Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[ Jawaban ] 1 Kg berapa gram? Inilah Rumus dan Penjelasannya

Inilah jawaban pertanyaan 1 kg berapa gram yang dilengkapi dengan penjelasan rumus menghitung kg ke gram. Adapun cara menghitung berat dari kg ke gram, sebenarnya hampir sama dengan penjelasan pada artikel 1 ton berapa kg dan 1 ton berapa kwintal yang sebelumnya sudah kita bahas.

Setelah kita mengupas tuntas penghitungan dari ton ke kg maka kita akan beralih pada penghitungan 1 kg berapa gram.

Tapi sebelum kita terlalu jauh membahas jawaban 1 kg berapa gram, terlebih dahulu kita membahas mengenai kilogram.

Terdapat beberapa macam benda yang bisa dengan mudahnya kita hitung untuk menyatakan berapa jumlahnya, semisal meja, mobil, bola dan lain sebagainya. Disebabkan karena ukurannya yang besar, maka benda tersebut bisa secara mudah dihitung. Benda-benda yang mempunyai ukuran yang terlalu kecil untukd dapat dihitung secara satu persatu atau benda cair yang biasanya kita nyatakan pada satuan volume atau berat. Baca juga: 1 meter berapa cm

Banyaknya atau kuantitas benda yang berukuran kecil dan benda cair itu seringkali kita nyatakan pada satuan berat. Bahkan ada beberapa benda yang sudah lebih dulu populer dinyatakan dalam satuan volume, sekarang biasanya dinyatakan pada satuan berat semisal minyak goreng, cat, beras dan lain sebagainya. Baca juga: 1 ton berapa kwintal. BAca juga: 1 cm berapa mm

Banyak yang telah menyetujui bahwa satuan berat yang terkenal dan sering digunakan sehari-hari yaitu satuan kilogram dan gram. Nah, kira kira bagaimanakah hubungan antara satuan berat kilogram dan gram?? Nah, berikut ini kita akan menjelaskan tentang konversi satuan berat dari kilogram ke gram yang dilengkapi dengan rumus mengubah kg ke gram dan contoh soalnya.

1 kg berapa gram

1 Kg berapa gram

Pengertian Kilogram

Bicara mengenai apa itu kilogram (kg), pasti diantara kita semua sudah banyak yang mengetahui. TApi tidak apalah kita membahasnya di sini. Kilogram atau kg adalah satuan unit SI untuk massa. Adapun 1 gram itu didefinisikan sebagai 1/1000 kilogram. Kilogram didefinisikan itu bernilai sama dengan massa dari sebuah kilogram standar yang sudah disimpan di Serves, Prancis. Massa kilogram standar ini hampir mirip dengan massa 1 liter air.

Baca Juga  Cara Mengubah Ukuran Meter ke Cm dengan benar

Pada penggunaan sehari-hari, massa dari sebuah benda itu disamakan dengan berat, padahal sebenarnya untuk keduanya merupakan hal yang berbeda sama sekali, kita bisa melihatnya dari nilai dan konsepnya. Pada konteks sains, massa merujuk mengenai banyaknya jumlah partikel yang terdapat pada suatu objek. Sedangkan berat itu diartikan kepada gaya yang sudah dialami oleh suatu benda karena adanya gaya gravitasi. Sebuah objek yang mempunyai massa satu kilogram akan mempunyai berat sekitar 9.78 newton dan 9.83 newton dimana tergantung dari adanya gravitasi yang terdapat pada tempat tersebut.

tangga satuan berat kg ke gram

Pengertian Gram

Gram adalah satuan dari massa yang bersimbolkan g, kata gram itu sendiri berasal dari bahasa Yunani/Latin yakni gramma. Mengenai pengertian gram, itu tidak jelaskan secara detail, akan tetapi gram dihadirkan untuk menyederhanakan pengukuran jika massa bendanya berukuran kecil dan supaya tidak muncul angka desimal pada hasil pengukurannya. Semisal massa pensil tersebut sebesar 5 gram, namun jika kita tuliskan dalam bentuk kilogram (kg) maka nilai yang dihasilkan sebesar 0,005. Tentu saja angka desimal akan terlihat tidak hemat penulisan dan tidak sederhana atau ribet.

Penulisan Satuan Berat Menurut Sistem Internasional (SI)

Satuan berat yang terdapat pada sistem internasional (SI) itu berdasarkan pada satuan berat standar “gram”. Semua satuan yang lainnya diturunkan pada satuan gram tersebut. Penulisan satuan gram yang benar untuk dapat menyatakan berat benda yaitu “gram”. Semua huruf ditulis memakai huruf kecil. Akan tetapi kalau satuan gram disingkat dan singkatannya hanya menggunakan satu huruf yakni huruf “g”, itu pun dituliskan menggunakan huruf kecil. Kemudian untuk satuan berat yang lainnya yang berbasis gram maka dapat ditambah dengan menggunakan awalan (prefiks) yang sesuai semisal kilogram (kg), decagram (dag), hectogram(hg) dan lain sebagainya.

Baca Juga  Rumus Menghitung Meter ke Cm, ukuran meter x 100 = .... cm

Demikianlah informasi tentang jawaban pertanyaan 1 kg berapa gram. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan jawaban informasi mengenai pertanyaan kg ke gram.

Rumus Menghitung 1 Kg berapa gram

Untuk dapat mengetahui nilai 1 kg berapa gram maka rumus menghitung 1 kg berapa gram bisa kita gunakan rumus yang berasal dari tangga satuan berat.

Jika kita lihat dari tangga satuan berat maka kita bisa menyaksikan letak kg berada tangga ke 3 di bawah kg. Oleh karena itu jika letak gram itu di bawah kg maka berarti nilainya akan dikalikan 10 sebanyak 3 kali sesuai dengan letaknya di tangga satuan berat yaitu 10 x 10 x 10 = 1000.

Adapun rumus yang kita gunakan sebagai berikut:

Massa benda (kg) x 1000 = …. gram

Berapakah Nilai 1 Kg berapa gram

1 kg = 1000 gram.

Mesti diketahui bahwa untuk 1 kilogram itu sama dengan 1000 gram. Nah, untuk dapat mempermudah kita mengingat dari kedua satuan tersebut maka kita mesti mengetahui bahwa “kilo: mempunyai arti “ribu”. 1 Kilogram itu artinya 1 ribu gram. Kita juga seringkali mendengarkan bahwa untuk awalan “kilo” pada beberapa satuan yang lainnya semisal kilometer (1 kilometer = 1000 meter), kiloliter (1 kiloliter = 1000 liter, kilowat (1 kilowatt= 1000 wat) dan lain sebagainya.

Contoh Soal Menghitung Kilogram (kg) ke Gram

Nah, berikut ini terdapat beberapa contoh cara menghitung satuan berat dari kilogram ke gram yang mungkin saja dapat membantu anda dalam memahami mengenai kedua satuan berat tersebut.

Contoh Soal 1 Menghitung kg ke gram

Baca Juga  [ Jawaban ] 1 Ton Berapa Gram? Inilah Rumus dan Penjelasannya

3 karung jagung mempunyai berat sebesar 11 kg. Berapakah berat jagung pada karung tersebut jika diubah dalam bentuk gram?
Jawaban:

Rumus Menghitung kg ke gram

Massa karung (kg) x 1000 = …. gram
11 x 1000 = 11000 gram.

Jadi untuk berat jagung pada 3 karung tersebut dalam bentuk gram sebesar 11.000 gram.

Contoh soal 2 menghitung kg ke gram

Sebuah sabun mandi batangan mempunyai berat sebesar 0,35 kilogram. Berapakah berat sabun tersebut jika diubah dalam bentuk gram.

Jawaban:

Rumus menghitung kg ke gram
BErat sabun (kg) x 1000 = …. gram
0,35 x 1000 =350 gram.

Jadi untuk berat sabun mandi tersebut sebesar 350 gram.

Contoh Soal 3 Menghitung Kg ke gram

Satu kemasan kerupuk mempunyai berat sebesar 3,5 kg. Kerupuk tersebut akan dibagi secara rata dalam 4 kantong. Nah, berapa gram kah berat isi masing-masing pada kantong tersebut.

Jawaban:

Rumus Menghitung kg ke gram
( Berat Kerupuk (kg) / 4 kantong) x 1000 = …. gram
( 3,5 kg/4) x 1000 = … gram
0,875 x 1000 = 875 gram.

Jadi untuk berat isi setiap masing-masing kantong sebesar 875 gram.

Contoh Soal 4 Menghitung Kg ke gram

Sebuah toples kaca berisikan kopi sebanyak 3 kg. Kemudian 300 gram kopi tersebut dikeluarkan dari toples untuk diberikan kepada tamu. Berapa gram kah sisa kopi yang terdapat pada toples tersebut.

Jawaban:

Jumlah kopi dalam toples sebelum diambil = 3 kg x 1000 = 3000 gram.

Jumlah kopi yang dikeluarkan dari toples = 300 gram

Sisa kopi = 3000 – 300 = 2700 gram.

Jadi untuk sisa kopi yang terdapat pada toples tersebut sebesar 2700 gram.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *