Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Manfaat Sistem Penunjang Keputusan Menurut Ahli

Manfaat sistem penunjang keputusan– sistem penunjang keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) adalah suatu sistem yang bisa memberikan kemampuan dalam pemecahan masalah maupun kemampuan dalam mengomunikasikan untuk masalah yang memiliki kondisi semi terstruktur dan tidak terstruktur. Pada sistem ini digunakan dalam membantu pengambilan keputusan pada kondisi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur dimana tidak seorang pun mengetahui secara pasti bagaimana keputusan yang seharusnya dibuat (Turban, 2001).

SPK memiliki tujuan untuk menyediakan informasi, membimbing, memberikan perkiraan dan mengarahkan kepada para pengguna informasi supaya dapat melakukan pengambilan keputusan secara lebih baik.

Sistem penunjang keputusan merupakan suatu implementasi dari teori-teori pengambilan keputusan yang sudah diperkenalkan oleh ilmu-ilmu seperti operation research dan management science. Hanya saja, letak perbedaannya yaitu bahwa jika dahulu untuk dapat mencari penyelesaian masalah yang dihadapi itu harus dilakukan perhitungan iterasi secara manual (biasanya untuk dapat mencari nilai minimum, maksimum atau optimum). Sekarang ini komputer PC sudah menawarkan kemampuan dalam menyelesaikan setiap persoalan yang sama dalam waktu penyelesaian yang relatif singkat.

Baca Juga  Pengertian Demokrasi dan Nilai-Nilai Demokrasi

Watson dan Sprague mendefinisikan Sistem Penunjang Keputusan (SPK) sebagai sistem yang mempunyai lima karakteristik utama yakni (SPrague et.al 1993):

1. Sistem yang berbasiskan komputer.
2. Dipergunakan untuk dapat membantu para pengambil keputusan.
3. Untuk dapat memecahkan setiap permasalahan yang rumit dan mustahil dilakukan dengan melakukan penghitungan manual.
4. Melalui cara simulasi yang interaktif.
5. Dimana data dan model analisis sebagai komponen yang utama.

Manfaat Sistem Penunjang Kpeutusan

Komponen Sistem Penunjang Keputusan

manfaat sistem penunjang keputusan

Secara umum bahwa sistem penunjang keputusan itu dibangun oleh adanya tiga komponen besar yakni database managemnt, model base dan software system / user interface. Komponen sistem penunjang keputusan tersebut bisa digambarkan sebagai berikut:

a. Database Management

Adalah subsistem data yang terorganisir pada suatu basis data. Data adalah suatu sistem penunjang keputusan yang bisa berasal dari luar dan dalam lingkungan. Untuk kebutuhan SPK maka dibutuhkan data yang memiliki relevansi dengan permasalahan yang memang hendak untuk dipecahkan lewat simulasi.

Baca Juga  Pengertian Budaya Demokrasi, Prinsip-Prinsip & Contohnya

B. Model Base

adalah suatu model yang merepresentasikan setiap permasalahan dalam format kuantitatif (model matematika sebagai contohnya) sebagai dasar simulasi atau pengambilan keputusan yang termasuk didalamnya tujuan dari permasalahan (objektif), komponen-komponen yang berkaitan, batasan-batasan yang terdapat (constraints) dan hal-hal yang berhubungan lainnya. Model base akan memungkinkan pengambil keputusan dalam menganalisis secara utuh dengan mengembangkan dan membandingkan solusi alternatifnya.

c. User Interface / Pengelolaan Dialog

Adalah penggabungan antara dua komponen yang sebelumnya yakni Databse management dan model base yang disatukan dalam komponen ketiga (user interface). Setelah sebelumnya dipresentasikan dalam bentuk model yang dimengerti oleh komputer. User interface akan menghadirkan keluaran sistem bagi pengguna dan menerima masukan dari pengguna dalam sistem penunjang keputusan.

Manfaat Sistem Penunjang Keputusan

SPK bisa memberikan berbagai macam manfaat dan keuntungan. Adapun manfaat yang bisa kita peroleh yaitu:

1. SPK dapat memperluas kemampuan para pengambil keputusan dalam melakukan proses data atau informasi bagi para penggunanya.
2. SPK dapat membantu pengambil keputusan untuk dapat memecahkan masalah terutama berbagai macam masalah yang sangat rumit dan tak terstruktur.
3. SPK bisa menghadirkan suatu solusi secara lebih cepat dan hasilnya bisa kita andalkan.
4. Meskipun suatu SPK itu mungkin saja tidak dapat memecahkan masalah yang telah dihadapi oleh para pengambil keputusan. Akan tetapi dia bisa menjadi stimulan bagi para pengambil keputusan dalam memahami setiap persoalan karena bisa menyajikan berbagai macam pilihan pemecahan.

Baca Juga  Pengertian Fotografi, Tujuan, Jenis, Unsur & Sejarah Fotografi Dunia dan Indonesia

Daftar Pustaka

Sparague, R. H. and Watson H. J. 1993. Decision Support Systems: Putting Theory Into Practice. Englewood Clifts, N. J., Prentice Hall.
Turban , Efraim & Aronson, Jay E. 2001. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.

Demikianlah informasi tentang manfaat sistem penunjang keputusan. Semoga informasi ini dapat membawa manfaat kepada anda yang tertarik mempelajari sistem penunjang keputusan.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *