Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Asal Usul Tari Saman, dari Aceh Sampai Terkenal ke Mancanegara

Tari Saman memiliki keunikan. Selain dari gerakan penarinya yang terlihat kompak juga terdapat harmonisasi dari lagu dan paduan suara yang ikut mengiringinya. Hal tersebut telah membuat tari Saman menjadi sangat begitu terkenal. Bukan hanya terkenal dalam negeri, akan tetapi juga sudah terkenal pada seluruh dunia.

Tari Saman merupakan tarian yang asalnya dari Suku Gayo, Aceh. Biasanya pada tarian ini diadakan untuk bisa merayakan peristiwa penting dalam adat. Syairnya memakai bahasa Gayo. Tarian ini juga banyak diadakan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad Saw.

Tari Saman, dari Aceh Sampai Terkenal ke Mancanegara

tari saman dari aceh

Tari Saman Untuk Berdakwah

Tari Saman diciptakan oleh Syekh Saman yang merupakan seorang ulama berasal dari Gayo, Aceh Tenggara. Tarian ini mulai dikembangkan pada abad ke 14. Tari Saman termasuk salah satu sarana untuk menyampaikan pesan dakwah. Tarian ini mencerminkan keagamaan, sopan santun, kebersamaan, kekompakan, kepahlawanan dan pendidikan. Baca juga: Tari Saman berasal dari

Baca Juga  Pengertian Apresiasi, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Tingkatan Apresiasi

Penari Tari Saman

Pada awalnya, tari saman hanya dimainkan oleh para pria. Jumlahnya pun tak lebih dari 10 orang, 8 sebagai penari dan 2 lainnya sebagai pemberi aba-aba. Akan tetapi seiring perkembangannya, tarian ini bisa dimainkan oleh lebih dari 10 penari. Hal tersebut karena mereka menyadari bahwa semakin ramai penari maka tari saman akan terlihat semakin menarik. Selain daripada itu, para wanita yang awalnya tak boleh ikut memainkan tari Saman, ternyata juga sudah diperkenankan untuk memainkannya.

Baca Juga  Pengertian Budaya, Unsur, Ciri & Budaya Menurut Para Ahli

Tari Saman Tidak Membutuhkan Musik

Biasanya, tari Saman tak membutuhkan iringan berupa alat musik. Tari ini hanya diiringi oelh suara para penari dan tepuk tangan mereka. Kemudian dipadukan dengan cara memukul dada dan pangkal paha yang menjadi penyeimbang dan menghempaskan badan ke seluruh berbagai arah.

Tari Saman Membutuhkan Konsentrasi

Tari Saman ini dipandu oleh seorang pemimpin yang disebut syekh. Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah keharusan dalam menghadirkan tarian ini maka para penari mesti mempunyai konsentrasi yang tinggi. Mereka mesti berlatihan secara serius supaya bisa tampil dengan sempurna.

Baca Juga  Pengertian Pameran, Fungsi, Jenis Pameran, Tujuan & Manfaat Pameran

Demikianlah informasi Tari Saman, dari Aceh Sampai Terkenal ke Mancanegara. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda semua yang membutuhkan.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *