Menu

Sebutkan Komponen-Komponen Kebugaran Jasmani? Berikut Penjelasannya

Komponen-Komponen Kebugaran Jasmani – Seluruh bentuk dari kegiatan manusia selalu membutuhkan dukungan fisik. Sebab problem kemampuan fisik sebagai faktor dasar bagi setiap aktifitas manusia.

Sehingga untuk menjalankan setiap aktifitas sehari-hari, terlebih dahulu dengan mempunyai kemampuan fisik yang dapat mendukung aktifitas itu. 

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari setiap orang tidak akan lepas dari kebugaran jasmani,

Karena pada dasarnya kebugaran jasmani ialah salah satu faktor yang berperan penting dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Kebugaran jasmani terkait erat dengan keadaan kesehatan seseorang. Hal itu dapat dilihat dari definisinya 

Dimana salah satu indikator seseorang dapat dikatakan sehat adalah ketika ia memiliki kebugaran jasmani yang baik.

Sebutkan Komponen-Komponen Kebugaran Jasmani? Berikut Penjelasannya
Komponen-Komponen Kebugaran Jasmani

Menurut pengertian kebugaran jasmani, yang dijelaskan oleh Kusmaedi (2008:93) mengatakan bahwa kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk menjalankan tugas dan pekerjaan sehari-hari tanpa ada  dampak kelelahan yang berarti, sehingga tubuh masih memiliki simpanan tenaga untuk mengatasi beban tambahan.

Pembinaan kebugaran jasmani ini ini memiliki pengaruh besar bagi siswa untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah, serta aktivitas fisik lain yang ada diluar sekolah.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa arti dari kebugaran jasmani adalah kualitas kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari,

Hal itu dilakukan tanpa mengalami suatu kelelahan berlebihan dan masih dapat menikmati waktu luang serta selalu dapat siap untuk menjalankan aktivitas fisik lainnya.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Sebutkan Komponen-Komponen Kebugaran Jasmani? Berikut Penjelasannya
Pengertian Kebugaran Jasmani

Selain penjelasan diatas, diketahui bahwa istilah kebugaran jasmani mempunyai pengertian yang sama dengan physical fitness yang merupakan aspek fisik dari total fitness.

Aspek lain dari total fitness adalah Mental Fitness, Emotional Fitness, dan Social Fitness.

Yang dimaksud dengan mental fitness adalah sesuatu yang dapat diartikan sebagai pandangan, pengetahuan, kecerdasan, moral dan semangat kerja yang baik serta mampu mengatasi permasalahan dirinya sendiri maupun masyarakat.

Baca Juga  Penyebab Terjadinya Tendangan Penalti Permainan Sepak Bola

Sedangkan arti dari emotional fitness adalah adanya rasa ketenangan dan bebas dari adanya tekanan keluarga dan lingkungan masyarakat serta dapat menghadapi dan mengatasi kenyataan.

Selain itu arti dari social fitness ialah kemampuan dalam menyesuaikan, menempatkan dan juga mnegabdikan diri dalam lingkungan keluarga dan masyarakat yang ada.

Komponen Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani terdiri dari beberapa komponen misalnya saja yang dikemukakan oleh Rusli Lutan (2001:8) dalam F Suharjana (2008:66) bahwa komponen kebugaran jasmani terdiri dari kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan.

Adapun komponennya-komponen dalam kebugaran jasmani ialah:

1. Kelincahan

Yang dimaksud dengan Kelincahan ialah kemampuan tubuh untuk berpindah posisi dan arah secepat mungkin sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

Kelincahan dapat diukur dengan cara bolak-balik secepat mungkin sebanyak 6 – 8 kali (jaraknya 4 – 5 meter). 

2. Daya Ledak

Selain itu untuk komponen kedua adalah Daya ledak. Yang dimaksud dengan komponen ini adalah gabungan dari kekuatan dan kecepatan dimana kemampuan yang dilakukan dapat bekerja secara semaksimal mungkin.

Adapun bentuk-bentuk latihan yang dapat dilakukan ialah dengan melompat dengan dua kaki, melompat dengan satu kaki bergantian, melompat jongkok, melompat dua kaki dengan box. 

3. Daya Tahan

Menurut Pramono (2012) bahwa yang dimaksud dengan Daya tahan (endurance) yaitu kemampuan tubuh seseorang untuk melawan kelelahan yang dapat timbul saat melakukan aktivitas dalam waktu yang cukup lama. 

4. Kecepatan

Sedangkan menurut Penggalih (2015) bahwa arti dari kecepatan adalah seseorang yang mampu melakukan suatu gerakan yang berkesinambungan dalam waktu yang singkat. 

Baca Juga  Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur, Komponen, Faktor & Manfaatnya

5. Kekuatan Otot

Kekuatan otot ialah kemampuan yang dimiliki sekelompok otot itu untuk melakukan aktivitas dengan beban yang diterima. 

6. Daya Tahan Kardiorespirasi

Daya tahan kardiorespirasi ialah keadaan dimana kardiovaskuler dapat melakukan aktivitasnya dengan cara mengatasi beban yang berat selama waktu tertentu.

7. Kelenturan

Selain itu, arti dari kelenturan adalah efektifitas seseorang dalam menyesuaikan dirinya untuk melakukan seluruh aktivitasnya dengan penguluran seluas-luasnya khususnya otot dan ligamen disekitar persendian. 

Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Sebutkan Komponen-Komponen Kebugaran Jasmani? Berikut Penjelasannya
Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Sedangkan menurut Shomoro dan Mondal (2014) bahwa arti dari Komponen kebugaran jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti: 

1. Umur

Penurunan dan kenaikan tingkat kebugaran jasmani seseorang dapat dipertahankan ketika rajin dalam melakukan olahraga. Tingkat kebugaran jasmani akan mencapai maksimal pada usia 30 tahun.

2. Jenis Kelamin

Laki-laki setelah mengalami pubertas tingkat kebugaran jasmani akan jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan perempuan. Sebab terdapat perbedaan dengan perkembangan otot dan kekuatan otot.

3. Merokok

Adanya nikotin dalam rokok akan memperbesar pengeluaran energi yang terdapat dalam tubuh dan kadar karbondioksida yang terhisap juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang.

4. Status Kesehatan

Selain itu, terdapat gangguan fungsi pada tubuh seseorang akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas.

Oleh sebab itu kesehatan seseorang juga akan mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani.

5. Aktivitas Fisik

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani.

Sebab terdapat energi yang dipakai selama menjalankan kegiatan sebab sangat bermanfaat untuk tubuh.

Intensitas, durasi dan frekuensi yang baik akan mempengaruhi perkembangan kebugaran jasmani.

6. Obesitas

Baca Juga  Mengapa Setiap Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan? Ini Penjelasannya

Penggunaan tenaga yang lebih banyak akan membuat kebutuhan oksigen jauh lebih besar yang akan memacu jantung untuk bekerja lebih keras.

Hal ini dapat dialami pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau disebut juga dengan obesitas yang cenderung mempunyai tingkat kebugaran jasmani lebih rendah.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani sangatlah penting bagi kehidupan manusia, sebab dapat mengindarikan seseorang dari macam-macam penyakit.

Selain itu peran dan keuntungan yang didapatkan ketika kebugaran jasmani meningkat saat melakukan latihan secara benar dan teratur.

Sesuai dengan kondisi tubuh seseorang saat melakukan berbagai aktifitas jasmani yang berkaitan dengan olahraga, maka dapat membuat semangat dan motivasi kerja meningkat. 

Sebab salah satu tujuan utamanya adalah ingin mempertahankan kebugaran jasmani antar tubuhnya tetap selalu sehat dan fit. 

Adapun macam-macam manfaat dalam kebugaran jasmani ialah:

1. Fisiologis

Memperkuat sendi-sendi dan ligamen, meningkatkan kemampuan jantung dan paru, memperkuat otot tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi lemak tubuh, mengurangi kadar gula, mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner, memperlancar pertukaran gas.

2. Psikologis

Mengendurkan ketegangan mental, suasana hati senang, nyaman dan rasa terhibur.

3. Sosial

Meningkatkan kualitas dan kuantitas persahabatn dengan orang lain serta menghargai lingkungan hidup dan alam sekitar.

4. Budaya atau Kultur

Kebiasaan hidup sehat secara teratur dan terencana, melestarikan nilai-nilai budaya yang berkaitan dengan jenis latihan kesegaran jasmani dan olahraga terpilih (Depdikbud, 1997).

Demikianlah informasi mengenai Komponen-Komponen Kebugaran Jasmani dan informasi lainnya seperti manfaat dari kebugaran jasmani. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita bersama untuk pentingnya menjaga kesehatan kita. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *