Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[ Jawaban ] Mengapa Indonesia disebut Negara Kepulauan? Ini Kata Ahli

Inilah jawaban benar pertanyaan mengapa indonesia disebut negara kepulauan. Memang terdapat suatu alasan mengapa Indonesia dijuluki sebagai negara kepulauan dan sudah dikenal oleh banyak negara di dunia.

Mengapa “Indonesia disebut negara kepulauan itu karena wilayahnya yang tergolong luas dengan memiliki jumlah pulau sampai ribuan kepulauan di Indonesia yang terdiri atas 5 pulau besar dan sebanyak 17.000 lebih pulau kecil yang lainnya baik yang telah dihuni maupun yang tak dihuni.

Adapun hasil keputusan dari konvensi hukum laut internasional atau UNCLOS (United Nations Convention on The Law of The Sea) Pihak PBB juga sudah menyatakan bahwa Indonesia telah memenuhi syarat menjadi negara kepulauan yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Archipelagic State.

Baca Juga  Pengertian Interaksi Sosial dan Contohnya

Dalam berbagai macam konferensi, adapun wilayah yang disebut sebagai negara kepulauan yaitu Fiji, Papua Nugini, Filipina dan Bahana.

mengapa indonesia disebut negara kepulauan

Alasan Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan

Negara Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang letaknya membentang dari ujung barat yakni Sabang hingga ujung timur Merauke. Baik itu pulau yang telah memiliki penghuni maupun tak berpenghuni atau dihuni oleh sedikit penduduk.

Kepulauan ini terdiri dari 5 pulau besar yakni Jawa, Kalimantan, Papua, Sulawesi dan Sumatera. Kemudian pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya yakni Nusa Tenggara Barat, ambon, Madura, Bali dan ribuan pulau yang lainnya. Bahkan wilayah daratan di Indonesia juga tak satupun menyentuh benua lain secara langsung.

Baca Juga  Pengertian Peta dan Fenomena Fisik serta Fenomena Buatan Pada Peta

Letak Indonesia berada di tengah perairan yang begitu luas dan diapit oleh dua samudera yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Indonesia juga mempunyai perbedaan dengan banyak negara yang lainnya yakni dimana termasuk negara yang berbentuk kepulauan dan wilayahnya dihubungkan oleh perairan. Sementara itu negara lainnya, secara umum terdiri dari satu daratan besar dan tak terbagi sebagai pulau pulau kecil seperti Indonesia.

Indonesia Negara Kepulauan

Dengan memiliki pulau yang sebanyak ini maka akan melebihi jumlah pulau di Negara Maritim yang lainnya. Akan tetapi, untuk negara non Maritim, jumlah Pulau di Indonesia kalah dengan jumlah pulau yang terdapat di Finlandia dan Kanada. Namun kebanyakan dari pulau-pulau mereka tidak terlalu besar dan berada di tengah danau. Dengan demikian maka Kanada dan Finlandia tidak dianggap sebagai negara kepulauan. Karena pada keputusan UNCLOS pasal 47 mengenai negara Kepulauan ayat 1, menyatakan bahwa pada suatu negara dapat disebut sebagai negara kepulauan jika negara tersebut mempunyai luas daratan yang berbanding dengan lautan sebesar 1:1 hingga 1:9.

Baca Juga  [ Jawaban ] Suku Baduy Berasal Dari Provinsi? 100% Benar

Nah, demikianlah jawaban mengenai mengapa indonesia disebut negara kepulauan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada adik-adik yang sedang membutuhkan. Kemudian bagi anda yang memiliki pertanyaan, silahkan anda mengirimkan pertanyaan lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

1 vote, average: 5.00 out of 5
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *