Menu

Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak? Berikut Pengertian dan Penjelasannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak? – Setiap saat seseorang pasti kerap menjumpai atau melihat benda-benda yang bergerak. Selain itu, dalam kehidupan seseorang juga setiap saat melakukan gerak.

Contohnya saja yang terdapat di jalan raya, ada banyak mobil yang sedang bergerak, begitupula ketika mengamati di pusat perbelanjaan

Selain itu, hal ini tidak menutup gerak hanya terjadi di darat misalnya saja di sungai dapat di lihat gerakan aliran air. Bahkan di Udara juga terjadi gerak.

Bahkan bumi tempat seseorang berpijak selalu dalam keadaan bergerak yaitu dengan gerak rotasi dan juga revolusi.

Pernahkan setiap orang untuk memperhatikan anak yang sedang bermain ayunan, jarum jam yang berputar, dan bus yang sedang berjalan?

Apakah benda-benda itu bergerak? Jika demikian, lantas apasih yang yang dimaksud dengan gerak itu sendiri?

Pengertian Gerak: Apa Itu Gerak?

Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak? Berikut Pengertian dan Penjelasannya
Pengertian Gerak

Apasih itu Gerak? Pengertian Gerak Secara umum adalah perubahan posisi suatu benda dari titik awal atau tempat pengamat yang diistilahkan dengan titik acuan.

Sampai disini jangan berhenti dulu untuk membacanya. Perlu diketahui bahwa gerak itu bersifat relatif. Arti dari hal ini bergantung dari titik acuannya atau dimana seseorang atau pengamat melihatnya.

Baca Juga  Pengertian Dioda, Fungsi, Jenis-Jenis & Prinsip Cara Kerja Dioda

Dalam menjelaskan ini sangatlah mudah, karena bisa saja benda yang dikatakan bergerak ternyata juga bisa dikatakan tidak bergerak,

Memahami hal ini dapat dengan merujuk pada suatu contoh misanya saja meja yang terdapat di bumi dikatakan tidak bergerak sama sekali dan tidak ada yang menggerakkannya.

Namun, apabila pengamat atau titik acuannya ada pada matahari mengamati meja, pada dasarnya meja tersebut bergerak bersama bumi dalam mengelilingi matahari.

Kiranya mungkin contoh tentang gerak diatas sedikit terlalu mudah dan mungkin saja dikatakan tidak ilmiah.

Baiklah mari sedikit yang memusingkan, contoh lainnya dikatakan gerak itu relatif adalah B menggedong A. Sedangkan untuk C diam melihat B berjalan menjauhi C.

Dalam titik acuan C mengamati bahwa A dan B bergerak. Kesimpulan itu terjadi lantaran ada perubahan posisi keduanya.

Sementara ketika merujuk pada titik acuan dalam pandangan B mengatakan A tidak bergerak. Kesimpulan B ini terjadi lantaran tidak ada perubahan posisi A terhadap B.

Contoh-contoh diatas inilah yang menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan letak kerelatifan gerak. Benda A yang dikatakan bergerak oleh C ternyata dikatakan tidak bergerak oleh B.

Baca Juga  Pengertian, Bentuk, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Galaksi

Beda lagi ketika titik acuannya ada pada pandangan A dan B maka C itu ternyata telah melakukan apa yang disebut dengan gerak semu. Apa sih itu gerak semu?

Yang dimaksud dengan Gerak semu adalah benda yang diam tetapi seolah-olah bergerak karena gerakan pengamat.

Contoh yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah saat naik mobil yang berjalan maka pohon yang ada dipinggir jalan kelihatan bergerak.

Demikian ini berarti bahwa pohon telah melakukan gerak semu. Gerakan semu pohon ini dapat terjadi karena yang melihat sambil bergerak.

Jenis-Jenis Gerak

Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak? Berikut Pengertian dan Penjelasannya
Jenis-Jenis Gerak

Bedasarkan lintasannya gerak dibagi menjadi 3 macam yaitu gerak lurus, gerak parabola dan gerak melingkat. Maksud dari ketiga macam gerak ini ialah:

  • Gerak lurus yaitu gerak yang lintasannya berbentuk lurus
  • Gerak parabola yaitu gerak yang lintasannya berbentuk parabola
  • Gerak melingkar yaitu gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran

Sedangkan menurut percepatannya ternyata gerak terbagi 2 jenis yaitu gerak beraturan dan gerak berubah beraturan. Yang dimaksud dengan 2 macam gerak ini adalah: 

  1. Gerak beraturan adalah gerak yang percepatannya sama dengan nol (a = 0) atau gerak yang kecepatannya konstan.
  2. Gerak berubah beraturan adalah gerak yang percepatannya konstan (a = konstan) atau gerak yang kecepatannya berubah secara teratur.
Baca Juga  Macam-Macam Gelombang Bunyi Berdasarkan Frekuensi

Pada kali ini diketahui bahwa gerak lurus itu terbagi dua jenis. Ada yang disebut dengan gerak lurus berubah beraturan atau disingkat dengan GLB.

Selain itu ada juga jenis gerak lurus yang disebut dengan gerak lurus berubah berubah beraturan atau disingkat dengan (GLBB). Maksud dari kedua jenis gerak lurus ini adalah:

1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Apasih yang dimaksud dengan Gerak Lurus Beraturan? Arti GLB adalah gerak gerak benda yang lintasannya lurus dan kecepatannya konstan (tetap).

Memahami ini misalnya saja adalah mobil dimana bergerak pada jalan lurus dengan berkecepatan tetap.

2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Yang dimaksud dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak lintasannya lurus dengan percepatan tetap dan kecepatan yang berubah secara teratur.

Misalnya saja GLBB adalah gerak buah jatuh dari pohonnya, gerak benda dilempar ke atas.

Demikianlah informasi mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Gerak?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *