Menu

Cara Hitung Persen di Excell dan Menggunakan Kalkulator yang Benar

Persen di Excel dan Kalkulator – Inilah tutorial cara menghitung persen di excell dan kalkulator. Tentu saja banyak diantara kita yang masih belum mengetahui8 mengenai cara hitung persentase di kalkulator atau excell. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas metode cepat dan mudah untuk mempelajari rumus persentase. Pada dasarnya untuk menghitung persentase ini bukanlah perkara yang susah untuk kita jabarkan. Semua orang tentu saja pernah mempelajari cara hitung persentase ketika duduk di bangku sekolah. Akan tetapi seiring perjalanan waktu, ternyata banyak dari kita yang sudah melupakan bagaimana menghitung persentase.

Sewaktu berada di sekolah, kita pasti pernah mempelajari cara menghitung persen di excell ketika belajar di materi pelajaran tik atau sekedar mencari rumus persentase sederhana dalam mata pelajaran matematika. Nah, sebelum kita membahas secara lebih jauh mengenai cara menghitung persentase maka ada baiknya kita mengulas secara terlebih dahulu mengenai apa pengertian persentase atau persen?.

Baca Juga  [ Jawaban ] 1 kg berapa ons? Ini Rumus dan Penjelasan Contoh Soal

Persen atau istilah lain dari per peran yang sudah pernah kita pelajari di sekolah dulu, karena ingin tahu maka kita kembali lagi belajar tentang cara mencari atau menghitung persen, akhirnya mencoba untuk bisa mempelajarinya kembali dan sudah pasti tidak hanya satu sumber saja yang kita gunakan. Akan tetapi banyak, mulai dari internet hingga buku, saya pun mengacak-acak pelajaran persen dan hasilnya cukup dapat membantu saya dalam menangani soal penghitungan persen.

Nah, berikut ini saya ingin berbagi kepada teman-teman yang sudah saya pelajari tentang cara menghitung persen di Excell.

cara hitung persentase di excell

Cara Menghitung Persentase di Excell dan Kalkulator

Rumus Persen di Excell

Persentase dari nilai = (nilai / total nilai keseluruhan ) x 100%.

Tampilkan persentase di Excell.

Pada microsoft excell, terdapat berbagai macam format untuk angka, yang salah satunya format persentase (percentage). Secara umum, persentase akan terjadi dalam format pecahan desimal. Misalkan nilai yang semestinya 25% dalam format umum atau default akan terlihat sebagai 0,25. Untuk dapat menampilkan format persentase di excell maka anda mesti mengubah format cell yang berisi nilai tersebut. Nah, berikut langkah-langkah mengubah pecahan desimal menjadi persen di excell.

Baca Juga  [ Jawaban ] 1 Kaki Berapa Meter? Rumus dan Penjelasan Contoh Soal

– Pilihlah cell yang berisi data yang tampilannya ingin diubah dalam bentuk persentase.
– Klik kanan, kemudian pilihlah format cell atau bisa dengan menggunakan shortcut Ctrl + 1 atau bisa juga dengan memilih menu home, lihat kotak format cell yang ada di box number.

– Kemudian akan muncul dialog box format cell. Pilihlah percentage, lalu akan terdapat pilihan jumlah desimal yang akan dimunculkan. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan, lalu tekan ok dialog box format cell.
– Semisal 0,25 setelah format akan menjadi 25% kalau kita memilih jumlah desimal yang ada di belakang 2 maka akan menjadi 25,00%.
– Semisal 0,1234 setelah diformat akan berubah menjadi 12,34%.

Baca Juga  Cara Menghitung Persen (%) & Contoh Soal Menghitung Persen

Contoh Soal Menghitung Persentase di Kalkulator

Saya dan teman saya sedang berbisnis jualan modem. Bisnis tersebut lumayan cukup besar dan modem telah terjual dengan harga Rp. 400.000. Dan pada saat pembagian hasil dari penjualan modem tersebut. Saya mendapatkan Rp. 150 dari setiap penjualan modem tersebut, dan adapun pertanyaannya berapa persen kah yang diperoleh budi?

Berikut jawabannya:

Cara 1.

150 / 400 = 0,375.

cara 2

150 x 100% = 15.000

0,375 x 100 = 37,5 %.

Cara 2.

15.000 / 400 = 37,5%.

Jadi untuk hasil yang dimiliki oleh Budi yakni 37.5% dari jumlah Rp. 400 (62.5%).

Gimana?? Mudah kan belajar persen. Demikianlah informasi tentang cara menghitung persentase di excell dan kalkulator. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *