Menu

5+ Hal Ini Menunjukkan Anda Seorang Berintegritas

Apa yang akan terlintas pada benak anda saat mendengarkan kata “Integritas”? Pada sifat ini sebenarnya wajib dimiliki siapapun. Apalagi untuk anda yang memang merupakan seorang karyawan pada sebuah organisasi atau perusahaan. Bahkan kata integritas itu kerapkali disebutkan pada pemilu atau pemilihan umum yang menjadi salah satu dari kriteria calon legislatif yang memang wajib dipenuhi.

Lantas apa arti integritas?? Integritas adalah suatu konsisten terhadap keteguhan yang tak akan tergoyahkan untuk dapat mempertahankan nilai kebenaran. Orang yang senantiasa berintegritas termasuk orang yang jujur dan mempunyai karakter yang sangat kuat. Kualitas anda sebagai seorang karyawan tak akan sempurna tanpa adanya integritas karena karyawan yang memiliki kualitas dan integritas termasuk harta pada sebuah perusahaan. Kalau anda mempunyai sifat tersebut maka anda akan dipercayai oleh orang lain termasuk oleh bos anda. Lakukan lima hal berikut ini untuk dapat menunjukkan bahwa anda mempunyai sikap integritas.

Lakukan Hal ini Untuk Membuktikan Anda Berintegritas

sikap integritas

1. Berpegang Teguh Pada Nilai yang Anda Percayai

Katakan ‘tidak’ pada nilai yang tak sesuai dalam prinsip anda.

Baca Juga  Pengertian Branding - Fungsi, Unsur-unsur dan Jenis-jenisnya

Dengan mempertahankan nilai yang anda yakini itu bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika orang-orang yang berada pada lingkungan kerja anda itu cenderung memiliki sikap yang tak sesuai dengan nilai-nilai yang anda percayai. Mungkin bukanlah sesuatu yang mudah untuk bisa mengatakan tidak jika anda mesti melakukan hal yang tak sesuai dengan keyakinan anda. Akan tetapi anda bisa tetap mempertahankannya dengan cara yang halus atau melalui lelucon. Dengan demikian, rekan kerja anda bisa memahami bahwa anda mempunyai prinsip dan mereka akan menghormati sikap anda tersebut.

2. Ucapan dan Tindakan Yang Sejalan

Anda telah menetapkan nilai yang anda yakini maka selanjutnya lakukanlah hal yang sesuai dengan pada hal tersebut. Hal ini sangat penting apalagi kalau anda sudah mengatakannya kepada orang-orang apa saja yang memang anda yakini dan tidak. Jangan sampai anda yang mengucapkannya tapi tidak sama dengan perilaku yang anda tunjukkan. Kalau hal tersebut sampai terjadi, maka alih-alih terlihat memiliki integritas, anda malahan akan senantiasa terlihat plin plan.

3. Hati hati dengan uang

Sikap integritas seseorang itu seringkali akan diuji ketika berhadapan dengan uang. Kalau anda tidak bisa menahan diri dari godaan uang, maka kualitas anda sebagai seorang karyawan yang katanya kredibel itu akan dipertanyakan dan bahkan karir yang sudah anda bangun pun selama bertahun tahun bisa menjadi hancur. Korupsi menjadi bentuk paling nyata yang berasal dari sifat seseorang yang tidak memiliki integritas. Terdapat banyak contoh korupsi yang seringkali terjadi pada lingkungan kerja, seperti tindakan memanipulasi jumlah uang yang terdapat pada laporan dan atau menerima uang suap yang memang tidak seharusnya. Ubah pandangan anda mengenai uang bahwa uang itu bukanlah hal segalanya supaya anda tak mudah mengalami terprovokasi.

Baca Juga  Pengertian Istiqomah: Arti, Jenis Istiqomah, Tips & Manfaat Istiqomah di Kehidupan

4. Selalu Berkata Jujur

Sikap integritas sangat erat hubungannya dengan kejujuran. Penerapan sikap jujur tersebut meliputi segala hal pada keseharian anda dalam dunia kerja, seperti bagaimana anda bekerja dan bagaimana anda bisa menyelesaikan pekerjaan. Hindarilah untuk berbohong karena dengan kebohongan bisa memberikan dampak yang membuat anda berbohong lagi di waktu selanjutnya.

5. Bertanggungjawab

Anda mesti memiliki tanggung jawab terhadap segala hal tindakan dan ucapan anda. Kalau anda berjanji untuk bisa menyelesaikan tugas pada jam 16:00 maka tepatilah janji anda dengan cara tidak terlambat mengumpulkannya. Contoh lain dari bertanggung jawab yaitu jika anda melakukan suatu kesalahan, janganlah takut untuk bisa mengakuinya. Bertanggung jawablah terhadap apa yang anda sudah lakukan dan janganlah menghindari tanggung jawab dengan cara menyalahkan orang lain.

Baca Juga  Unsur-Unsur Manajemen dan Penjelasannya

Nah, itulah dia lima hal yang bisa anda lakukan pada lingkungan kerja supaya bisa menjadi karyawan yang memiliki sikap integritas di mata orang lain. Tentu saja, menjadi seorang karyawan yang memiliki sikap integritas memerlukan komitmen yang kuat, akan tetapi akan berpengaruh secara positif kepada diri anda jika anda menerapkannya.

Nah, demikianlah informasi tentang 5 hal untuk membuktikan anda memiliki sikap integritas. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai integritas.

1 vote, average: 5.00 out of 5
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *