Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Ucapkan Syafakillah Untuk Muslim yang Sedang Sakit

Menjenguk atau mengunjungi orang yang sedang sakit termasuk salah satu hak sebagai seorang muslim. Sebagaimana apa yang menjadi hadits Nabi Muhammad Saw yang mengatakan bahwa “Hak seorang muslim yang harus ditunaikan itu ada lima, diantaranya menjawab salam, mendoakan saudara sesama muslim yang bersin, menghadiri undangan, menjenguk yang sedang sakit dan mengantarkan jenazah muslim yang lain”.

Selayaknya seorang muslim, saat mengunjungi kerabat atau saudara yang sedang jatuh sakit, kita disarankan untuk mendoakannya supaya yang sedang sakit segera mendapatkan kesembuhan dan segera diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dan di antara ucapan yang kita baca kepada orang yang sedang sakit yaitu dengan mengucapkan syafakillah. Apa itu syafakillah, nah berikut arti syafakillah.

Baca Juga  8 Cara Sederhana Memperkokoh Pernikahan Dalam Pandangan Islam

ucapan syafakillah

Ucapkan Syafakillah Untuk Muslim yang Sedang Sakit

Secara lebih lengkap, ucapan tersebut memiliki bunyi syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman. Ucapan ini berarti bahwa “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit setelahnya”. Jika syafakillah itu ditujukan kepada mereka untuk kaum perempuan dan ucapan syafakallah ditujukan kepada mereka kaum laki-laki. Baca juga: arti subhanallah, arti barakallah fii umrik, arti masya allah.

Baca Juga  Pengertian Tayamum, Niat, Tata Cara, Syarat, & Ketentuannya

Selain daripada itu, ucapan atau doa lain yang dapat disampaikan saat mendoakan kesembuhan untuk orang yang sedang sakit yaitu As’alullahal adzim, rabbal arsyil adzim an yasyfiaka. Doa ini secara umum berarti bahwa aku memohon kepada Allah yang maha agung, pemilik Arasy yang agung supaya segera menyembuhkanmu.

Doa tersebut dibaca untuk orang yang sedang jatuh sakit sebanyak tujuh kali, sebagaimana apa yang menjadi petunjuk Nabi Muhammad Saw tentang anjuran dalam membaca doa ini yakni “Tidak lah seorang muslim mengunjungi muslim lain yang sakit sebelum sekarat lalu dia mengucapkan doa ini (doa tersebut) sebanyak tujuh kali, melainkan Allah akan menyembuhkannya (hadits riwayat at-Tarmidzi).

Baca Juga  Asal Tarekat Dalam Islam, Begini Sejarah Munculnya

Sementara untuk yang sakit, saat mendapatkan doa tersebut, maka disarankan juga untuk segera mengucapkan terimakasih atau mengucapkan syukran. Karena, bagi mereka yang telah melakukan hal tersebut sudah meninggalkan perkara yang lebih utama yakni mengatakan jazaakallahu khairan yang berarti semoga Allah membalas kebaikanmu.

1 vote, average: 3.00 out of 5
1 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 5 (1 votes, average: 3.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *