Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Struktur Jaringan Epitel, Letak & Jenis Jaringan Epitel Beserta Gambarnya

Struktur Jaringan Epitel, Letak dan Jenis Jaringan Epitel – Untuk mengetahui struktur, letak dan jenis dari jaringan epitel begitu pula dengan ciri atau karakteristiknya, pada dasarnya yang perlu diketahui bersama bahwa jaringan epitel seperti dengan jaringan epidermis pada tumbuh.

Sebab jaringan epitel memiliki fungsi atau peran yang sangat sederhana yaitu sebagai pelapis organ dan rongga tubuh bagian luar.

Secara etimologi, pengertian Epitel sebenarnya berasal dari istilah dari kata “epi”. Arti dari kata ini adalah up on atau “diatas”. Sedangkan untuk kata “thele” adalah diartikan “nipple” atau “punting”.

Pada dasarnya, asal usul dari istilah tersebut untuk pertama kali dipakai terhadap suatu lapisan pada sesuatu hal permukaan bibir yang tembus cahaya.

Sebabnya dimana dibawah lapisan itu terdapat punting-punting (papilae) jaringan engikat yang diketahui memiliki banyak kandungan kapiler darah.

Struktur Jaringan Epitel

Struktur Jaringan Epitel, Letak & Jenis Jaringan Epitel Beserta Gambarnya
Struktur Jaringan Epitel, Letak & Jenis Jaringan Epitel Beserta Gambarnya

Untuk menemukan letak, posisi pada tubuh baik manusia atau hewan terkait jaringan epitel, sangatlah mudah sebab jaringan epitel terdapat pada permukaan tubuh yang membatasi organ tubuh dengan lingkungan luarnya.

Walaupun demikian, ternyata mengetahui hal itu saja tidak mudah dan dengan itu pula dapat diketahui struktur dari jaringan epitel itu.

Karena jaringan epitel yang melapisi permukaan tubuh atau yang terletak di lapisan luar tubuh disebut dengan “epitelium”.

Tidak hanya epitelium, ternyata jairngan epitel yang terletak dengan membatasi rongga tubuh disebut dengan “mesotelium”. Seperti pleura, perikardium, dan juga peritonium.

Selanjutnya untuk jaringan epitel yang terletak dan berperan sebagai pembatas organ tubuh disebut dengan “endotelium”.. 

Di dalam struktur tubuh, jaringan epitel memiliki fungsi untuk melindungi jaringan di bawahnya dari kerusakan.

Baca Juga  Pengertian Platyhelmintes, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Reproduksi & Peranan

Selain itu, fungsi dari jaringan epitel lainnya adalah untuk pengangkut zat-zat antarjaringan, dan juga berperan sebagai tempat keluarnya enzim.

Menurut strukturnya dalam mengklasifikasikan jaringan epitel pada dasarnya terdapat 3 macam. Adapun ketiga macam-macam jaringan epitel itu ialah epitel pipih, epitel batang (silinder), dan epitel kubus.

Dalam mengetahui perbedaan dari 3 jenis-jenis jaringan epitel tersebut bisa dengan melihat ciri-cirinya.

Epitel pipih mempunyai ciri yakni selnya berbentuk pipih dengan nukleus bulat di tengah. Epitel batang (silinder) tersusun oleh sel berbentuk seperti batang dengan nukleus bulat di dasar sel.

Sedangkan epitel kubus mempunyai sel berbentuk kubus dengan nukleus bulat besardi tengah.

Letak dan Jenis Jaringan Epitel

Struktur Jaringan Epitel, Letak & Jenis Jaringan Epitel Beserta Gambarnya
Letak dan Jenis Jaringan Epitel

Menurut lapisan penyusunnya, jaringan epitel terbagi atas beberapa jenis jaringan, yakni epitel pipih selapis, epitel silindris selapis, epitel pipih berlapis banyak, epitel silindris berlapis banyak, epitel kubus selapis, epitel kubus berlapis banyak, dan epitel transisi. Untuk mengetahui penjelasan mengenai jenis-jenis jaringan epitel ini dapat dilihat dibawah ini:

1. Epitel Pipih Selapis

Yang dimaksud dengan Jaringan epitel pipih selapis (sederhana) adalah jaringan epitel yang banyak ditemukan sebab terletak pada organ-organ misalnya terletak di pembuluh darah, terletak di pembuluh limfa, terletak di paru-paru, terletak di alveoli, dan terletak di selaput perut.

Diketahui ciri atau karakteristik jaringan epitel pipih selapis ialah memiliki sitoplasma yang sangat jernih. Selain itu ciri dari jaringan epitel pipih selapis juga memiliki inti sel yang berbentuk bulat di tengah, dan sel selnya tersusun sangat rapat.

Baca Juga  Pengertian Ekologi, Ayo tebak apa itu Ekologi ?...

Adapun fungsi jaringan epitel pipih selapis ialah memiliki peran dalam proses filtrasi. Selain itu juga berfungsi untuk sekresi, dan difusi osmosis.

2. Epitel Pipih Berlapis

Serupa dengan epitel pipih selapis, yang dimaksud dengan jaringan epitel pipih berlapis ialah sel jaringan epitel pipih berlapis (kompleks) tersusun sangat rapat.

Struktur dan letak jaringan epitel pipih berlapis dapat ditemukan sebab terletak di Rongga mulut, terletak di esofagus, terletak di laring, terletak di vagina, terletak di saluran anus, dan terletak di rongga hidung.

Adapun fungsi dari jaringan epitel berlapis ialah untuk melindungi dan penghasil mukus.

3. Epitel Batang Selapis

Yang dimaksud dengan epitel batang berlapis ialah memiliki karakteristik berupa sel yang memiliki bentuk batang. Selain itu juga memiliki ciri dengan sitoplasma jernih, dengan inti sel bulat berada di dekat dasar.

Untuk mengetahui struktur dan letak epitel batang selapis pada dasarnya dapat dengan mudah ditemukan sebab terletak di usus, terletak di dinding lambung, terletak di kantong empedu.

Selain itu epitel jenis ini juga terletak di saluran rahim, terletak di saluran pencernaan, dan terletak saluran pernafasan bagian atas.

Adapun fungsi dari jaringan epitel batang selapis ialah memiliki fungsi sebagai proses sekresi, penyerapan (absorpsi), penghasil mukus, dan pelicin atau pelumas permukaan saluran.

4. Epitel Batang Berlapis Banyak

Seperti namanya, jaringan ini tersusun banyak lapisan sel yang berbentuk batang. Jaringan epitel batang berlapis banyak terdapat pada beberapa organ tubuh seperti bagian mata yang berwarna putih, faring, laring, dan uretra.

Baca Juga  Pengertian Metabolisme dan Proses Metabolisme

Fungsinya yaitu sebagai tempat sekresi yaknipenghasil mukus, dan ekskresi, misalnya kelenjar ludah dan kelenjar susu.

5. Epitel Kubus Selapis

Jaringan epitel berbentuk kubus selapis ditemui pada beberapa bagian, meliputi permukaan ovarium, nefron, ginjal, dan lensa mata. Fungsinya adalah tempat sekresi.

6. Epitel Kubus Berlapis Banyak

Epitel kubus berlapis banyak terdapat pada beberapa bagian tubuh, yakni folikel ovarium, testis, kelenjar keringat, dan kelenjar ludah.

Fungsi jaringan ini adalah sebagai pelindung dan penghasil mukus. Selain itu, jaringan ini juga berfungsi sebagai pelindung dari gesekan.

7. Epitel Transisi

Yang dimaksud dengan epitel transisi ialah memiliki ciri dengan sel penyusun bentuknya dapat berubah dan berlapis-lapis.

Struktur dan letak epitel transisi sangat mudah ditemukan sebab terletak pada organ saluran pernafasan. Selain itu jenis jaringan epitel ini juga terletak di ureter, dan kandung kemih.

Dan perlu diketahui bersama saat kandung kemih berisi urine, sel epitel akan berbentuk kuboid misalnya dengan bentuk dadu atau silindris.

Demikianlah informasi mengenai Struktur Jaringan Epitel, Letak & Jenis Jaringan Epitel. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *