Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Apa Tujuan Negara Republik Indonesia? Menurut UUD 1945

Inilah jawaban pertanyaan Apa Tujuan Negara Republik Indonesia yang menjadi jawaban benar dari soal-soal tentang negara republik indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap negara itu pada umumnya mempunyai tujuan yang ingin dicapai ketika pertama kali didirikan. Tidak terkecuali di Indonesia, setelah sekian lama dijajah selama ratusan tahun. Republik Indonesia akhirnya resmi menjadi negara pada tanggal 17 Agustus 1945 sekaligus dilakukan pembacaan teks proklamasi. Berdirinya negara republik Indonesia merupakan suatu hasil perjuangan semua rakyat indonesia dengan mengorbankan nyawa dan harta untuk tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia.

Adapun puncak dari perjuangan tersebut yaitu dengan diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno pada jalan pengangsaan Timur no. 54. Kemudian untuk proses perumusan proklamasi itu pun senantiasa berjalan sangat alot dan penuh dengan rintangan. Sebelum proklamasi tersebut dirumuskan, para tokoh bangsa telah melakukan persiapan kemerdekaan Indonesia melalui BPUPKI dan PPKI. Dalam dua badan persiapan tersebut akhirnya tujuan negara republik Indonesia dirumuskan dan disepakati oleh para tokoh bangsa.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui apa jawaban tujuan negara republik Indonesia. Silahkan anda menyimak penjelasan yang ada di bawah ini.

Apa Tujuan Negara Republik Indonesia

apa tujuan negara republik indonesiaa

Tujuan Negara Republik Indonesia

Adapun tujuan negara republik Indonesia bisa disebut juga menjadi tujuan nasional. Tujuan nasional adalah suatu sasaran segala usaha suatu bangsa yang perwujudannya diusahakan secara terus menerus sebagaimana yang disebutkan dalam pembukaan Undang-undang dasar 1945. Pada pembukaan tersebut tertulis beberapa tujuan negara Republik Indonesia yang tepatnya berada di alinea ke-4 yang memiliki makna mempertegas segala cita-cita yang mesti dicapai oleh bangsa Indonesia melalui wadah negara kesatuan republik Indonesia.

Baca Juga  [ Jawaban ] Bagaimana Komposisi Keanggotaan PPKI? dan Tugasnya

Pada aline ke-4 pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 telah tercantum tujuan negara republik Indonesia yaitu:

1. Melindungi Segenap Bangsa Indonesia

Adapun tujuan pembentukan negara republik indonesia mengacu pada pembukaan Undang-undang dasar 1945 yang pertama adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia yakni bangsa indonesia yang terdiri atas berbagai macam ras, agama, suku tanpa dibedakan dan tanpa ada pengecualian. Negara, yang dibentuk untuk dapat melindungi segenap bangsa yang memiliki perbedaan dan berbhinneka akan tetapi tunggal ika juga wajib untuk melindungi seluruh tumpah darah Indonesia yakni Indonesia yang wilayah nasionalnya secara geografis berupa sebuah negara kepulauan yang telah membentang dari Sabang hingga merauke.

2. Memajukan Kesejahteraan Umum

Salah satu dari tujuan negara republik Indonesia adalah untuk memajukan kesejahteraan umum yakni kesejahteraan lahir dan batin segenap rakyat Indonesia, tanpa memandang adanya golongan, daerah, agama dan ras tertentu. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka pemerintah mesti melakukan suatu pemerataan pembangunan supaya rakyat yang ada diseluruh wilayah tak merasa dibeda-bedakan oleh pemerintah.

Baca Juga  Pengertian, Penyebab, Dampak Globalisasi

3. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Tujuan negara republik Indonesia yang ketiga adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Adapun tujuan ini bisa dicapai dengan cara menetapkan hak warga negara mendapatkan pendidikan dan kewajiban pemerintah dalam mengusahakan dan menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional. demikian jelas tertuang dalam undang-undang 1945 yang telah mengamanatkan kepada para penyelenggara negara untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa lewat penyelenggaraan satu sistem pendidikan nasional.

4. Melaksanakan Ketertiban Dunia

Salah satu dari tujuan negara republik Indonesia adalah ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia. Negara Indonesia menentang segala bentuk perpecahan yang telah terjadi di atas dunia. Politik luar negeri Indonesia yang senantiasa ikut dalam membantu melaksanakan ketertiban dunia. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya keikutsertaan Indonesia bergabung menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan ikut serta dalam melahirkan gerakan nonblok, serta melakukan pengiriman misi garuda dalam membantu perdamaian dunia.

Baca Juga  Inilah Kisah Dramatis Pertempuran Surabaya 10 November 1945

5. Mewujudkan Kemerdekaan dan Perdamaian

Adapun tujuan negara republik indonesia yang kelima yaitu mewujudkan tercapainya suatu kemerdekaan dan perdamaian baik dalam negeri maupun luar negeri. Kemerdekaan dan perdamaian tersebut diusahakan untuk diwujudkan menjadi salah satu cara dalam melaksanakan ketertiban dunia.

6. Menciptakan Keadilan Sosial

Kemudian tujuan negara republik Indonesia yang keenam yaitu mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini merupakan suatu yang penting dan menjadi kewajiban negara Indonesia untuk dapat mewujudkannya. Jadi, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bukanlah keadilan untuk golongan tertentu atau daerah khusus, etnik tertentu, agama tertentu dan ras tertentu. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia berarti keadilan mesti ditegakkan untuk semuanya.

Nah, demikianlah jawaban pertanyaan tentang apa tujuan negara republik Indonesia. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *