Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

7+ Cara Membuat Titik Daftar Isi Otomatis Berdasarkan Nomor Halaman

Inilah langkah mudah cara membuat titik daftar isi pada microsoft word. Berbicara tentang cara membuat daftar isi, tentu daftar isi adalah halaman yang sangat penting pada pembuatan karya ilmiah. Mulai dari daftar isi skripsi, daftar isi makalah, daftar isi jurnal, daftar isi makalah dan daftar isi buku yang lainnya. Karena pada daftar isi akan memegang peranan penting dalam mengetahui seperti apa isi suatu karya ilmiah. Dengan adanya daftar isi kita juga akan terasa lebih mudah dalam melakukan pemilihan untuk halaman mana yang ingin kita baca secara terlebih dahulu.

Tentu saja dalam membuat titik daftar isi kalau kita lakukan menggunakan cara manual maka akan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Karena kita mesti mengetik titik daftar isi secara satu persatu. Nah, tutorial kali ini saya akan berbicara mengenai cara membuat titik daftar isi pada microsoft office word yang otomatis terupdate. Cara setting otomatis akan lebih efektif, cepat dan mudah. Sekaligus untuk hasilnya sangatlah rapi.

Pada tutorial kali ini bisa dipakai untuk semua jenis microsoft word. Yang mulai dari versi jadul microsoft word 2013, 2007, 2010, 2013 atau 2016 yang pada saat itu tahun pembuatannya sama. Langsung saja kita menyimak tutorial atau cara membuat titik daftar isi hingga selesai.

Cara Membuat Titik Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word

Pada tutorial kali ini saya memakai microsoft word yang versi 2013. Kalau anda memakai versi yang lainnya maka diharapkan untuk menyesuaikan.

Baca Juga  3+ Cara Daftar Email Baru Gmail, Yahoo dan Hotmail yang Anti Hacker

Pembuatan Titik Daftar Isi

1. Silahkan anda membuka halaman daftar isi yang telah anda buat. Selanjutnya, blok semua baris yang ingin kita berikan titik titik secara otomatis.

cara membuat titik daftar isi

2. Selanjutnya lakukan klik kanan pada bagian baris yang telah diblok tadi. Kemudian pilihlah menu paragraph.

titik daftar isi

3. Kemudian pilihlah tabs yang tempatnya pada bagian sudut kiri paling bawah sekali.

4. Kemudian lakukan penyettingan pada halaman tabs. Dalam Tab Stop Position, isilah dengan lebar halaman kerja supaya panjang titik titik tak berlaku panjang atau terlalu pendek. Sebagai contoh, lebar halaman yang saya buat berukuran 13 cm. Perhatikanlah gambar yang ada di bawah ini:

5. Selanjutnya pada bagian “Allignment” pilihlah Right. Kemudian Leader pilihlah nomor 3, tekan tombol set. Lalu tekan OK untuk dapat menyelesaikannya. Seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini:

6. Selanjutnya letakkanlah kursor pada sebelah kanan baris pertama dari daftar isi. Kemudian tekanlah Tab di keyboard. Akan tetapi jangan lupa untuk memberikan nomor halaman.

cara menghasilkan daftar isi yang cepat dan otomatis

7. Selesai.

Adapun untuk cara yang kedua bisa kita lakukan dengan cara yang ada di bawah ini, tapi sebelum kita bahas terlebih dahulu kelebihan daftar isi otomatis yakni jika terdapat perubahan yang terjadi pada halaman dokumen maka daftar isi akan secara otomatis melakukan perubahan.

Baca Juga  35+ Contoh Daftar Isi Skripsi, Laporan dan Aturan Penulisan yang Benar

Mesti diketahui bahwa, tutorial atau cara membuat titik daftar isi secara otomatis hanya berlaku pada microsoft word 2003, microsoft word 2007, microsoft word 2010, microsoft 2013, microsoft word 2016 dan microsoft word 2018. Tentu saja untuk tutorial cara buat titik daftar isi di bawah microsoft word 2003 memiliki cara yang berbeda.

Yang mesti diperhatikan pada pembuatan titik daftar isi secara otomatis ini yaitu penyesuaian style judul dan sub judul pada halaman dokumen. Nah berikut terdapat rumus penyesuaian style judul.

  • Judul = Heading 1
  • Sub judul = Heading 2
  • Sub Sub Judul = Heading 3

heading daftar isi

Jadi pada setiap judul pada halaman dokumen mesti memakai style Heading 1. Pada setiap sub judul menggunakan style Heading 2. Dan jika terdapat sub-sub judul maka style nya juga mesti disesuaikan dengan memakai heading 3. 

Style bisa kita lakukan pengaturan melalui menu Home pada microsoft word.

Pastikanlah semua judul dan sub judul yang terdapat pada halaman dokumen itu sudah sesuai dengan stylenya masing-masing. Nah, lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar yang terdapat di bawah ini:

halaman daftar isi

Setelah semua sub judul dan sub judul memakai style secara masing-masing maka baru kita membuat daftar isinya. 

Baca Juga  7+ Cara Membuat Password (Kata Sandi) yang Kuat dan Tidak Mudah Dihacker

Adapun caranya sangat mudah sekali yakni dengan memilih menu references, selanjutnya pilihlah table of contents, lalu pilih Automatic Table 1. 

automatic table daftar isi

Secara otomatis daftar isi akan terbentuk, sesuai dengan style yang sebelumnya yang telah kita atur.

Untuk melakukan update daftar isi karena terjadi perubahan halaman dokumen, tekan daftar isi tersebut maka akan muncul pilihan untuk Update Table. Pilihlah Update Table.

update table daftar isi

Update Page Number Only: update bagian nomor halaman saja.

Update entire table atau update secara keseluruhan

Gimana? MUdah sekali kan caranya?

Repotnya, jika dokumen itu sudah jadi, judul dan sub judul mesti kita sesuaikan ulang dengan menggunakan style masing-masing. 

Akan tetapi kita tidak usah repot-repot lagi saat dokumen mesti direvisi dan membuat susunan halaman menjadi berubah.

Nah demikianlah informasi tentang cara membuat titik daftar isi secara otomatis. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan membantu segala pekerjaan anda yang berhubungan dengan titik daftar isi. Jika anda memiliki kendala yang lainnya maka jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar. Kemudian jika anda ingin melihat contoh daftar isi sesuai aturan penulisan karya tulis maka silahkan anda melihat pada artikel tersebut.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *