Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Tol Laut adalah: Pengertian Tol Laut, Konsep & Manfaat Tol Laut di Indonesia

Tol Laut adalah: Pengertian Tol Laut, Konsep & Manfaat Tol Laut di Indonesia – Apasih itu Tol Laut? Maksud dari Tol laut adalah konsep untuk mengkonstruk proses pengangkutan logistik yang ada di Indonesia.

Program ini sedang gencar-gencarnya diterapkan oleh pemerintah Indonesia, siapa lagi kalau bukan Presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo.

Dengan hadirnya Tol Laut, tujuan dan fungsi ini pada dasarnya agar proses distribusi barang apalagi untuk bahan pangan yang di Indonesia dapat lebih mudah.

Dengan kemudahan itu, keuntungan yang didapatkan dengan hadirnya Tol laut adalah akan berdampak positif pada harga bahan pokok yang semakin merata di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, banyak yang berpikir bahwa Tol Laut ibarat atau serupa dengan jalan-jalan tol yang ada di kota-kota besar. Atau secara sederhana seperti membangun jalan tol di atas laut.

Melainkan yang perlu diketahui secara bersama bahwa yang dimaksud dengan konsep tol laut adalah jalur pelayaran bebas hambatan yang menghubungkan hampir seluruh pelabuhan di Indonesia misalnya yang sudah dijelaskan oleh Presiden ke-7 dan kini ke 8 yaitu Ir. Joko Widodo dalam videonya yang diunggah di Youtube.

Dapat dilihat bahwa pergerakan dalam program tol laut memang terapat cepat dan pesat. Pasalnya kini ada beberapa pelabuhan yang telah terhubung dengan sistem tol laut ini.

Contoh pelabuhan yang terhubung dengan tol laut Indonesia yang dicetuskan oleh Ir. Joko Widodo adalah pelabuhan Tanjung Priok dengan Tanjung Perak, Sorong dengan Tanjung Perak.

Jalur Tol Laut Indonesia

Adapun macam-macam jalur tol laut Indonesia ialah:

  1. Tanjung Perak, Belang Belang, Sangatta, Nununkan, Pulau Sebatik, Tanjung Perak.
  2. Tanjung Perak, Tidore, Morotai, dan Tanjung Perak.
  3. Tanjung Perak, Nabire, Serul, Wasior, Tanjung Perak.
  4. Biak, Oransbari, Weren, Sarmi, Biak.
  5. Tahuna, Kahakitang, Buhias, Tagulandang, Biaro, Lirung, Melangoane, Kakorotan, Miangas, Marore, Tahuna.
  6. Tanjung Priok, Tanjung Batu, Tarempa, Natuna, Tanjung Priok.
  7. Tanjung Perak, Saumlaki, Dodo, Tanjung Perak.
  8. Tanjung Perak, Kalbahi, Moa, Rote, Sabu, Tanjung Perak.
  9. Tobelo, Maba, Gebe, Obi, Sanana, dan Tobelo.
  10. Tanjung Perak, Wanci, Namlea, Tanjung Perak.
  11. Teluk Buyur, Pulau Nias Gunung Sitoli, Mentawai, Pulau Enggano, Teluk Buyur.
  12. Tanjung Perak, Makaasar, Tahuna, Tanjung Perak
  13. Tanjung Perak, Timika, Agats, Merauke, Tanjung Perak
  14. Tanjung Perak, Fakfak, Kaimana, Tanjung Perak.
  15. Tanjung Perak, Larantuka, Adorana, Lewoleba Tanjung Perak.
Baca Juga  Peristiwa Madiun/PKI dan Cara Pemerintah dalam Penanggulangannya

Pengertian Tol Laut: Apasih Tol Laut itu?

Yang dimaksud dengan pengertian Tol Laut secara umum adalah suatu konsep memperkuat jalur pelayaran yang menekankan pemerataan pertumbuhan ke Indonesia bagian timur melalui 24 pelabuhan strategis yang berfungsi sebagai hub dan feeder tol laut.

Tentunya sudah sangat jelas kapal yang dipakai untuk melintasi tol laut adalah kapal yang tidak sederhana. Untuk kapal yang melintasi tol laut ini adalah kapal yang berkualitas dengan kapasitas dan volume sangat besar.

Tujuan dan fungsi dari hal ini agar pengangkutan dapat dimaksimalkan dalam sekali. Tentunya manfaat dari hal ini untuk mengirim barang dalam jumlah besar.

Selain itu, berkualitasnya kapal itu memang diperlukan sebab kapal tol laut melintasi laut yang mempunyai jarak yang cukup jauh.

Berikut ini gambaran kapal yang telah disiapkan oleh Menhub untuk program tol laut di Indonesia.

Baca Juga  Pengertian Firma : Apa itu Firma ?..

Fungsi dan Tujuan Tol Laut

Tujuan dan fungsi tol laut ini menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut A. Tonny Budiono yang mengatakan bahwa untuk menurunkan biaya logistik dan meningkatkan pemerataan ekonomi melalui sistem transportasi laut yang teratur, terjadwal, dan terintegrasi di seluruh wilayah Indonesia secara efektif dan efisien.

Manfaat Program Tol Laut

Tidak heran sampai sejaun ini ada banyak yang menanyakan seputar manfaat yang didapatkan bangsa dan negara Indonesia dengan hadirnya program tol laut yang dicanangkan oleh Presiden ke-7.

Padahal, secara tidak langsung hampir semua masyarakat yang ada di Indonesia telah merasakan dampak yang menguntungkan dari hadirnya program Tol Laut.

Adapun manfaat atau peran yang berdampak positif atau menguntungkan bagi masyarakat dapat juga dilihat di bawah ini..,

1. Meningkatkan Kemandirian dan Jumlah Pendapatan Nelayan Indonesia

Dengan hadirnya program tol Laut, ternyata memberikan keuntungan yang baik atau positif bagi masyarakat Indonesia. Sebab pelabuhan yang telah diresmikan mempunyai fasilitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Apalagi kualitas itu yang menekankan pada bagian fasilitas penampung ikan yang akan dijual oleh nelayan dengan ukuran yang Lebih besar dan kebersihan yang terjaga.

Membaca penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan dengan hadirnya program tol laut ini berperan positif bagi nelayan agar dapat menjual ikan dalam jumlah yang lebih banyak.

2. Mewujudkan Nawa Cita Pertama

Sebagai pembuktian program atau janji yang selalu digembor-gemborkan pemerintah kepada masyarakat tidak lain adalah menekankan pada penguatan jati diri sebagai maritim terbesar di dunia,

Apalagi jika berbicara soal budaya, pada dasarnya Indonesia lahir dari nenek moyang pelaut, maka sudah sepantasnya dan mengingat kondisi geografis Indonesia memang sudah pasti untuk menjadikan maritim sebagai kekuatan utama bangsa Indonesia selain dari pada pertanian.

Baca Juga  Pengertian Benua dan Samudra Serta Luasnya

3. Pembangunan Infrastruktur dan Mengurangi Pengangguran

Dari sekitar 270 juta penduduk Indonesia, terdapat 7 juta diantaranya ialah tidak memiliki pekerjaan teteap atau pengangguran.

Sehingga dengan program tol laut, maka tujuan dan fungsi yang diharapkan angka 7 juta itu dapat berkurang secara signifikan.

Demikian ini dapat terjadi lantaran infrastruktur dari setiap wilayah Indonesia diperbaiki. Sehingga dapat lebih layak dan menarik untuk berkunjung para wisatawan lokal dan juga mancanegara.

Sebagai bangsa Indonesia, itu harus ikut serta dalam perkembangan negara, khususnya berkenaan mengenai kesejahteraan.

Bagi pelaku bisnis, sudah biasa melakukan pengiriman barang antar pulau, dengan hadirnya tol laut, manfaat itu terasa nyata dirasakan sebab tidak lagi pusing akan biaya kirim barang sudah semakin murah dan mudah.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Semua Lapisan Masyarakat Indonesia

Dapat dikatakan bahwa ini adalah manfaat utama berjalannya program laut laut, yakni sanggup membuat harga kebutuhan bahan pokok di seluruh wilayah Indonesia sama rata.

Hal itu terjadi lantaran jalur dan harga distribusinya yang sudah tidak semahal sebelum adanya program tol laut.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Tol Laut, Konsep & Manfaat Tol Laut di Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *