Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[ Jawaban ] Lagu Apuse Berasal Dari Daerah? Lirik Lagu dan Maknanya

Inilah jawaban pertanyaan lagu apuse berasal dari daerah? lagu apuse lirik, not lagu apuse, pencipta dan makna lagu apuse. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa lagu apuse adalah lagu daerah yang memang cukup terkenal di Indonesia. Bahkan, sejak kita berada di bangku sekolah Dasar (SD) anak-anak telah mengenali dan terbiasa untuk menyanyikan lagu apuse. Sebagai lagu daerah, Apuse memang telah mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. lagu ini mempunyai lirik yang begitu sederhana dan makna yang tergolong sangat dalam sehingga bagi siapapun yang menyanyikannya akan takjub dengan suasana lagunya.

Karena saking populernya, lagu apuse juga pernah dipakai nadanya untuk aransemen lagu Garuda di Dadaku untuk dapat membangkitkan semangt tim sepakbola Indonesia agar bisa memenangkan pertandingan melawan negara lain. lagu ini juga sudah banyak ditampilkan pada kegiatan pembukaan Asian Games 2018 lalu yang dibawakan oleh penyanyi bernama Edo Kondologit.

Baca Juga  [ Jawaban ] Mengapa Indonesia disebut Negara Kepulauan? Ini Kata Ahli

Berdasarkan uraian di atas, tentu saja teman-teman sudah bisa memahami mengenai apa itu lagu apuse. Kemudian bagi anda yang ingin mengetahui asal daerah lagu apuse maka silahkan anda menyimak informasi di bawah ini.

lagu apuse berasal dari

Lagu Apuse Berasal dari Daerah

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa lagu apuse adalah suatu lagu daerah yang berasal dari daerah Provinsi papua yang penciptanya berasal dari Jayapura. Akan tetapi, kita tidak dapat mengetahui siapa penciptanya, tak ada informasi tentang nama atau jenis kelamin siapa pencipta lagu apuse. Dan juga tidak diketahui kapan pertama lagu apuse ini dinyanyikan.

Lagu Apuse telah menjadi lagu daerah kebanggaan orang Papua secara khusus dan bangsa Indonesia secara umum. Oleh karena itu, lagu ini banyak dinyanyikan oleh orang-orang yang asalnya dari daerah lain. Bahkan, lagu apuse juga seringkali ditampilkan di kegiatan pembukaan event nasional maupun kegiatan internasional.

Baca Juga  Pengertian Negara Maju & Negara Berkembang Serta Ciri-Cirinya

Lirik Lagu APuse dan Artinya

Nah berikut ini lagu apuse lirik dan artinya.

Apuse kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Apuse kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

Arti Lirik Lagu Apuse

Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan tangan
Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan melambaikan tangan
Kasihan aku, selamat jalan cucuku
Kasihan aku, selamat jalan cucuku

Makna Lagu Apuse

Pada lagu Apuse ini mempunyai makna atau bercerita mengenai perpisahan seorang nenek atau kakek dengan cucunya. Dalam lagu tersebut, sang cucu berpamitan dengan kakek dan neneknya untuk bisa pergi pada sebuah tempat. Sang cucu pun mengatakan bahwa dia akan pergi ke teluk Doreri. Teluk Doreri termasuk pintu masuknya ke wilayah daratan Manokwari yang ada di Provinsi Papua Barat. Dalam lirik lagunya “Srafabye aswarakwar”, kakek atau nenek melepas kepergian sang cucunya. Meskipun merasa terasa berart, mereka akhirnya berpisah dengan sang cucu yang sudah pergi ke negeri seberang.

Baca Juga  [ Jawaban ] Tari Pakarena Berasal Dari Daerah? Ini Jawaban Benar

Nah, demikianlah informasi tentang pertanyaan Lagu Apuse berasal dari daerah? not lagu apuse, lirik lagu apuse, pencipta dan makna lagu apuse. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *