Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

[ Jawaban ] Samakah Drama dengan Sandiwara? Menurut Ahli Seni

Samakah Drama dengan Sandiwara? – Inilah jawaban dari pertanyaan mengenai apakah drama sama dengan sandiwara? Baiklah, teman-teman sekalian, sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih sudah berkunjung di artikelsiana.com. Tentu diantara teman-teman banyak yang ingin mengetahui kesamaan drama dan sandiwara atau perbedaan drama dan sandiwara.

Jika kita melihat dari segi susunan katanya, kira-kira samakah drama dengan sandiwara?, maka kita bisa memastikan drama dan sandiwara itu berbeda dari segi kata karena drama tersusun dari 5 huruf dan sandiwara disusun 9 huruf.

Secara etimologi drama dan sandiwara pun berbeda. Karena Drama berasal dari bahasa Yunani yaitu Dran atau Draomai bermakna bertindak, berlaku, berbuat.

Baca Juga  Pengertian Alat Musik Ritmis, 11 Jenis-Jenis & Gambar Alat Musik Ritmis

Sedangkan Sandiwara berasal dari bahasa jawa dimana populer di zaman penjajahan jepang dan menjadi drama tradisional masyarakat yang diciptakan oleh Mangkunegara VII untuk menutupi tonil yang merupakan hasil bentukan penjajah belanda. Kata Sandiwara yang berarti “Sandi” bermakna samar-samar dan rahasia. Kemudian “Wara” adalah anjuran, pengajaran atau berita. Yang menurut Ki Hajar Dewantara, Sandiwara adlaah suatu anjuran, nasihan, atau ajaran lewat perlambangan. Baca juga: Jelaskan Maksud Dari Tonil

samakah drama dengan sandiwara

Berdasarkan diatas maka secara etimologi jika ada pertanyaan mengenai samakah drama dengan sandiwara maka jawabannya tidak sama. Lantas dimanakah kesamaannya??

Baca Juga  Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam & Fungsi

Samakah Drama dengan Sandiwara?

Persamaan Drama dengan Sandiwara

Persamaan Drama dengan Sandiwara terletak pada posisinya sebagai karya seni dalam peran di pentas atau panggung untuk mengungkapkan cita, rasa dan karsa seni yang senantiasa dipertontonkan kepada orang banyak. Hanya saja drama mengkhusus pada karya sastra dimana menggambarkan kehidupan manusia dalam gerak, musik dan tari-tarian. Sedangkan Sandiwara merupakan jenis certa yang bisa dalam bentuk tertulis atau tidak tertulis yang terutama lebih diperuntukkan hanya untuk dipentaskan dibandingkan untuk dibaca.

Baca Juga  10 Macam-Macam Media Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Nah, teman-teman sekalian, demikianlah jawaban dari pertanyaan Samakah Drama dengan Sandiwara??. Sebagai kesimpulannya bahwa Drama dan Sandiwara itu sama tapi ada beberapa bagian tertentu ada perbedaan dalam penyajiannya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat. Jangan lupa berkomentar, yang sopan kalau tidak sopan tidak di approve. Jika anda memiliki pertanyaan soal-soal tugas sekolah maka silahkan anda bertanya langsung di kolom komentar. Kami akan mengirimkan jawaban terkait dengan pertanyaan teman-teman. Sekian dan terimakasih

Daftar Isi

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *