Menu

[ Jawaban ] Suku Baduy Berasal Dari Provinsi? 100% Benar

Inilah jawaban benar pertanyaan Suku Baduy Berasal dari?. Tentu saja banyak diantara kita yang belum mengetahui apa itu suku baduy dan asalnya darimana?. Nah, kali ini artikelsiana.com akan membahas mengenai apa itu suku badui dan asalnya darimana.

Suku Baduy atau Badawi (Arab) atau Bedouin adalah sebuah suku pengembara yang berada di Jazirah Arab. Sebagaimana suku-suku pengembara yang lainnya, Suku Badui selalu saja berpindah dari satu tempat menuju tempat lainnya sambil menggembalakan kambingnya.

Suku Badui termasuk salah satu suku asli yang berasal dari Arab. Perawakan suku Badui yang tergolong khas ini menyebabkan suku ini bisa langsung kita kenali. Perawakannya sebagaimana yang dituliskan dalam buku-buku sejarah Arab bahwa Suku ini memiliki perawakan tinggi dan berhidung mancung.

Penjelasan di atas merupakan penjabaran dari wikipedia yang tentu saja suku badui yang mencakup secara umum. Nah, coba kita tarik di Indonesia yang mempunyai berbagai macam suku yang tersebar di seluruh daerah. Akan tetapi, Ditengah kemajuan jaman sekarang ini, ternyata masih ada yang mempertahankan tradisi aslinya yaitu Suku Baduy.

Orang suku Baduy juga berasal dari sekelompok masyarakat Sunda. Mereka ada di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Adapun panggilan untuk suku Baduy atau Badui ini sering disebut dengan panggilan sebagai orang Kanekes.

Baca Juga  Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Karakteristik, Faktor, Sifat & Dampaknya

Ada yang mengatakan bahwa kelompok masyarakat etnis ini termasuk dalam sub etnis Sunda yang asalnya dari Lebak Banten. Mereka memang sampai sekarang ini masih tergolong menutup diri dari pengaruh dunia luar.

Selain daripada itu, Suku Baduy juga mempunyai keyakinan menolak untuk difoto, terutama untuk penduduk wilayah Baduy dalam. Ada yang mengatakan bahwa Suku Baduy adalah salah satu suku asli yang berasal dari Banten dengan jumlah penduduk sekitar 5000 sampai 8000 orang.

suku baduy berasal dari

Suku Baduy Berasal Dari

Asal Suku Baduy Berasal dari mana?

Dilansir dari laman Eventzero.org bahwa sebenarnya untuk sebutan nama Baduy adalah sebutan yang diberikan oleh seorang peneliti berasal dari Belanda. Mereka sepertinya sudah menyamakan orang Baduy dengan golongan Arab badawi yang memiliki ciri ciri nomaden atau hidup berpindah-pindah.

Sebutan Baduy ini juga berasal dari nama Gunung Baduy, sungai Baduy. Sungai dan gunung itu berada pada sebelah utara di daerah tersebut. Nah, sedangkan untuk suku Baduy itu lebih menyukai menyebut dirinya sebagai urang Kanekes atau orang kanekes yang memiliki arti sebagai nama asal kampung mereka.

Baca Juga  Inilah Kisah Dramatis Pertempuran Surabaya 10 November 1945

Kepercayaan Suku baduy

Orang Baduy atau Kanekes mengaku dari keturunan Batara Caikal yaitu salah satu dari tujuh dewa atau batara yang telah diutus ke Bumi. Selain daripada itu, asal usulnya tersebut seringkali dihubungkan dengan Nabi Adam yang menjadi nenek moyang pertama.

Kepercayaan mereka, bahwa dan keturunannya termasuk dalam warga Kanekes yang mempunyai tugas untuk bertapa atau asketik (mandita) supaya menjaga harmoni dunia.

Suku Baduy menurut Ahli Sejarah

Terdapat perbedaan sumber asal-usul suku baduy dengan para pendapat ahli sejarah. Para ahli sejarah sudah menyatukan pendapatnya. Catatan perjalanan para pelaut Portugis dan Tiongkok, Prasasti dan cerita rakyat mengenai Tatar Sunda yang minim keberadaannya telah menjadi dasar bukti sejarah.

Keberadaan masyarakat Kanekes dihubungkan dengan kerajaan Sunda yang sebelumnya telah runtuh pada abad ke-16 yang berpusat di Pakuan Pajajaran atau sekitar wilayah Bogor sekarang ini.

Bahasa Suku Baduy

Untuk melakukan komunikasi, suku baduy memakai bahasa dialek sunda banten. masyarakat suku baduyu ini juga ada yang mengerti bahasa Indonesia walaupun mereka tidak memperoleh pengetahuan dari sekolah.

Baca Juga  Penyebab Timbulnya Perdagangan Internasional

Masyarakat Suku Baduy tak mengenal sekolah jadi tak mengenali budaya tulis menulis. Usaha pemerintah untuk membangun fasilitas sekolah selalu saja ditolak keras oleh suku Baduy. Menurut mereka bahwa pendidikan itu berlawanan dengan adat istiadat yang telah menjadi tradisi mereka.

Wilayah Suku Baduy

Jika anda ingin bertema dengan orang-orang suku baduy maka silahkan anda mengunjungi kaki pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak Rangkasbitung, Provinsi Banten. Terdapat tiga desa utama yang menjadi mukim orang kanekes atau suku baduy yaitu Cibeo, Sikeusik dan Cikertawana.

Jawaban Suku Baduy Berasal dari?

Adapun jawaban yang benar pertanyaan mengenai asal suku baduy berdasarkan uraian yang ada di atas yaitu:

Suku baduy berasal dari Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak Rangkasbitung, Provinsi Banten.

Nah, demikianlah informasi mengenai jawaban pertanyaan Suku Baduy berasal dari? Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada adik-adik yang sedang menyelesaikan tugasnya.

1 vote, average: 5.00 out of 5
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *