Menu

Pentingnya Mengucapkan Barakallah Fii Umrik Kepada yang Berulangtahun

Barakallah Fii Umrik adalah suatu ucapan atau kalimat yang seringkali diucapkan oleh umat Islam pada saat salah satu saudara, teman, keluarga, ayah, ibu, sahabat, suami, istri dan lainnya telah mengalami penambahan umur.

Ucapan atau kalimat ini mempunyai makna dan arti yang sangat baik sebagai pengganti ucapan selamat ulang tahun.

Namun ada juga yang berasumsi bahwa mengucapkan selamat kepada orang yang sedang berulang tahun itu tidak diijinkan karena kita sama saja merayakan kematian. Tapi ada juga yang merasa senang jika diberikan selamat karena dengan demikian dia akan senantiasa dipanjatkan doa keberkahan pada setiap kali umurnya bertamabh.

Baca Juga  Inilah Tujuh Kata Yang Dicoret Rasulullah Pada Perjanjian Hudaibiyah

Kebanyakan orang, terlebih khusus kepada kalangan kita biasanya akan melakukan suatu perayaan saat mendapatkan sesuatu yang menggembirakan dan menyenangkan.

pentingnya ucapkan barakallah fii umrik

Pentingnya Mengucapkan Barakallah Fii Umrik Kepada yang Berulangtahun

Dengan kegembiraan tersebut maka kita berupaya untuk mengekspresikan rasa syukur lewat pesta atau kegiatan perayaan untuk menyukuri prestasi tersebut.

Sebagai orang menyaksikan kegembiraan orang lain seperti mendapatkan keturunan atau bayi lahir, mendapatkan rejeki, kegiatan masuk rumah, syukuran naik jabatan maka kita perlu mengucapkan selamat kepada mereka yang telah mendapatkan rejeki dari Allah Swt maka sudah sepatutnya kita mengucapkan Barakallah fii kepada mereka agar apa yang mereka peroleh bisa diberkahi oleh Allah Swt.

Baca Juga  35+ Tanda-tanda Kiamat Menurut Al-Quran dan Haditsnya

Namun yang kita kaji disini berbicara tentang posisi barakallah fii umrik pada perayaan ulang tahun.

Meskipun sebenarnya, ulang tahun atau hari kelahiran seseorang merupakan momen yang kebahagian karena umurnya sudah bertambah, tapi dilain sisi seseorang juga mesti menyadari dan merenung bahwa dengan bertambahnya umurnya maka semakin dekat juga dengan yang namanya kematian.

Apalagi sebagai orang Islam, kita tidak diwajibkan merayakan ulang tahun secara berlebihan.

Memang kita senang melihat orang lain mendapatkan kebahagiaan, akan tetapi sebaiknya kita jangan terlalu memuji orang yang telah mendapatkan kebahagiaan karena jangan sampai orang yang telah mendapatkan kebahagiaan tersebut tertimpa penyakit ain.

Baca Juga  9 Pengertian Tawakal, Ciri, Dalil Doa Tawakal, Hikmah & Manfaat Tawakal

Penyakit ain adalah penyakit berbahaya yang hadir ketika orang memuji sesuatu terlalu berlebihan dan membenci sesuatu. Oleh karena itu, kita mesti memberikan ucapan baik-baik kepada mereka yang sedang berbahagia. Termasuk orang yang sedang berulang tahun. Untuk menghindari penyakit ain maka setiap kali kita memuji kita harus mengucapkan masya allah tabarakallah.

Adapun kata-kata yang pantas diucapkan kepada mereka yang sedang berulang tahun, kita cukup mengucapkan barakallah fii umrik kepada mereka yang sedang beruilang tahun. Yang mempunyai arti “Semoga engkau mendapatkan keberkahan dari Allah untuk umurmu”.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *