoh soal mengenai meter dan centimeter serta pembahasan yang lengkapnya.

Jawaban 1 Meter Berapa CM (centimeter

Pengertian Meter dan Centimeter

Satuan meter adalah satuan dasar untuk dapat mendefinisikan satuan panjang dari sebuah benda versi Satuan Internasional (SI). Meter telah ditetapkan menjadi satuan panjang pada tahun 1983 sesudah mengalami proses yang panjang. Sejarah satuan panjang meter pun dimulai dari sejak tahun 1971.

Pada pengukuran panjang yaitu meter adalah satuan yang paling banyak kita gunakan sebagai suatu acuan. Negara-negara yang biasanya memakai meter yaitu Indonesia dan negara asia yang lainnya. Oleh karena itu, mengonversi ukuran panjang ke satuan yang lainnya terhadap meter itu begitu sangatlah penting.

1 meter berapa cm

Centimeter

Satuan centimeter atau yang selalu disingkat menjadi cm adalah satuan untuk mendefenisikan panjang dari sebuah benda. Satuan cm adalah unit untuk SI atau Sistem Internasional, dan untuk sistem cgs. Kalau dilihat dari segi turunannya, cm termasuk dari turunan dari meter.

Hal tersebut dapat kita lihat dengan melalui tangga konversi panjang yang biasanya kita lihat bahwa centimeter itu tepat berada dua tinggkat di bawah dari satuan meter. Hal ini berarti menunjukkan untuk bisa mengonversikan 1 meter berapa cm maka mesti dikali 10. Mesti diingat bahwa konversi pada rumus tangga pengukuran akan selalu kita kalikan kalau arahnya menuju ke bawah atau turun.

Baca Juga  [ Jawaban ] 1 Ons Berapa Gram? Ini Rumus dan Penjelasannya

Rumus = meter x 100 = …cm

Konversi dari Meter Ke CM (centimeter)

Setelah kita selesai dengan penjelasan mengenai satuan panjang dan sistem internasional yang di atas maka kita akan membahas mengenai perhitungan yang sebenarnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa letak dari kedua satuan ini berada tepat dalam satu tangga satuan panjang. Akan tetapi posisi meter itu lebih tinggi dari dua tingkat. Pada pengukuran atau konversi dimanapun, saat satuan yang akan dikonversikan itu lebih tinggi posisinya maka caranya yaitu kita kalikan.

Hal tersebut juga berlaku untuk konversi yang berasal dari bilangan meter ke centimeter (cm). Nah untuk penghitungannya akan kita jelaskan sebagai berikut:

Karena kita akan mengonversi dari meter ke cm (centimeter) adalah berjarak dua tangga maka dalam konversinya dikalikan dengan bilangan 100. Sampai ketika ingin menemukan jawaban 1 meter berapa cm (centimeter) maka kita perlu mengalikannya dengan angka 100. Sampai dapat diketahui bahwasanya setiap 1 meter adalah mewakili dari 100 centimeter. Adapun contoh lainnya akan diterangkan di bawah ini.

Kalau ingin mengonversikan 8 meter menjadi bilangan centimeter maka kita tinggal mengalikannya dengan 100. Bilangan 8 dikalikand engan 100 yaitu 800. Dengan demikian bahwa 8 meter akan dikonversikan menjadi cm atau centimeter menjadi 800 cm.

Baca Juga  Penemu Algoritma, Istilah Dari Seorang Ilmuwan Arab Yakni Al-Khawarizmi

berapa meter ke cm

Hal tersebut juga berlaku pada bilangan decimal. Sebagai contonya yaitu bilangan 0,25 meter akan kita ubah menjadi cm (centimeter) maka kita perlu hanya mengalikan angka 0,25 tersebut dengan angka bernilai 100. Hasil dari pengalian angka 0,25 maka akan menghasilkan nilai sebesar 25. Jadi 0,25 meter itu memiliki nilai yang sama dengan 25 cm (centimeter).

Dengan demikian bahwa setiap bilangan meter yang ingin dikonversikan menjadi cm mesti dikalikan dengan bilangan berjumlah 100. Hal tersebut wajib karena pada setiap turun satu tingkat itu dikalikan dengan bilangan 10. Kalau bilangan yang dimaksud yaitu bilangan decimal maka mesti memiliki ketelitian yang lebih lanjut.

Contoh Soal 1 Meter Berapa CM (Centimeter)

Contoh Soal Meter ke CM (centimeter)

Kalau panjang pada sebuah tombak memiliki ukuran panjang sebesar 1,5 meter maka berapa centimeter kah untuk panjang tombak tersebut??

Jawaban:

Rumus = meter x 100 = ….cm
jadi, 1,5 x 100 = 150 cm.

Jadi untuk ukuran panjang tombak tersebut adalah 150 cm.

Contoh Soal ke-2 Meter berapa cm

Ukuran tinggi tiang pohon yang terdapat pada halaman sekolah adalah 6 meter. Berapa centimeter atau cm kah pohon tersebut?

jawaban

Rumus : Meter x 100 = ….cm
6 x 100 = 600 cm.

Jadi untuk tinggi tiang bendera tersebut yaitu 600 cm.

Contoh Soal 3 Meter berapa centimeter

Ukuran tinggi gedung sekitar 10 meter maka berapa cm atau centimeter kah tinggi gedung tersebut??

Baca Juga  [ Jawaban ] 1 Ton Berapa Kwintal? Inilah Rumus dan Penjelasnnya

Jawaban
Rumus: Meter x 100 = … cm

10 x 100 = 1000 cm.

Jadi untuk tinggi gedung sebesar 1000 cm.

Contoh Soal ke-4 meter ke cm

Sebuah mistar berukuran panjang 11 meter maka berapa centimeter ukuran mistar tersebut?

Jawaban

Rumus meter ke cm

Meter x 100 = …..cm

11 x 100 = 1100 cm

jadi jawabanya yang tepat untuk 11 meter berapa cm yaitu 1100 cm.

Contoh Soal ke-5 Meter ke cm

Berapa cm ukuran panjang sebuah jalanan yang memiliki panjang sebesar 350 meter?

Jawaban:

Rumus: Meter x 100 = ….cm

350 x 100 = 35000 cm.

Contoh Soal ke 6 Meter ke cm

Sebuah mobil memiliki panjang sebesar 7 meter, maka berapa centimeter ukuran 7 meter tersebut??

Jawaban

Rumus :

meter x 100 = …. cm
7 x 100 = 700 cm.

Nah, demikianlah informasi tentang 1 meter berapa cm (centimeter). Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada adik-adik yang belum mengetahui pengukuran panjang meter ke cm.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *