Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Inilah Prinsip Dasar Teks Ulasan & Ciri Kebahasaan Teks Ulasan

Inilah Prinsip Dasar Teks Ulasan dan Ciri Teks Ulasan – Mengulas atau meresensi memang boleh mudah dan susah, tetapi yang perlu kita yakini bahwa mustahil bahwa itu tidak bisa. 

Tidak sedikit diluar sana, kita menjumpai curahan hati para pelajar tentang sulitnya menulis. Tidak hanya kalangan pelajar, sulitnya menulis juga banyak dialami para mahasiswa.

Ada kewalahan dalam menyusun kata, ada yang kewalahan dalam membuat judul, ada yang kewalahan membuat alur cerita yang sejalan dengan hati.

Ada banyak lagi kesulitan dalam menulis. Apalagi kesulitan dalam menuangkan kembali hasil ulasan dari suatu karya baik itu berupa karya novel, cerpen, film, drama, dongeng atau buku pada umumnya.

Demikian itu disebabkan karena dalam menuangkan komentar atau pendapat tentang suatu karya diperlukan pengetahuan dan pengalaman.

Hasil yang baik dalam memproduksi suatu karya tulis, diperlukan pemahaman serta cara belajar yang baik.

Sebenarnya ada beberapa cara dalam masalah kesulitan itu. Ada yang belajar dulu untuk membaca buku sebanyak-banyaknya. Membuat membaca adalah kesenangan dan kesekaligus sebagai kecintaan. 

Hingga perasaan dapat tergerak untuk menuangkan hasil bacaan. Sebab dengan dari hati adalah sesuatu hal yang murni. 

Selain itu, dengan banyaknya bacaan, maka dalam membandingkan suatu buku, novel, cerpen, drama, dongeng dapat lebih mudah saat kita memberikan komentar. 

Sehingga dengan kata lain, untuk mengatasi kesulitan dalam mengulas adalah pemilihan metode yang tepat bahan ajar yang terarah.

Hal itu lakukan agar siswa lebih mudah untuk memahami apa yang harus dihasilkan dari suatu pelajaran. 

Baca Juga  Ciri-Ciri Argumentasi, Struktur & 7 Contoh Paragraf Argumentasi

Menghasilkan suatu pendapat, yang dituangkan kembali ke dalam tulisan dengan tujuan dapat dibaca dan ditelaah kembali,

Selain itu, juga dapat hasil produksi itu diulas kembali sehingga pada dasarnya dapat menghasilkan teks ulasan yang lebih baik lagi.

Sedikit banyak kita telah menggambarkan tentang teks ulasan. Sampai disini, apakah kita telah yang dimaksud dengan tentang teks ulasan?

Yang dimaksud dengan Teks Ulasan adalah teks yang berisi tinjauan suatu karya, baik berupa film, drama, buku, benda dan lain sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelemahan dan kelebihan suatu karya tersebut.

Tujuan dari teks ulasan adalah media untuk menyampaikan ulasan dengan etika yang sopan, santun, serta tepat waktu.

Menulis teks ulasan film memiliki karakter tersendiri yang mengharuskan siswa aktif dan kreatif dalam hal menyimak, berpikir secara kritis dan menghasilkan teks ulasan yang baik dan memberi penjelasan atau penghargaan terhadap suatu karya.

Ciri Kebahasaan Teks Ulasan Secara Umum

Inilah Prinsip Dasar Teks Ulasan & Ciri Kebahasaan Teks Ulasan
Inilah Prinsip Dasar Teks Ulasan & Ciri Kebahasaan Teks Ulasan

Secara umum, teks ulasan memiliki ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut.

  • Menggunakan kata-kata yang menggunakan sudut pandang atau keberpihakan penulis. Seperti berbeda dengan, di samping itu, selain itu, dengan kata lain, dan sebagainya.
  • Menggunakan kata-kata yang menyatakan persetujuan atau penolakan terhadap karya atau benda yang diulas. Sikap persetujuan atau penolakan tersebut disertai dengan alasan dan bukti pendukung yang kuat sehingga bisa diterima oleh pembaca. Selain itu, teks ulasan ditandai dengan penggunaan kata-kata sifat, seperti menarik, layak, berhasil, atau sebaliknya. Hal ini untuk mendukung sikap persetujuan atau penolakan (Tim Edukatif, 2013: 59).
Baca Juga  Struktur Teks Ulasan & Unsur Kebahasaan Teks Ulasan

Ciri Kebahasaan Teks Ulasan Film

Teks Ulasan Film ialah teks yang mengulas hasil karya, bisa berupa novel, cerpen, lagu, lukisan atau film dan drama.

Umumnya, Teks ulasan mempunyai ciri kebahasaan yang dapat berupa argumentasi terhadap suatu hasil karya.

Menurut pendapat para ahli dalam hal ini pendapat Kosasih (2003:32) yang mengatakan bahwa ciri kebahasaan argumentasi sebagai berikut: 

1. Argumentasi menjelaskan pendapat, gagasan, dan keyakinan;
2. Argumentasi memerlukan fakta yang di perkuat atau diperjelas;
3. Memerlukan analisis dan sintesis yang ada di dalamnya;
4. Argumentasi menggali idenya dari pengalaman, pengamatan, penelitian, sikap dan keyakinan.

Berdasarkan ciri kebahasaan itu, teks ulasan adalah teks yang menyajikan tentang pendapat dari suatu karya yang diamati/dianalisis.

Sebagaimana penjelasan diatas, dimana Teks Ulasan memiliki muatan yang berisi komentar, opini dan pesan yang akan disampaikan kepada penulis untuk mendapatkan hasil karya berikutnya yang lebih baik, sehingga akan lebih bermanfaat bagi penikmat suatu karya.

Menurut Kosasih (2014:97) menyatakan bahwa tentang ciri kebahasaan teks ulasan film, sebagai berikut:

  • Menggunakan kata-kata opini atau persuasif.
  • Berisi ungkapan perbandingan (persamaan/ perbedaan).
  • Menggunakan kata kerja material dan kata kerja rasional.
  • Teks ulasan film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang hendak diulas.
  • Memakai konjungsi internal dan konjungsi eksternal.

Mengulas suatu karya tertentu mengharuskan kita untuk tidak berpikir biasa-biasa, melainkan dalam mengulas suatu karya perlu pikiran yang kritis.

Dengan kritik, saran dan opini kita seputar film, maka secara tidak langsung kita sudah berkontribusi untuk kemajuan film itu.

Baca Juga  Contoh Makalah "MENYAMPAIKAN GAGASAN DAN TANGGAPAN YANG LOGIS DALAM DISKUSI"

Teks ulasan yang baik harus disusun sesuai dengan struktur teks dan memakai kaidah kebahasaan, termasuk memperhatikan ejaan. 

Prinsip Dasar Teks Ulasan 

Inilah Prinsip Dasar Teks Ulasan & Ciri Kebahasaan Teks Ulasan
Inilah Prinsip Dasar Teks Ulasan & Ciri Kebahasaan Teks Ulasan

Sebelum mengulas sebuah buku, cerpen, novel, dongeng atau drama, pengulas atau pembuat teks ulasan perlu memahami dasar-dasar resensi.

Demikian itu diterangkan oleh banyak para ahli salah satunya Kusuma. Menurut Kusuma (dalam Dalman, 2014: 237-238), mengatakan bahwa sebelum mengulas sebuah buku, maka pembuat teks ulasan harus mengetahui dasar-dasarnya. Berikut ini penjelasannya.

  1. Memahami sepenuhnya tujuan pengarang buku ini. Tujuan pengarang dapat diketahui dari kata pengantar atau bagian pendahuluan buku. Kemudian, dicari apakah tujuan itu direalisasikan dalam seluruh bagian buku.
  2. Menyadari sepenuhnya tujuan meresensi sebab sangat menentukan corak resensi.
  3. Memahami sepenuhnya tujuan meresensi sebab sangat menentukan corak resensi.
  4. Memahami betul latar belakang pembaca yang menjadi sasarannya; selera, tingkat pendidikan, dari kalangan macam apa asalnya. Atas dasar itulah, resensi yang berisi surat kabar atau majalah tidak sama dengan yang dimuat pada surat kabar atau majalah yang lain.
  5. Memahami karakteristik media cetak yang memuat resensi. Setiap media cetak ini mempunyai identitas, termasuk dalam visi dan misi.

Dengan demikian, kita mengetahui kebijakan dan resensi macam apa yang disukai oleh redaksi. Semoga informasi Prinsip dasar teks ulasan dan juga ciri kebahasaan teks ulasan dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *