Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[ Jawaban ] 1 Liter Berapa ml? Lengkap Rumus dan Penjelasannya

Inilah jawaban pertanyaan 1 liter berapa ml yang dilengkapi dengan rumus menghitung liter ke ml dan penjelasan contoh soalnya.

Tentu saja kita pernah mendapatkan pertanyaan pada tugas-tugas semasa sd, smp dan sm mengenai pertanyaan 1 liter berapa ml. Jika kita perhatikan untuk pertanyaan ini memang sangat mudah dijawab akan tetapi ketika nilai liternya di atas 1 maka kemungkinan kita akan kesusahan dalam menjawab nilai konversi liter ke ml. Oleh karena itu, disini tim artikelsiana.com akan menyajikan informasi mengenai penjabaran rumus menghitung liter ke ml dan contoh soalnya.

Sebelum kita membahas terlalu jauh tentang 1 liter berapa ml dan contoh soalnya. Sebaiknya terlebih dahulu kita membahas besaran volume yang ada pada liter.

Besaran Volume (isi) benda dapat kita nyatakan dalam berbagai macam satuan volume seperti kaki kubik, gallon, meter kubik dan lain sebagainya.

Satuan volume yang terdapat pada sistem Internasional (SI) yakni meter kubik. Memahami mengenai satuan volume dapat membantu memprediksi atau memperkirakan jumlah volume benda yang terdapat pada suatu ruang atau wadah. Kita bisa lebih mudah membayangkan seberapa banyak 1 liter daripada membayangkan seberapa banyak air 1 gayung.

Walaupun sebenarnya satuan liter itu bukanlah satuan Sistem Internasional, akan tetapi sering digunakan sebagai satuan volume. Pada satuan liter memiliki kesetaraan langsung dengan satuan SI yakni 1 liter = 1 decimeter kubik. Satuan liter secara umum lebih sering digunakan dalam menyatakan volume benda gas, benda cair dan benda padat pada sebuah bentuk butiran (beras, pupuk, jagung dan sebagainya).

1 liter berapa ml

1 Liter Berapa Ml

Pengertian Liter

Bicara tentang liter merupakan bagian dari satuan uni pengukur volume. Meskipun sebenarnya satuan liter dan mililiter ini bukan bagian dari unit satuan internasional, akan tetapi sudah disenaraikan menjadi salah satu dari unit yang ada di luar Satuan Internasional yang diterima penggunaannya dengan SI.

Pengertian Mililiter

Mililiter atau ml adalah satuan unit SI untuk panjang yang memiliki nilai sebesar 1/1000 meter. Sama halnya dengan unit yang lainnya yang dimana memiliki awalan mili dipakai untuk dapat mengalikan unit dasar (dalam hal ini yakni meter) dengan 1/1000.

Baca Juga  Rumus Menghitung Meter ke Cm, ukuran meter x 100 = .... cm

Satuan milimeter (atau kadang-kadan g sentimeter) juga digunakan pada kalangan metereologi sebagai ukuran curah hujan atau presipitasi cair. Munculnya satuan ini yaitu dari hasil penyederhanaan untuk liter per meter persegi. Satu liter adalah sama dengan 106 milimeter kubik. Sedangkan untuk satu meter persegi adalah 106 milimeter persegi. Oleh karena itu, milimeter dengan liter per meter persegi adalah identik.

Besaran volume (isi) benda dapat kita nyatakan dalam berbagai satuan volume seperti gallon, kaki kubik, meter kubik dan lain sebagainya.

Jawaban 1 Liter berapa ml?

Air adalah suatu senyawa yang seringkali terlihat dan memiliki jumlah yang sangat banyak di bumi. Dikarenakan sifatnya yang teramat mudah berubah bentuk dan sangat mudah ditemukan, konversi satuan pada air itu sangat dibutuhkan agar dapat memudahkan manusia dalam melakukan penghitungan dan menganalisis air. Nah, berikut ini satuan air yang umum digunakan dan konversinya ke bentuk yang lainnya.

Satuan Liter
Konversi Lainya
1 liter 1 dm3
1 liter 1000 cc
1 liter 1000 ml
1000 liter 1 m3
1 ml 1000 mm3
1 liter 1 kg
1000 liter 1 m3
0,1 liter 100 gram
1 liter 1 dm3

Supaya kita lebih mudah menghafalnya maka pahami menggunakan pendekatan sehari-hari seperti yang ada di bawah ini.

JIka mempunyai bak mandi yang berukuran sebesar 1m x 1m x 1m maka volume airnya sebesar 1000 liter.

Kalau membeli air minum mineral sebanyak 1 liter maka untuk volume airnya sama dengan 1000 cc / 1000 ml.

Berat 1 kg air yang terdapat pada kantong plastik memiliki volume air sebanyak 1 liter.

Konversi Satuan Volume

Konversi satuan yakni mengubah dari satuan ke satuan yang lainnya. Ada beberapa satuan volume yang berbeda dimana berbasis liter yakni kiloliter, hektoliter, dekaliter, deciliter, centiliter, mililiter dan lainnya.

Kalau kita membeli bahan bakar minyak, semisal minyak solar maka untuk volumenya dinyatakan dalam bentuk satuan liter. Obat-obat cair, misalnya sirup obat batuk maka akan dinyatakan dalam satuan mililiter. Mengubah dari satuan liter ke mililiter ataukah sebaliknya maka disebut sebagai konversi satuan.

Baca Juga  [ Jawaban ] 1 Meter berapa cm? Inilah Jawaban yang Benar

Konversi satuan secara umum dilakukan untuk dapat menyederhanakan satuan. Contohnya angka yang besar akan disederhanakan dengan menggunakan satuan yang dapat menampung nilai yang lebih besar.

Semisal, 2000 liter air akan kita sederhanakan menjadi 2 kiloliter air. Konversi satuan ini dilakukan untuk dapat mengikuti satuan standar. Misalnya orang bisa lebih mudah membayangkan air sebanyak 1/2 liter air dibandingkan 50 deciliter air, padahal volumenya itu berjumlah sama.

Tangga Satuan Liter

satuan tangga liter

Tangga satuan liter bisa membantu dalam mempermudah pemahaman tentang satuan volume yang berbasiskan liter. Nah, berikut ini terdapat beberapa manfaat dari tangga satuan liter.
1. Menunjukkan nama satuan volume yang berbasiskan liter.
2. Menunjukkan pada urutan satuan volume yang berbasis liter.
3. Menunjukkan adanya faktor konversi satuan yang berbasiskan liter.
4. Menjadi acuan pada konversi satuan volume yang memiliki basis liter.

Simbol Satuan Volume berbasis liter

Adapun satuan volume yang biasa ditulis menggunakan simbol satuan. Simbol satuan volume yang berbasiskan liter adalah singkatan dari huruf huruf pada satuan tersebut. Simbol-simbol itu diantaranya yakni:

Simbol Satuan Volume Berbasis Liter
kl  kiloliter
hl  hektoliter
dal  dekaliter
liter
dl  deciliter
cl  centiliter
ml milliliter

Rumus menghitung liter ke ml

Pada dasarnya untuk tangga satuan liter itu sama dengan tangga satuan meter. Dimana kata meter diganti menjadi liter. Sehingga menghasilkan satuan volume yang diantaranya kiloliter, hektoliter, dekaliter, liter, desiliter, centiliter dan mililiter. Aturannya pun sama, jika satuan yang ingin dikonversi lebih besar dibandingkan satuan volume yang ingin dicari nilainya maka pada tangga satuan volume tersebut akan dikalikan 10. Jika terdapat selisih 2 tangga maka akan dikalikan 10 x 10 = 100. Kemudian jika terdapat 3 selisih tangga satuan maka akan dikalikan 10 x 10 x 10 = 1000. Begitupun seterusnya.

Akan tetapi jika nilai satuan volume yang dikonversi itu dari bawah ke atas tangga satuan volume maka akan dibagi 10. Jadi, jika liter ke kiloliter maka terdapat selisih 3 tangga ke atas untuk sampai pada kiloliter sehingga nilainya akan dibagi 1000 atau 1/1000.

Baca Juga  Cara Mengubah Ukuran Meter ke Cm dengan benar
Contoh Soal 1 Liter berapa ml

Contoh Soal 1

Pada sebuah truk tangki mampu mengangkut muatan hingga sebesar 5 kiloliter bensin. Maka berapa literkah bensin yang mampu diangkut oleh mobil truk tangki tersebut??

Jawaban:

1 kl = 1000 liter.

5 kiloliter (kl) = 5 x 1000 liter.

Maka untuk bensin yang diangkut oleh mobil truk tangki tersebut yaitu 5000 liter.

Contoh Soal 2

Jika diketahui bahwa 1 botol air mineral memiliki isi sebesar 600 ml maka berapakah untuk volume air mineral yang terdapat pada botol tersebut dalam liter?

Jawab:

ml ke liter

1 ml = 1:1.000 ml.

600 ml diubah menjadi liter yaitu menggunakan rumus berat berat air dalam botol (ml) x 1/1000 = … liter

600 ml x 1/1000 = 0,6 liter.

Jadi volume air mineral yang terdapat pada botol sebesar 0,6 liter.

Contoh Soal 3

Kalau diketahui pada sebuah kaleng cat memiliki isi sebanyak 2,5 liter. Maka berapa ml kah untuk volume cat yang terdapat pada kaleng??

Jawaban:

mililiter ke liter

1 liter (l) itu sama dengan 1000 mililiter (ml)

Rumus yang digunakan yaitu:

berat kaleng cat (liter) x 1000 = …. ml
2,5 x 1000 = 2500 ml
Jadi jawabannya yaitu volume cat yang terdapat pada kaleng sebesar 2500 ml.

COntoh Soal 4

Sebuah kolam renang berisi air sebanyak 1500 liter. Berapa ml kah air yang terdapat pada kolam tersebut?
Jawaban:

Rumus menghitung liter ke ml

banyak air kolam (liter) x 1000 = ….. ml

1500 x 1000 = 1.500.000 ml.

Nah, demikianlah informasi tentang jawaban 1 liter berapa ml yang lengkap dengan rumus dan penjelasannya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan info tentang besaran liter diubah menjadi ml.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *