Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[ Jawaban ] Apakah Hasil Kongres Pemuda 1? Berikut Penjelasannya

Inilah jawaban pertanyaan apakah hasil kongres pemuda 1 yang mesti kita ketahui. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa kongres pemuda 1 adalah kongres yang secara pertama kalinya diadakan oleh para pemuda pemudi pada zaman kebangkitan pergerakan dahulu. Sebelumnya, di berbagai macam daerah di Indonesia sudah ada terbentuk beberapa perkumpulan pemuda. Hanya saja perkumpulan tersebut masih saja bersifat kedaerahan yang hanya mementingkan organisasi sendiri dan daerahnya.

Akan tetapi, tidak menunggu waktu yang lama, gagasan mengenai betapa pentingnya untuk dapat bersatu telah merasuki pikiran dan hati mereka. Para pemuda sadar bahwa untuk dapat mewujudkan cita cita memajukan bangsa maka mereka mesti senantiasa berjuang bersama dan menanggalkan segala bentuk egoisme kedaerahan. Letak daerah yang saling berjauhan dan dipisahkan oleh laut tak menghalangi niat mereka untuk menggalang persatuan. Baca juga: Kapan Kongres Pemuda Dilaksanakan?

Baca Juga  Perang Dingin: Pengertian, Penyebab & Dampak Perang Dingin

Apakah Hasil Kongres Pemuda 1

apakah hasil kongres pemuda I

Kongres Pemuda I

Untuk dapat mewujudkan niat tersebut, maka pada tanggal 15 November 1925 diadakan rapat untuk bisa membahas gagasan pertemuan perkumpulan pemuda. Organisasi pemuda itu pun berkumpul dan bersepakat untuk dibentuk panitia dalam rangka mempersiapkan kesepakatan besar para pemuda. Kesepakatan besar bersama tersebut berasal dari para pemuda untuk menghadirkan pahaman persatuan kebangsaan dan berusaha untuk mempererat tali persatuan diantara organisasi pemuda. Kemudian pada tanggal 30 April 1926, berlangsunglah rapat besar pemuda yang selanjutnya disebut dengan Kongres Pemuda I.

Baca Juga  Pengertian Masyarakat, Apa Itu ?...

Materi Kongres Pemuda Lainnya:

Pada kongres ini dihadiri oleh beberapa organisasi pemuda yang tersebar di daerah-daerah yang ada di Nusantara. Kongres tersebut telah menjadi ajang pertemuan para pemuda indonesia yang saat itu bernama Hindia Belanda untuk menyatukan pikiran dan tekad untuk persatuan Indonesia. Organisasi pemuda yang pada saat itu yang hadir yaitu pemuda kaum theosofi, jong bataks Bond, Studeerende Minahasaers, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, Jong Sumatranen Bond dan Jong Java.

Hasil Kongres Pemuda I

Pada kongres ini berlangsung hingga tanggal 2 mei 1926 dan telah menghasilkan beberapa keputusan penting. Adapun hasil kongres pemuda I yaitu:

Baca Juga  Sejarah : Sejarah Permainan Bola Basket

– Mengusulkan supaya semua organisasi kepemudaan bersatu dalam satu perkumpulan pemuda Indonesia.
– Mengakui dan menerima cita-cita untuk dapat mewujudkan persatuan Indonesai walaupun dalam hal ini masih belum jelas.
– Adanya upaya untuk dapat menghilangkan pandangan adat, sifat kedaerahan yang kaku dan sebagainya.
– Melakukan persiapan diadakannya kongres pemuda yang ke II.

Nah, demikianlah jawaban pertanyaan Apakah hasil kongres pemuda 1?. Pada pembahasan diatas sudah memberikan jawaban yang jelas. Semoga saja dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai hasil kongres pemuda I.

1 vote, average: 5.00 out of 5
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *