Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Struktur Teks Ulasan & Unsur Kebahasaan Teks Ulasan

Struktur Teks Ulasan & Unsur Kebahasaan Teks Ulasan – Banyak istilah yang digunakan dalam menyebut teks ulasan.

Ada yang menyebutkan teks ulasan dengan resensi, timbangan buku, tinjauan buku, pembicaraan buku, atau bedah buku.

Istilah-istilah tersebut bisa dipakai. Hanya saja, pada umumnya istilah yang paling populer untuk menyebut teks ulasan adalah resensi.

Di bawah ini akan dijelaskan struktur teks ulasan dan unsur kebahasaan teks ulasan. Namun sebelum itu, mari kita mengetahui yang dimaksud dengan teks ulasan seperti yang tertulis dibawah ini..

Apasih Itu Teks Ulasan?

Maksud dari Teks ulasan adalah teks yang mengulas atau dapat disebut memberikan penilaian terhadap suatu karya (drama, film, novel, buku, dan dongeng).

Dalam membuat teks ulasan diberbagai jenis karya, diperlukan pikiran dan gerak pada aspek kritis.

Maksud dari ini lantaran, sikap kritis ini sangat penting agar ulasan yang kita tulis tersebut berkontribusi.

Baca Juga  Pengertian Teks Ulasan, Ciri, Tujuan, Struktur & Unsur Kebahasaannya

Berkontribusi dalam kemajuan sesuatu hal yang kita ulas, baik itu suatu novel, film, buku, drama, cerpen, ataupun dongeng. Sehingga dalam menjalankan hal itu diperlukan untuk mengetahui Ciri-Ciri Teks Ulasan.

Diketahui ciri dari teks ulasan ialah (1) struktur terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman, (2) Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk, (3) Opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan, (4) Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

Ilustrasi Gambar: Struktur Teks Ulasan & Unsur Kebahasaan Teks Ulasan
Ilustrasi Gambar: Struktur Teks Ulasan & Unsur Kebahasaan Teks Ulasan

Secara umum, adapun struktur atau bagian-bagian yang menyusun dalam membuat teks ulasan terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman. Adapun penjelasan dari struktur teks ulasan itu ialah:

  1. Orientasi. Yang dimaksud dengan Orientasi sebagai struktur dalam teks ulasan adalah berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya (film dan drama) yang akan diulas, gambaran umum ini menyiapkan “latar belakang” bagi pembaca mengenai apa yang akan diulas.
  2. Tafsiran. Sedangkan tafsiran sebagai bagian-bagian dalam membuat teks ulasan diartikan sebagai sesuatu struktur yang bermuatan tentang gambaran detail mengenai sebuah karya (film dan drama) yang diulas seperti bagian-bagian dari hasil karya, keunikan, keunggulan, kualitas dan sebagainya.
  3. Evaluasi. Arti dari evaluasi adalah berisi pandangan dari pengulas akan hasil karya yang diulas. Demikian ini dilakukan agar tafsiran yang cukup terhadap hasil karya tersebut. Pada bagian ini penulis akan menyebutkan bagian yang bernilai (kelebihan) atau bagian yang kurang bernilai (kekurangan) dari suatu karya (film dan drama).
  4. Rangkuman. Yang dimaksud dengan rangkuman merupakan suatu kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya (film dan drama), bagian ini terdiri atas komentar penulis apakah hasil karya tersebut bernilai atau berkualitas atau tidak untuk ditonton/disaksikan.
Baca Juga  Pola Pengembangan Narasi

Aspek Kebahasaan Teks Ulasan

Adapun aspek kebahasaan teks ulasan ialah: 

1. Konjungsi Antarkalimat

Konjungsi yang menghubungkan satu kalimat dengan kalimat yang lain.

2. Kalimat Persuasif

Baca Juga  Pengertian Skripsi, Ciri, Tujuan Skripsi & Sistematika Penulisan Skripsi

Kalimat yang isinya mengajak sesorang untuk melakukan sesuatu.

Unsur Kebahasaan Teks Ulasan

Adapun unsur kebahasaan teks ulasan terdiri atas 5 unsur antara lain:

  • Kata Sifat Sikap. Maksud dari hal ini adalah kata yang memiliki fungsi dalam mendeksripsikan pelaku dalam penampilan fisik atau kepribadiiannya. Adapun contohnya dalam unsur kebahsaan ialah Cerdas, Bodoh, Cantik.
  • Kata Kerja, yang dimaksud dari hal ini merupakan kata yang mengandung makna perbuatan/aksi.
  • Metafora, kata yang bukan makna sebenarnya, melainkan misalnya sebuah kiasan. Adapun contohnya hati yang lembut dalam artian baik hati.
  • Rujukan Kata
  • Kalimat Majemuk setara dan juga bertingkat.

Demikianlah informasi mengenai Struktur Teks Ulasan & Unsur Kebahasaan Teks Ulasan. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *